Lisa Novita Sari Suka menulis dan berbagi pengetahuan

Hari Santri 2020, Sejarah Penetapan dan Pengertian Santri

2 min read

Icon Pantun

Hari Santri Nasional diperingati tiap 22 Oktober. Kali ini, Hari Santri 2020 jatuh pada Kamis, 22 Oktober 2020. Tema Hari Santri Nasional 2020 adalah “Santri Sehat Indonesia Kuat”

Hari Santri Nasional ditetapkan ketika Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin menjabat, tepatnya pada tahun 2015 silam.

Masjid Istiqlal Jakarta menjadi saksi diresmikannya Hari Santri melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang kemudian ditandatangani tanggal 15 Oktober 2015.

Pemilihan tanggal 22 Oktober dilandasi oleh seruan KH Hasyim Asyari yang disampaikannya pada 22 Oktober 1945.

Seruan KH Hasyim Asyari berisi ajakan untuk umat Islam agar berperang melawan sekutu yang ingin menjajah kembali negara Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan. Lalu bagaimana sejarah Hari Santri?

Sejarah Hari Santri

Ditetapkannya Hari Santri Nasional pada 22 Oktober merujuk pada deklarasi Resolusi Jihad yang dikumandangkan oleh Hasyim Asyari agar seluruh umat Islam turun tangan melawan penjajah.

Perintah itu lantas menyulut jiwa patriotisme rakyat Indonesia.

Hari Santri sejatinya tidak ditujukan untuk satu kelompok masyarakat saja melainkan ditujukan bagi seluruh umat Islam di Indonesia agar bersama-sama berjuang menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Hasyim Asyari juga menyerukan pada para pejuang agar bersedia memerangi Belanda sebab tiap pejuang yang gugur adalah wafat dalam keadaan mati syahid.

Pada 22 Oktober 1945 adalah momen bersejarah di mana santri dan para ulama bersatu mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kala itu, pada 21 dan 22 Oktober 1945, pengurus Nahdlatul Ulaa (NU) Jawa dan Madura tengah menggelar pertemuan di Kota Surabaya.

Adanya pertemuan itu dilatarbelakangi oleh kabar bahwa Belanda berencana kembali menjajah Indonesia dengan membonceng Sekutu.

Oleh sebab itu, muncullah Resolusi Jihad sebagai bentuk tuntutan kaum santri pada pemerintah Indonesia kala itu agar segera mengambil tindakan terhadap segala sesuatu yang berpotensi mengancam kemerdekaan Indonesia.

Nyatanya, seruan Resolusi Jihad oleh Hasyim Asyari berdampak besar. Di Pertempuran Surabaya, para santri bersama dengan rakyat melakukan perlawanan sengit pada Belanda.

Baca Juga: Sejarah Peringatan Hari Guru Sedunia

Pengertian Santri

Lalu siapa sebenarnya yang disebut sebagai santri itu?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), santri adalah orang yang mendalami agama Islam. Santri juga diartikan sebagai orang yang saleh, orang yang beribadah dengan sungguh-sungguh.

Dilansir dari Wikipedia, santri adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di pesantren, di mana biasanya ia tinggal dan menetap di tempat tersebut sampai pendidikannya usai.

Meski begitu, perayaan Hari Santri Nasional tidak hanya dikhususkan pada kelompok atau komunitas tertentu, melainkan merujuk pada mereka yang di dalam tubuhnya mengalir darah Merah Putih dan terpancar kalimat La ilaaha illallah dalam tiap tarikan napas hidupnya.

Jadi, hari besar ini adalah milik seluruh umat Islam di Indonesia.

Tema Hari Santri 2020

Tema Hari Santri Nasional 2020 adalah “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu ini diangkat berkaitan dengan mewabahnya virus COVID-19 saat ini.

Dengan tema itu, diharapkan pesantren turut menjadi pionir keberhasilan melakukan upaya-upaya pencegahan, pengendalian serta penanganan pandemi virus corona.

Kata-kata ucapan Hari Santri

Berikut ini beberapa kata-kata ucapan untuk Hari Santri 2020.

  1. Santri nasional merupakan generasi penerus bangsa yang berakhlak dan mampu bersaing dengan perkembangan zaman. Selamat hari Santri Nasional 2020.
  2. Aku bangga padamu, tetap berjuang dan berkarya demi cita-cita yang mulia. Selamat hari Santri Nasional 2020.
  3. Dengan niat yang tulus dan suci, kau langkahkan kakimu memasuki gerbang pesantren demi mendapatkan bekal untuk kelak hidup di masa depan. Selamat Hari Santri nasional 22 Oktober 2020.
  4. Santri tidak hanya berjuang memperkuat jiwa religius keislaman, namun santri juga berjuang untuk memperkuat jiwa nasionalisme kebangsaan. Selamat Hari Santri Nasional.
  5. Menjadi seorang santri bukan berarti menjadi manusia sok suci, namun menjadi manusia sejati yang meneladani Rasulullah Muhammad SAW. Selamat Hari Santri Nasional.
  6. Pesantren tidak hanya menjadi tempat untuk memperkuat ilmu keagamaan, pesantren juga menjadi tempat bagi santri untuk menjadi manusia sejati dengan jiwa nasionalisme. Selamat Hari Santri Nasional 2020.
  7. Santri nasional merupakan generasi muda dengan rasa patriotisme, cinta tanah air, dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Selamat Hari Santri Nasional 2020.
  8. Hari Santri merupakan bentuk apresiasi terhadap perjuangan para ulama dan santri di Indonesia. Selamat Hari Santri Nasional 2020.
  9. Santri Indonesia merupakan generasi penerus bangsa dengan semangat juang yang tinggi untuk Perdamaian Dunia. Selamat hari Santri Nasional 2020.
  10. Teruslah berdoa dan berusaha untuk menjadi generasi muda yang tidak hanya agamis namun juga intelek. Selamat hari Santri Nasional 2020.

Selamat Hari Santri 2020!

Last Updated on Oktober 22, 2020

Avatar
Lisa Novita Sari Suka menulis dan berbagi pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top