1. Kelas 9 IPS

Hubungan Internasional di Asia Tenggara: Bentuk Kerja Sama

Kawan Literasi pasti sudah familiar dengan kegiatan SEA Games, bukan? Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk dari realisasi hubungan internasional di Asia Tenggara. Untuk meminimalisir masalah yang mungkin timbul dari interaksi antarnegara, maka dibentuklah organisasi Internasional seperti Association of South East Asian Nation (ASEAN) yang sifatnya kawasan atau region. Bagaimana bentuk kerjasama internasional di Asia Tenggara? Simak artikel kali ini hingga selesai, ya!

Faktor Pendorong Hubungan Internasional di Asia Tenggara

Sumber: freepik

Sebelum mengulas bentuk hubungan Internasional di Asia Tenggara, mari simak apa saja faktor yang mendorong terbentuknya kerja sama antarnegara di wilayah Asia Tenggara: 

1. Perbedaan dan Persamaan Sumber Daya Alam

Persamaan sumber daya alam (SDA) yang beberapa negara miliki dapat mendorong terjadinya kerja sama antarnegara, contohnya kerja sama OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) antara negara penghasil minyak bumi. 

Selain itu, perbedaan hasil sumber daya alam setiap negara ASEAN juga dapat menimbulkan kerja sama, contohnya yaitu kegiatan ekspor-impor. Indonesia mengekspor hasil pertanian ke Singapura, di sisi lain Indonesia pun mengimpor beras dari Myanmar dan Thailan jika perlu untuk memenuhi kebutuhan. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

2. Perbedaan dan Persamaan Kondisi Geografis    

Kesamaan letak geografis dari beberapa negara di kawasan Asia Tenggara umumnya menyebabkan negara-negara tersebut membuat kerja sama untuk menjaga stabilitas serta keamanan negara. Misalnya, negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang membentuk kerja sama dalam bentuk organisasi ASEAN. 

Baca juga: Perdagangan Internasional

Faktor Penghambat Hubungan Internasional di Asia Tenggara

Sumber: freepik

Kerja sama antarnegara pun dapat terhambat karena beberapa faktor, antara lain: 

1. Perbedaan Ideologi 

Perbedaan ideologi yang suatu negara anut dapat menghambat terjadinya kerja sama antarnegara. Namun, hingga saat ini, tidak ada negara ASEAN yang menutup diri dari kerja sama lantaran alasan ideologi.

2. Peperangan atau Konflik

Kondisi yang tidak stabil karena konflik atau peperangan dalam negeri maupun antarnegara bisa mengganggu keamanan dan kestabilan negara, sehingga akan menghambat kerja sama. 

3. Kebijakan Protektif 

Suatu negara bisa menerapkan kebijakan untuk melindungi kepentingan dalam negeri serta meningkatkan daya saing. Contohnya, tidak mengimpor hasil pertanian apabila bisa mempengaruhi kondisi pendapatan hasil pertanian dalam negerinya. Hal ini bisa menghambat hubungan kerja sama antarnegara. 

4. Perbedaan Kepentingan Negara

Setiap negara memiliki kepentingan yang berbeda. Perbedaan yang ada bisa berpotensi menghambat kerja sama yang baik. 

Baca juga: Pengertian Globalisasi, Contoh, Pengaruh dan Dampaknya

Bentuk Kerja Sama

Sumber: freepik

Hubungan Internasional di Asia Tenggara termanifestasi dalam kerja sama antarnegara-negara. Kebutuhan di bidang ekonomi, politik, sosial budaya, serta pendidikan menjadi pendorong masing-masing negara untuk berperan aktif melakukan kerja sama antarnegara. 

1. Bidang Sosial dan Budaya

Dalam bidang sosial dan budaya, setiap negara yang menjadi anggota ASEAN memiliki peran aktif untuk mengupayakan kerja sama guna mendukung kesejahteraan negaranya, salah satunya melalui Committee on Social Development atau COSD. Beberapa contoh wujud kerja sama dalam bidang sosial negara anggota ASEAN yaitu: 

  • Meningkatkan kesejahteraan
  • Mengembangkan sumber daya manusia (SDM) 
  • Menyelenggarakan pertukaran budaya dan seni, serta festival film ASEAN 
  • Menandatangani kesepakatan bersama dalam bidang pariwisata ASEAN (ASEAN Tourism Agreement (ATA))
  • Menyelenggarakan pesta olahraga setiap dua tahun sekali dengan SEA Games
  • Menekankan kesejahteraan golongan berpendapatan rendah, perluasan kesempatan kerja, hingga pembayaran upah yang wajar 
  • Menanggulangi permasalahan perkembangan penduduk dengan kerja sama dengan badan Internasional bersangkutan

2. Bidang Politik dan Keamanan

Di bidang politik, kerja sama bertujuan untuk menciptakan stabilitas, perdamaian, dan keamanan antarnegara di ASEAN. Kerja sama ini terbentuk melalui adanya ZOPFAN, traktat persahabatan dan kerja sama (Treaty of Amity and Cooperation / TAC in Southeast Asia), serta kawasan bebas senjata nuklir di Asia Tenggara (Treaty on Southeast Asian
Nuclear Weapon-Free Zone / SEANWF). 

Selain itu, dalam bidang politik, negara-negara juga membentuk ASEAN Regional Forum (ARF) yang membahas kasus terkini yang tengah menjadi perhatian ASEAN. Ada pula Konvensi ASEAN mengenai pemberantasan terorisme, yaitu ASEAN Convention on Counter Terrorism/ ACCT. Negara-negara ASEAN pun saling bekerja sama untuk memberantas kejahatan lintas negara seperti perdagangan obat terlarang, pencucian uang, perdagangan senjata ringan dan manusia, hingga kejahatan ekonomi internasional. 

3. Bidang Pendidikan

Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN terus membangun kerja sama bilateral maupun multilateral pada bidang pendidikan demi meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Asia Tenggara dan meningkatkan daya saing internasional. Beberapa contoh bentuk kerja sama bidang pendidikan yaitu: 

  • ASEAN Council of Teachers Convention (ACT) yang menghadirkan organisasi guru dari beberapa negara seperti Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia Filipina, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Korea Selatan. 
  • Membuka penawaran beasiswa pendidikan. Contohnya yaitu Indonesia yang membuka beasiswa pendidikan kedokteran, bahasa, serta seni pada pelajar negara anggota ASEAN serta kawasan negara berkembang. Begitu pula negara-negara lain yang juga membuka beasiswa belajar di berbagai universitas, seperti ASEAN-Japan Scholarship Fund.

Baca juga: 7 Faktor Penghambat Perubahan Sosial dan Dampaknya

Nah, itu dia beberapa bentuk kerja sama serta beberapa faktor yang bisa menghambat maupun mendukung hubungan internasional di Asia Tenggara. Seluruh negara tentu ingin terus menjaga stabilitas dan mendapat dampak yang baik antar satu sama lain, sehingga kerja sama antarnegara di Asia Tenggara pun akan terus dibangun. Semoga materi kali ini bermanfaat untuk Kawan Literasi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Hubungan Internasional di Asia Tenggara: Bentuk Kerja Sama

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]