IPA

Kelas IPA

SD/SMP

Pada bagian ini, disajikan materi pelajaran IPA untuk semua jenjang dan kelas. Mulai dari SD dan SMP. Kami telah merangkumnya secara lengkap agar Studio Literasi senantiasa menjadi teman belajarmu kapanpun dan di mana pun. Selamat belajar!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Materi IPA SMP

  1. Kelas 7 IPA
Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]
  1. Kelas 7 IPA
Kamu yang saat  SD, SMP dan SMA (jika berjurusan IPA), barangkali pernah menjumpai materi tentang kalor. Apalagi kalau berkaitan dengan panas. Dalam kehidupan sehari-hari, perpindahan kalor ini dapat kita rasakan saat memasak air, menyetrika pakaian, atau bahkan saat merasakan hangatnya sinar matahari. Pada hal ini, terdapat macam bentuk rumus-rumus yang mendasari perpindahan kalor, membantu kita […]
  1. Kelas 7 IPA
  2. Kelas 8 IPA
  3. Kelas 9 IPA
  4. SD IPA
Satu hal yang kamu pikirkan ketika mendengar kata magnet adalah sebuah benda yang kerap menjadi penghias kulkas. Namun, kegunaan magnet bukan hanya sekadar itu saja, namun menjadi media pembelajaran dan kita  juga pernah mempelajari magnet saat SD.  Saat itu, magnet menjadi media pembelajaraan untuk menguji benda manakah saja mengandung gaya magnet. Pada artikel ini kita […]
  1. Kelas 7 IPA
  2. Kelas 8 IPA
  3. Kelas 9 IPA
  4. SD IPA
Revolusi bumi adalah suatu peristiwa alam yang terjadi ketika bumi mengelilingi matahari dalam orbitnya. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 365,25 hari, yang merupakan dasar bagi sistem penanggalan kita. Namun, selain menjadi dasar penanggalan, revolusi bumi juga memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan di planet kita.  Pada artikel ini, kami akan menjelaskan 10 akibat […]
  1. Kelas 7 IPA
  2. Tak Berkategori
Pencemaran tanah terjadi jika terdapat makhluk hidup, zat, maupun komponen lain ke dalam tanah hingga kualitas tanah menurun. Biasanya pencemaran tanah kerap terjadi akibat bahan kimia buatan manusia yang merubah lingkungan tanah. Apa saja sumber pencemaran tanah, dampak, dan cara menanganinya? Untuk mengetahuinya, simak artikel Studio Literasi kali ini hingga akhir, Kawan Literasi! Pencemaran Tanah […]
  1. Kelas 7 IPA
Dalam melakukan pengukuran  fisika, kita terlebih dahulu harus paham mengenai konsep besaran dan satuan. Besaran sendiri berdasarkan satuannya terbagi menjadi besaran pokok dan besaran turunan. Pada pembahasan kali ini, Studio Literasi akan membahas besaran pokok. Mari kita simak artikel berikut! Besaran, Satuan, dan Dimensi dalam Fisika Sebelum memulai ke pembahasan mengenai besaran pokok, ada baiknya […]
  1. Kelas 7 IPA
  2. Tak Berkategori
Halo sobat Stulit! Kali ini kita akan membahas salah satu materi pelajaran Biologi, yaitu sistem klasifikasi 5 kingdom menurut Whittaker. Sobat Stulit pasti tau dong kalau di dunia ini memiliki beragam jenis makhluk hidup? Salah satu ilmuwan tumbuhan ekologi bernama Robert Whittaker, melakukan penelitian di tahun 60an yang mengklasifikasikan bioma ke dalam 5 kelas. Yaitu […]
  1. Kelas 7 IPA
  2. SD IPA
Setelah membahas perbedaan kolor dan  suhu, materi pelajaran IPA di sekolah biasanya akan membahas rumus konversi suhu, mulai dari Celcius sampai Kelvin. Bagaimana sebenarnya rumus konversi suhu yang benar dan apa saja contoh soalnya? Di bawah ini, Studio Literasi akan menjelaskan kegunaan konversi suhu, perbandingan, dan rumus-rumusnya. Konversi Suhu dan Kegunaannya Di sekolah, kita mempelajari […]
  1. Kelas 7 IPA
Halo sahabat Stulit! Kali ini, kita akan belajar tentang perbedaan unsur, senyawa, dan campuran. Buat kamu yang baru naik kelas 7, ini termasuk dalam kurikulum materi SMP/MTs awal ya. Jadi pastikan kamu perhatikan bahasan satu ini dengan baik. Dalam materi ini, Stulit akan mengajakmu mempelajari apa itu unsur, senyawa, dan campuran, karakteristik, dan perbedaan ketiganya. […]
  1. Kelas 7 IPA
