1. Kuliah & Umum

Inovasi Teknologi Digital, Dampak Serta Contohnya!

Ilustrasi aplikasi. Sumber: Unsplash.com
Sumber: Unsplash.com

Setiap kali muncul tren, terdapat potensi untuk menggali inovasi, khususnya pada era digital yang telah melahirkan berbagai macam perubahan digital yang dapat memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Inovasi menjadi suatu keharusan untuk menjaga keberlanjutan dalam persaingan, khususnya antar bisnis digital. Lantaran sekarang ini banyak bermunculan berbagai macam inovasi teknologi digital yang berhasil menarik perhatian pasar.

Setiap bisnis pastinya berusaha menunjukkan keunggulannya demi menarik minat masyarakat agar masyarakat tertarik untuk menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, selain bentuk inovasinya yang unik dan menarik, masyarakat juga ingin inovasi teknologi tersebut juga memiliki manfaatnya. Pada artikel ini Studio Literasi akan membahas perkembangan inovasi digital yang sedang terjadi secara lebih lengkapnya!

Pengertian Inovasi Teknologi Digital

Inovasi teknologi digital adalah inovasi yang memanfaatkan teknologi dalam pembuatannya. Proses inovasi tersebut juga melewati berbagai macam tahapan, mulai dari riset masyarakat, pengembangan produk hingga testing sebelum akhirnya diluncurkan ke masyarakat. Maka dari itu, oleh sang pembuatnya inovasi tersebut dipastikan kalau bisa lebih efisien, praktis, dan hemat.

Tidak mengherankan bahwa saat ini banyak inovasi teknologi digital yang justru berawal dari permasalahan masyarakat saat melakukan suatu kegiatan yang cara dan prosesnya ribet dan bahkan bisa memakan waktu dan biaya.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Baca Juga: Pengaruh Teknologi Terhadap Komunikasi & Dampaknya

Dampak Positif Inovasi Teknologi Digital

Jika diterapkan dengan baik, inovasi digital dapat memberikan dampak positif, seperti:

  • Meningkatkan literasi teknologi masyarakat.

Inovasi digital bisa meningkatkan literasi karena saat melakukan pengembangan, seperti riset juga membaca berbagai macam sumber pendukung (buku, artikel online dan jurnal). Sedangkan bagi masyarakat lainnya untuk mengetahui cara menggunakan atau sekadar mencari info seputar inovasi tersebut juga melakukan pencarian pada mesin pencari.

  • Mendorong kreativitas individu.

Adanya berbagai macam inovasi digital yang beragam juga membuktikan bahwa tidak terbatasnya kreativitas seseorang untuk menciptakan suatu hal. Apalagi kalau mereka ingin inovasi yang dibuat berbeda dari yang lain, terutama untuk desainnya.

  • Terciptanya berbagai macam inovasi digital.

Karena banyak aspek atau hal dalam kehidupan kita yang dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat inovasi digital. Maka akan semakin banyak bermunculan berbagai macam inovasi digital. Bisa berbentuk aplikasi, website maupun alat yang canggih, seperti gadget dan robot).

  • Memotivasi orang untuk menciptakan inovasi digital.

Keberhasilan orang lain dalam inovasi, bisa membuat kita menjadi termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Terlebih, kalau banyak hal positifnya, antara lain menambah pengalaman dalam membuat project, penghasilan, penghargaan hingga bisa menjadi inspirasi orang lain.

Dampak Negatif Inovasi Teknologi Digital

Di satu sisi, inovasi teknologi digital bisa juga terdapat dampak negatif, antara lain:

  • Potensi terjadinya kehilangan pekerjaan pada beberapa sektor

Kalau semua kegiatan manusia sudah terdapat inovasi teknologi. Maka justru bisa membuat kehilangan pekerjaan pada beberapa sektor yang sebelumnya bisa dikerjakan oleh tenaga manusia, tergantikan oleh teknologi. Misal kasir, pelayan restoran, petugas tiket dan masih banyak lagi. Hal ini bisa meningkatkan jumlah pengangguran pada masa mendatang.

  • Rawan terjadinya serangan siber

Karena sudah menggunakan teknologi, jika tidak memperhatikan aspek keamanan dan servernya maka bisa terjadinya serangan siber. Bentuknya beragam antara lain, perentasan, pencurian data pribadi hingga adanya virus.

  • Adanya kesenjangan generasi

Beberapa kalangan, terutama generasi yang lebih tua, mungkin kesulitan untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi yang cepat. Hal ini dapat mengakibatkan kesenjangan generasi dalam akses dan pemanfaatan inovasi digital tersebut.

  • Mengakibatkan ketergantungan

Adanya inovasi yang dapat mempermudah dalam menjalankan kegiatannya, justru bisa menimbulkan orang menjadi ketergantungan pada inovasi. Hal ini tentu sangat membahayakan karena sudah ketergantungan, bisa menimbulkan rasa malas. Contohnya saat mengerjakan tugas lebih memilih langsung copy paste daripada harus mencari dari beberapa sumber.

Baca Juga: Definisi, Manfaat, dan Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

Contoh-contoh Inovasi Teknologi Digital

Berikut beberapa contoh dari inovasi teknologi digital yang sebagian kita gunakan saat ini:

  • Startup

Startup merupakan salah satu inovasi berupa sebuah perusahaan rintisan yang untuk pola kerjanya bisa menerapkan work from anywhere, artinya boleh bekerja dari mana saja.

  •  Aplikasi untuk kegiatan sehari-hari

Bentuk dari inovasi digital, lahirnya berbagai macam aplikasi yang bisa gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Contohnya, Gojek (untuk memesan transportasi), Halodoc (konsultasi kesehatan dan membuat janji temu dengan dokter), Tiket.com (pesan tiket pesawat, hotel dan tempat wisata) dan OVO (pembayaran digital).

  • Layanan langganan aplikasi 

Inovasi aplikasi lainnya, yakni adanya layanan paket langganan jika ingin bisa mengakses aplikasi tanpa batas. Tentu, kita harus membayar sesuai paket yang kita inginkan. Bukan itu saja kita bisa memilih durasinya dalam bentuk jam, hari, mingguan hingga bulanan sekaligus.

  • Bank digital

Bank digital juga termasuk inovasi digital pada bidang perbankan. Inovasi yang dikembangkan yakni, semua perbankan lebih banyak dengan digital. Mulai dari pembukaan rekening, transfer (aplikasi mobile banking) hingga kartunya dalam bentuk digital (e-card).

Baca Juga: Revolusi Industri 4.0: 5 Jenis Teknologi & Contoh Penerapan

Dengan adanya inovasi teknologi digital yang terus berkembang, menjadi bukti bahwa ada perubahan  dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya, bisa mempercepat pengerjaan, bisa menggunakan hanya dalam satu aplikasi dan masih banyak lagi. Kira-kira ada inovasi digital apalagi, ya?

 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Inovasi Teknologi Digital, Dampak Serta Contohnya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]