1. SD PKN

Apa Itu Integritas?

Integritas adalah kata yang sering kita dengar dalam materi di sekolah, misalnya pada kata pakta integritas, zona integritas dan integritas nasional. Namun tahukah kalian, sebenarnya arti integritas itu apa, sih?

Di materi kali ini, studioliterasi akan membahas tentang pengertian integritas, tujuan, manfaat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian integritas

Apa itu integritas? Integritas adalah kata yang diambil dari bahasa latin yang berbunyi integer yang berarti teguh dalam mempertahankan prinsip.

Arti integritas menurut para ahli

Menurut Stephen R.Covey arti integritas adalah melakukan tindakan yang sesuai dengan apa yang sebelumnya sudah diucapkan.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Menurut Butler dan Cantrell arti integritas adalah sebuah reputasi jujur dan dapat dipercaya dari seseorang untuk menjalankan sebuah istilah “kepercayaan” dalam konteks berorganisasi.

Menurut Henry Cloud arti dari integritas adalah sesuatu yang tidak pernah lepas dari upaya untuk menjadi seseorang yang utuh dan terpadu pada setiap bagian diri yang berlainan, yang bekerja dengan baik dan menjalankan fungsinya sesuai dengan yang suda dirancang sebelumnya. 

Menurut Ippho Santoso, arti dari integritas adalah menyatunya pikiran, perkataan dan perbuatan untuk mendapatkan reputasi dan kepercayaan. 

Menurut Andreas Harefa, arti integritas adalah tiga kunci yang bisa diamati, yaitu menunjukkan sikap jujur, memenuhi komitmen, dan mengerjakan sesuatu dengan konsisten.

Menurut KBBI, arti integritas adalah mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan untuk memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Jika dilihat dari beberapa pengertian yang disebutkan oleh para ahli di atas, integritas juga bisa diartikan sebagai sikap jujur yang terbukti dengan kesesuaian antara ucapan dan tindakan sehingga membuat seseorang yang memilikinya dapat dipercaya.

Untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain, seseorang harus memiliki integritas yang konsisten dan terus menerus.

Seseorang yang bisa secara konsisten memegang teguh integritas adalah mereka yang memiliki sebuah keyakinan yang kuat terhadap sesuatu, atau biasa disebut dengan kata prinsip.

Tiga Komponen Integritas
Tiga Komponen Integritas, Foto Oleh Begawantung Blogspot Com

Tiga komponen yang dapat membangun sebuah integritas adalah words yang berarti kata-kata, actions yang berarti tindakan, dan beliefs yang berarti kepercayaan atau prinsip. 

Agar lebih mudah dimengerti, mari simak cerita di bawah ini.

Pengaplikasian Integritas oleh Channel Youtube GadgetIn

Siapa yang tidak tahu dengan GadgetIn, sebuah channel youtube yang seringkali membahas semua hal tentang gadget, sebagian besar gadget yang dibahas adalah smartphone.

GadgetIn sendiri merupakan sebuah channel yang mempelopori para youtuber yang membuat channel yang berisi konten tentang gadget maupun smartphone di Indonesia.

Bisa dibilang, mereka menjadi channel pertama di Indonesia yang membuat konten tentang gadget. GadgetIn sendiri sudah mulai memproduksi video di youtube sejak tahun 2013.

Selain itu, GadgetIn juga memiliki jumlah subscriber yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan channel serupa lain yang beradai di Indonesia.

Kira-kira, apa yang membuat GadgetIn bisa bertahan hingga saat ini? Bukan hanya bertahan saja, GadgetIn juga menjadi yang nomor satu di kelasnya. Apa penyebabnya?

Integritas.

Pada saat sang pemilik yang bernama David di wawancara di channel youtube Helmi Yahya, dia mengatakan bahwa gadget ini memiliki motto untuk menjadi channel yang bisa menjadi teman bagi para penontonnya.

Sebagai seorang teman yang baik, GadgetIn tidak mungkin berbohong dalam memberi saran tentang kualitas gadget maupun smartphone yang dia review di channelnya.