Halo sobat Stulit! Seperti yang sudah kita bahas di materi sebelumnya, tumbuhan butuh cahaya matahari dan CO2 untuk hidup. Tapi pernah nggak sih kamu bertanya-tanya gimana caranya tumbuhan mendapat dua zat tersebut? Stomata adalah jawabannya. Dalam materi biologi, stoma atau stomata adalah anggota tubuh penting untuk bernapas. Tapi pengertian stomata tidak terbatas di situ aja […]
  1. Kelas 8 IPA
Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
  1. Kelas 8 IPA
  2. SD IPA
  Salah satu cara lain dalam pelajaran IPA, selain dengan menjelaskan tentang teori serta uji laboratorium, yakni mempelajari beberapa contoh soal, terlebih kalau menyangkut rumus. Tujuannya untuk membuktikan sekaligus mempraktekan cara menghitungnya. Seperti materi tekanan zat padat berikut ini yang bakal membahas beberapa soal melalui artikel ini. Rumus Utama & Definisi Tekanan Zat Padat Tekanan […]
  1. Kelas 8 IPA
  2. SD IPA
Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
  1. Kelas 8 IPA
  2. SD IPA
  Cermin cekung, atau yang dikenal juga sebagai cermin konkaf, merupakan cermin dengan permukaan melengkung ke dalam. Karena bentuknya  menghasilkan berbagai sifat bayangan yang menarik dan berbeda dari cermin datar maupun cembung. Artikel ini mengupas tuntas seluk beluk tentang cermin cekung, mulai dari sifat bayangan, rumus, hingga berbagai pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. 1. Sifat-Sifat Cermin […]
  1. Kelas 7 IPA
  2. Kelas 8 IPA
  3. Kelas 9 IPA
  4. SD IPA
Satu hal yang kamu pikirkan ketika mendengar kata magnet adalah sebuah benda yang kerap menjadi penghias kulkas. Namun, kegunaan magnet bukan hanya sekadar itu saja, namun menjadi media pembelajaran dan kita  juga pernah mempelajari magnet saat SD.  Saat itu, magnet menjadi media pembelajaraan untuk menguji benda manakah saja mengandung gaya magnet. Pada artikel ini kita […]
  1. Kelas 7 IPA
  2. Kelas 8 IPA
  3. Kelas 9 IPA
  4. SD IPA
Revolusi bumi adalah suatu peristiwa alam yang terjadi ketika bumi mengelilingi matahari dalam orbitnya. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 365,25 hari, yang merupakan dasar bagi sistem penanggalan kita. Namun, selain menjadi dasar penanggalan, revolusi bumi juga memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan di planet kita.  Pada artikel ini, kami akan menjelaskan 10 akibat […]
  1. Kelas 8 IPA
Pernahkah Kawan Literasi menggantungkan bingkai foto di dinding? Nah, kalau pernah, tahukah kamu kenapa paku yang menahan bingkai fotomu bisa menancap pada tembok yang tebal? Yap, hal itu dikarenakan adanya tekanan pada paku.  Tekanan merupakan besarnya suatu gaya yang bekerja pada luasan bidang tekan. Jadi, ketika ujung paku yang memiliki permukaan runcing ditempelkan pada dinding, […]
  1. Kelas 8 IPA
Cahaya merupakan salah satu bagian dalam kehidupan manusia yang cukup penting karena banyak digunakan dalam kebutuhan aktivitas sehari-hari. Dapat dibayangkan apabila kekurangan atau tidak ada cahaya, manusia akan kesulitan menjalani hidupnya. Cahaya yang dimaksud disini contohnya seperti cahaya matahari dan cahaya penerangan buatan lainnya. Maka dari itu, kita sebagai manusia terbilang sangat bergantung dan mengandalkan […]
  1. Kelas 7 IPA
  2. Kelas 8 IPA
  3. Kelas 9 IPA
  4. SD IPA
Satu hal yang kamu pikirkan ketika mendengar kata magnet adalah sebuah benda yang kerap menjadi penghias kulkas. Namun, kegunaan magnet bukan hanya sekadar itu saja, namun menjadi media pembelajaran dan kita  juga pernah mempelajari magnet saat SD.  Saat itu, magnet menjadi media pembelajaraan untuk menguji benda manakah saja mengandung gaya magnet. Pada artikel ini kita […]
  1. Kelas 7 IPA
  2. Kelas 8 IPA
  3. Kelas 9 IPA
  4. SD IPA
Revolusi bumi adalah suatu peristiwa alam yang terjadi ketika bumi mengelilingi matahari dalam orbitnya. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 365,25 hari, yang merupakan dasar bagi sistem penanggalan kita. Namun, selain menjadi dasar penanggalan, revolusi bumi juga memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan di planet kita.  Pada artikel ini, kami akan menjelaskan 10 akibat […]
