1. Kelas 7 PAI

Iman Kepada Malaikat

Assalamualaikum Sahabat Studio Literasi! Pada pembahasan ini, kita akan membahas Iman Kepada Malaikat. 

Malaikat adalah mahluk ghaib yang diciptakan oleh Allah. Mereka merupakan mahluk Allah SWT yang diberi izin oleh Allah untuk menyerupai berbagai wujud manusia. 

Walaupun kita tidak pernah bertemu malaikat dan tidak mengetahui bagaimana wujud aslinya. Namun kita harus tetap mempercayai keberadaannya. Oleh karena itu kita diwajibkan untuk mengimaninya.

Iman Kepada Malaikat

Kata malaikat itu sendiri berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti menyampaikan pesan. Sedangkan menurut agama islam ialah mahluk Allah yang ghaib dan diciptakan dari nur atau cahaya.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Iman kepada malaikat adalah percaya sepenuhnya terhadap keberadaan malaikat Allah. Hal ini merupakan salah satu rukun iman kedua.

“Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (Malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih.”(Q.S. al-Anbiya/21:19)

Perbedaan Malaikat, Jin, Dan Iblis

Perbedaan Malaikat, Jin, & Iblis (sumber: Pexels)
Perbedaan Malaikat, Jin, & Iblis (sumber: Pexels)

Allah menciptakan berbagai mahluk dalam bentuk berwujud dan ghaib. Mahluk yang berwujud adalah ciptaan Allah yang dapat di dengar, dilihat, dan diraba. Contohnya seperti manusia, tumbuhan, dan hewan.

Sementara itu, mahluk yang tak berwujud atau ghaib ialah mahluk Allah yang tak dapat dilihat, didengar, dan diraba. Contohnya seperti malaikat, iblis, jin, dan setan. 

Berikut perbedaan malaikat, jin, dan iblis:

MalaikatIblis/SetanJin
Diciptakan dari nur atau cahaya
Beriman dan taat kepada Allah
Senantiasa bertasbih, bertahmid, dan menyucikan Allah
Mendorong dan meneguhkan hati nurani
Selalu meminta ampunan kepada Allah bagi orang yang beriman
Tidak memiliki kelamin baik laki-laki atau perempuan
Tidak memiliki nafsu
Diciptakan dari bara api neraka
Bersifat sombong dan membangkang 
Menyesatkan manusia
Durhaka kepada Allah
Selalu membisikan kemungkaran kepada manusia
Diciptakan dari api
Terdapat jin yang patuh dan durhaka kepada Allah
Dibedakan jenis kelamin laki-laki dan perempuan
Memiliki nafsu

Tugas Malaikat Secara Umum

Tugas Malaikat (sumber: Pexels)
Tugas Malaikat (sumber: Pexels)

Sebelum membahas tugas malaikat secara spesifik, kita bahas dulu tugasnya secara umum, antara lain:

1. Sebagai perantara dalam mengemban dan menyampaikan wahyu. 

Tugas malaikat yang paling penting dan utama adalah menurunkan wahyu atau risalah Allah kepada para Nabi dan Rasul. 

Dalam menyampaikan wahyu, para Nabi dan Rasul tidak hanya melihat wujudnya, tetapi juga mampu mendengar suaranya. Sebab itu, menurut para Nabi dan Rasul malaikat merupakan kenyataan yang hakiki. 

Terkadang mahluk Allah yang mulia ini memperlihatkan dirinya dihadapan para Nabi dan Rasul dalam bentuk manusia atau dalam wujud yang lain.

2. Perantara untuk mendorong keteguhan hati. 

Berdasarkan sifat malaikat yang selalu taat dan senantiasa bertasbih terhadap Allah, salah satu tugasnya untuk meneguhkan hati para manusia yang tulus. Selain itu, tugas malaikat juga mampu menghibur para manusia yang sedang dalam kesusahan dan kesedihan. 

Istilah lain untuk malaikat ialah sebagai penjaga orang-orang yang beriman, baik di dunia maupun di akhirat. Sehingga mereka diturunkan oleh Allah kepada manusia untuk memberi kabar gembira agar hati para manusia menjadi tenteram. 

3. Sebagai Perantara untuk menjatuhkan siksaan. 

Selain bertugas untuk meneguhkan hati orang-orang yang beriman, tentu malaikat juga memiliki tugas menghukum atau menjatuhkan siksa kepada orang-orang yang melanggar perintah Allah. 

4. Mendorong manusia agar berbuat baik 

Perbuatan-perbuatan terpuji yang dilakukan manusia, salah satu penyebabnya karena mahluk Allah yang senantiasa bertasbih ini. 

Al-Quran telah menjelaskan bahwa tugas malaikat dan setan adalah untuk mendorong manusia ke arah dua tujuan kehidupan yang bertolak belakang. 

Kalau malaikat akan mendorong manusia ke arah kebaikan, maka setan sebaliknya, mengarahkan manusia untuk berbuat sesat dan ingkar.