Dan GadgetIn benar-benar merealisasikan motto yang mereka miliki dalam semua video yang mereka upload. GadgetIn selalu berusaha sejujur mungkin dalam menyampaikan review tentang kualitas gadget maupun smartphone yang sudah mereka pilih.

David juga mengatakan bahwa dirinya akan selalu menolak memenuhi permintaan sang pemilik produk untuk tidak menyebutkan kekurangan produknya, bahkan David tetap menolak melakukan hal itu meskipun sang pemilik menawarkan sejumlah uang.

Karena menurut David, dia harus menjalankan motto yang awalnya sudah ditetapkan agar channelnya dapat menjadi pilihan yang terpercaya bagi para penontonnya.

Dari cerita tentang GadgetIn di atas, kita juga dapat menyimpulkan bahwa arti integritas adalah sebuah prinsip yang bukan hanya disampaikan melalui sebuah ucapan (motto), tapi juga dengan sebuah tindakan (video yang diupload), dengan tujuan agar terus mendapat kepercayaan dari orang lain (Penonton).

Tujuan

Tujuan integritas adalah agar mendapatkan kepercayaan dari orang lain untuk memegang suatu amanah tertentu.

Semakin konsisten seseorang memegang teguh dan menjalankan prinsip yang mereka miliki, maka akan semakin banyak pula kepercayaan dari orang lain yang didapatnya.

Orang-orang di sekelilingnya akan merasa yakin bahwa seseorang yang berintegritas akan amanah, jujur dan selalu berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan kepercayaan yang sudah dipercayakan kepadanya.

Manfaat memiliki integritas

Integritas adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh siapa saja, tidak peduli dengan profesi apa yang dijalankan, tidak juga peduli dengan posisi apa yang sedang diduduki.

Karena selain memberikan manfaat pada dirinya sendiri, seseorang yang memiliki integritas juga akan membawa manfaat baik bagi orang-orang di sekitarnya.

Kenapa bisa? Mari simak beberapa contoh di bawah ini.

1. Jika seorang pemimpin suatu negara memiliki integritas, dapat dipastikan bahwa kehidupan rakyat yang tinggal di negara itu akan sejahtera.

2. Jika seorang bawahan memiliki integritas, maka dia tidak akan pernah membuat pemimpinnya was-was akan kinerjanya sebagai bawahan.

3. Jika seorang pedagang memiliki integritas, maka siapa saja yang membeli dagangannya akan merasa puas dan senang.

Penerapan Integritas dalam Kehidupan Sehari-hari

Nah, setelah mengerti tentang arti, tujuan, dan manfaat yang ditimbulkan oleh seseorang yang memiliki integritas, apakah teman-teman juga punya keinginan untuk memilikinya?

Meskipun terdengar mudah, dalam prakteknya mempertahankan sebuah integritas tidak semudah yang dibayangkan.

Terdapat berbagai macam godaan-godaan yang dapat menggoyahkan keteguhan hati bagi setiap orang yang sedang mencoba berpegang teguh pada integritas yang dia miliki.

Namun, bukan berarti kita tidak bisa melakukan sesuatu hal yang sulit kan? Mulailah berlatih dengan melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu.

Misalnya, jika teman-teman masih sekolah ataupun kuliah, mulai biasakan untuk tidak menyontek saat ujian.

Teman-teman juga harus mulai menghindari kebiasaan ambil tiga bayar satu saat membeli jajanan di pinggir jalan.

Atau, misalnya teman-teman sedang meminta uang untuk membeli buku sekolah ataupun kuliah kepada orang tua, jangan sampai teman-teman mencoba mengambil keuntungan dengan cara berbohog tentang harga buku yang akan teman-teman beli, mintalah jumlah uang yang sesuai dengan kebutuhan teman-teman.

Tidak terlalu sulit bukan? Selamat mencoba.

Baca Juga: Apa Itu Implementasi?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Itu Integritas?

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]