  1. Kelas 9 IPA
Bagian tubuh manusia merupakan pemberian Tuhan yang fungsinya untuk melakukan kegiatan dalam hidup manusia, antara lain untuk bekerja, olahraga, belajar hingga melakukan kegiatan spiritual. Pada artikel ini, Studio Literasi akan membahas beberapa bagian tubuh manusia beserta fungsinya. Untuk lebih jelasnya yuk baca artikel berikut ini, Sobat Literasi! Bagian-Bagian Tubuh Manusia 1. Kulit Kulit merupakan anggota […]
  1. Kelas 9 IPA
Banyak hal yang tubuh lakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan, salah satunya dengan proses ekskresi. Pengertian dari ekskresi sendiri merupakan cara untuk membuang sisa metabolisme tubuh ibaratnya membuang racun yang ada pada tubuh. Dalam prosesnya, manusia membutuhkan peran berbagai anggota tubuh agar bisa bekerja dengan maksimal. Buat, Sobat Literasi yang ingin tahu lebih jelas mengenai […]
  1. Kelas 9 IPA
Banyak hal yang dilakukan tubuh agar terhindar dari gangguan kesehatan, salah satunya dengan proses ekskresi. Pengertian dari ekskresi sendiri merupakan cara untuk membuang sisa metabolisme tubuh ibaratnya membuang racun yang ada pada tubuh. Dalam prosesnya, manusia membutuhkan peran berbagai anggota tubuh agar bisa bekerja dengan maksimal. Buat, Sobat Literasi yang ingin tahu lebih jelas mengenai […]
  1. Kelas 9 IPA
Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah, mulai dari kekayaan hayati dan non hayati. Agar generasi di masa depan bisa tetap memanfaatkannya dengan maksimal, manajemen sumber daya alam sangat perlu untuk kita perhatikan. Kali ini, kita akan membahas manajemen sumber daya alam hingga pemanfaatannya yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan. Simak hingga selesai, Kawan […]
  1. Kelas 9 IPA
Berdasarkan dampaknya terhadap lingkungan, kita mengelompokkan teknologi menjadi dua jenis, yaitu teknologi ramah lingkungan dan teknologi tidak ramah lingkungan. Pada artikel ini, Studio Literasi akan membahas teknologi tidak ramah lingkungan beserta dampak serta contohnya. Simak pembahasan Studio Literasi di bawah ini! Definisi dan Prinsip dari Teknologi Tidak Ramah Lingkungan Hadirnya teknologi sesungguhnya ada untuk membantu […]
  1. Kelas 9 IPA
Listrik merupakan hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari kita. Dalam fisika listrik terbagi dua jenis yakni listrik dinamis dan statis. Buat Kawan Literasi yang ingin mengetahui apa yang dimaksud listrik statis? Berikut penjelasan lengkapnya. Apa yang Dimaksud dengan Listrik Dinamis? Sebelum memasuki pengertian listrik dinamis, Kawan Literasi harus mengetahui apa itu listrik. Pengertian […]
  1. Kelas 9 IPA
Pernahkah Kawan Literasi bertanya-tanya ketika melihat wajah keluargamu terlihat mirip? Coba bandingkan wajah kamu antara kakak, ibu, ayah, dan adik, sangat mirip kan? Nah hal ini terjadi karena orang tua akan mewarisi sifat kepada anaknya. Sehingga hal ini mengakibatkan kemiripan antara kamu dan orang tuamu. Heum… gimana sih sebenarnya pewarisan sifat pada makhluk hidup bekerja? […]
  1. Kelas 9 IPA
  2. Tak Berkategori
Hai, sobat Stulit! Selamat datang di laman Studio Literasi! Di sini kamu bisa menemukan jawaban untuk setiap mata pelajaran yang belum kamu pahami. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas materi Fisika untuk temen-temen kelas 12 SMA, nih. Tahukah kamu, bahwa penamaan gaya Lorentz, diambil dari nama penemunya yang bernama Lorentz? Yap, sama seperti tokoh […]
  1. Kelas 9 IPA
Di sekolah dasar dulu, kita udah pernah belajar tentang sifat magnet, benda yang punya muatan listrik berbeda di dua sisinya. Kali ini, kita akan menggali lebih jauh karakteristik tersebut dengan mempelajari hukum Coulomb. Apa itu hukum Coulomb? Bagaimana bunyinya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya, Sobat Stulit! Bunyi Hukum Coulomb Hukum Coulomb adalah salah […]

Materi IPA SD

Artikel Terkini
Artikel Terpopuler