5. Senantiasa beribadah kepada Allah

Karena tidak memiliki nafsu. Sehingga sepanjang waktu, malaikat hanya terus melakukan ibadah kepada Allah. Setiap waktu mereka memuji Allah dengan tasbih, tahmid, dan senantiasa mensucikan Allah.

10 Nama Malaikat dan Tugasnya

Malaikat dan Tugasnya (sumber: Pexels)
Malaikat dan Tugasnya (sumber: Pexels)

Sebenarnya tidak terdapat jumlah secara pasti yang disebutkan dalam Al-quran atau hadist. Namun kita wajib mengetahui sepuluh nama malaikat dan tugasnya, antara lain:

1. Jibril

Nama lainnya di dalam Al-quran ialah “Ruhul Qudus” berarti ruh yang suci dan “Ruhul Amin” yaitu ruh yang diberikan kepercayaan. 

Oleh sebab itu, malaikat jibril adalah pemimpin dari seluruh para malaikat. Tugas utamanya ialah menyampaikan wahyu kepada para Nabi dan Rasul Allah SWT.

2. Mikail 

Segala yang terjadi di bumi dan alam semesta selalu menyimpan hikmah yang luar biasa. Hal ini tentu akan dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah swt. Malaikat yang diberi tugas oleh Allah untuk mengatur seluruh alam semesta adalah Malaikat Mikail. 

Mulai dari mengatur perputaran dan perjalanan galaksi yang tak berujung, mengatur bintang-bintang, mengatur perjalanan tata surya, mengatur bumi dengan segala isinya. 

Selain itu juga bertugas mengatur kesejahteraan mahluk seperti menurunkan hujan, meniupkan angin, menurunkan rezeki kepada para mahluk di dunia. 

3. Israfil

Malaikat yang bertugas meniup sangkakala pada hari kiamat ialah malaikat Israfil. Tentu malaikat Israfil melaksanakan perintahnya setelah Allah memberi perintah kepadanya.

Tiupan sangkakala Malaikat Israfil yang pertama akan mengakibatkan rusaknya alam semesta dengan segala isinya, termasuk matinya semua makhluk yang hidup. 

Kemudian tiupan yang kedua akan membangkitkan semua umat manusia dari alam kubur dan dikumpulkannya di Padang Mahsyar untuk di hisab.  

4. Izrail

Kalian pasti pernah mendengar istilah Malaikat Maut yang menyeramkan? Nah itu adalah julukan dari Malaikat Izrail.

Hal ini dikarenakan tugasnya adalah mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang bernyawa. Jika nanti sampai pada waktunya semua makhluk hidup telah mati, ia akan mencabut nyawanya sendiri.

5. Rakib dan Atid

Tugasnya ialah mengawasi dan mencatat setiap perbuatan dan perkataan manusia. Perilaku yang baik akan dicatat oleh Malaikat Rakib yang terletak di kanan manusia. 

Sedangkan perbuatan dan amal yang tercela akan dicatat oleh Malaikat Atid yang berada di sebelah kiri manusia.

6. Munkar dan Nakir

Kedua malaikat ini memiliki tugas yang sama yaitu untuk menanyai manusia di alam kubur. 

Setelah meninggal dunia, tentu manusia akan memasuki tahap selanjutnya, yaitu alam kubur. Kemudian manusia akan ditanya oleh dua malaikat Allah, yaitu Malaikat Munkar dan Nakir mengenai perbuatan dan amalnya. 

7. Malik

Bertugas menjaga pintu neraka. Sebutan lain dari Malaikat Malik yaitu Malaikat Zabaniyah. 

8. Ridwan

Kalau pintu neraka dijaga oleh Malaikat Malik, maka pintu surga dijaga oleh Malaikat Ridwan. 

Itulah nama malaikat dan tugasnya. Coba dihafal pelan-pelan ya agar lebih memahami dan mengingatnya.

Hikmah Iman Kepada Malaikat

Inilah hikmah iman kepada malaikat Allah yaitu:

  1. Manusia sadar bahwa harus selalu berbuat kebaikan dan menjauhkan diri dari perbuatan buruk.
  2. Bersikap hati-hati dalam melakukan sesuatu, sebab tingkah laku kita diawasi malaikat.
  3. Memperkuat keimanan kepada Allah SWT.
  4. Menghindari perbuatan dosa.
  5. Menumbuhkan rasa untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT, karena dengan kekuasaan-Nya telah menciptakan malaikat. 

Baca juga: Mengenal Sifat Sifat Rasulullah: Wajib, Mustahil, & Jaiz

Nah demikian pembahasan materi tentang iman kepada malaikat. Sekarang pasti kamu lebih memahami materi mengenai malaikat. Jika ada topik yang dibahas bersama, silahkan beritahu kami lewat komentar di bawah ini ya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Iman Kepada Malaikat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]