1. berita

Isu Keadilan Sosial: Mengapa Penting untuk Diperjuangkan?

Isu keadilan sosial mencakup banyak hal, seperti kemiskinan, ketimpangan pendapatan, hingga perubahan iklim. Isu-isu ini harus ditangani untuk mencapai keadilan yang terbangun atas hak asasi manusia, kesetaraan, dan kesempatan yang sama untuk memiliki akses terhadap sumber daya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari simak artikel Studio Literasi kali ini hingga selesai, Kawan Literasi!

Mengapa Memperjuangkan Isu Keadilan Sosial?

Sumber: freepik

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai isu keadilan sosial, mari kita ulas terlebih dulu apa saja alasan isu ini harus kita perjuangkan dan atasi bersama:

1. Membantu Menciptakan Keharmonisan Masyarakat

Isu-isu keadilan sosial patut untuk diperjuangkan sebab ketidakadilan bisa mengakibatkan ketegangan dalam masyarakat, hingga berpotensi menciptakan konflik. Oleh karena itu, keadilan sosial dapat menciptakan relasi yang harmonis antarindividu dalam kelompok masyarakat. 

2. Menjunjung Kesetaraan dan Keberagaman 

Selain itu, ketidakadilan bisa menyebabkan ketidaksetaraan serta diskriminasi terhadap kelompok-kelompok tertentu, seperti etnis atau ras minoritas, wanita, dan golongan masyarakat yang kurang mampu. Dengan mengatasi isu keadilan sosial, kesetaraan bisa tercapai dan setiap orang bisa memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai kebahagiaan serta keberhasilan tanpa batasan gender, ras, atau latar belakang sosio-ekonomi.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

3. Menciptakan Lingkungan yang Lebih Sehat

Isu keadilan sosial juga mencakup persoalan lingkungan dan pencemaran yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan manusia dan kondisi alam. Dengan memperjuangkan keadilan, penggunaan sumber daya alam dapat dikelola dengan basis berkelanjutan dan meminimalisir kerusakan lingkungan. Hal ini sangat penting untuk masyarakat kini dan generasi di masa depan. 

4. Menciptakan Kesejahteraan Masyarakat

Kemiskinan dan kesenjangan pendapatan juga merupakan isu-isu keadilan sosial. Dengan mengatasinya, kita bisa memastikan setiap orang mendapat akses yang sama terhadap sumber daya dan berbagai kesempatan dalam lingkup ekonomi, sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercapai dan kesenjangan sosial ekonomi bisa berkurang. 

5. Membangun Masa Depan yang Lebih Baik

Untuk membangun masa depan yang lebih baik, kita semestinya memastikan setiap orang mempunyai akses ke pendidikan agar bisa sukses dalam kehidupan. Dengan itu, masyarakat yang lebih produktif dan berpendidikan bisa kita capai. 

Baca juga: Peran Perempuan dalam Politik Saat ini dan Hambatannya

Isu-Isu Keadilan Sosial 

Berikut adalah beberapa isu keadilan sosial yang Kawan Literasi perlu ketahui, antara lain:

1. Kesenjangan Upah Berbasis Gender

Sumber: freepik

Kesenjangan upah antara wanita dan pria sudah menjadi isu keadilan sosial di seluruh dunia. Secara umum, Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia menyatakan bahwa perempuan memiliki pendapatan lebih sedikit sekitar $172 triliun dari laki-laki. Ditambah lagi, melansir dari laporan Women, Business and the Law 2022 Bank Dunia, 2,4 miliar perempuan usia kerja diperkirakan tidak memiliki kesempatan ekonomi yang setara. 

2. Perubahan Iklim 

Sumber: freepik

Selain isu ekonomi, isu keadilan sosial juga mencakup isu lingkungan seperti perubahan iklim. Menurut ahli, tujuh tahun terakhir adalah rekor tahun terpanas yang pernah dicatat, dan jika perubahan tidak segera dilakukan suhu bisa terus meningkat. Hal ini akan memicu fenomena cuaca ekstrem yang nantinya bisa menyebabkan dampak negatif pada sektor pangan hingga kemiskinan.      

3. Kemiskinan

Sumber: freepik

Isu keadilan sosial selanjutnya yaitu kemiskinan. Dilaporkan pada 2020, sekitar 70 orang terjebak dalam kemiskinan ekstrem karena COVID-19. Peristiwa ini adalah yang terbesar dalam satu tahun semenjak tahun 1990 saat dunia mengalami kemiskinan global. Kemiskinan ekstrem sendiri adalah keadaan saat seseorang memiliki pendapatan harian kurang dari $2,15 per hari, terkonsentrasi di wilayah yang sulit, seperti pedesaan atau wilayah konflik. 

Baca juga: Perubahan Iklim Global: Pengertian, Dampak & Penanggulangan

4. Kekerasan Berbasis Gender

Sumber: freepik

Isu keadilan sosial yang bersifat global salah satunya adalah kekerasan berbasis gender. WHO sendiri menyatakan bahwa sekitar 30% perempuan pernah mengalami kekerasan fisik atau seksual dalam hidupnya. Kekerasan ini bisa mempengaruhi kesehatan mental, emosional, seksual, dan fisik seseorang, bahkan bisa berakibat fatal. Hal ini harus diatasi dengan meningkatkan kesetaraan gender, pendidikan, dan perlindungan hukum bagi perempuan. 

5. Kerawanan Pangan

Sumber: freepik

Masalah-masalah seperti inflasi, tidak seimbangnya rantai pasok, dan perubahan iklim, menyebabkan masalah kerawaanan pangan. Hal ini semakin terlihat nyata ketika terjadi ketegangan antara Rusia dan Ukraina pada 2022, sehingga ekspor biji-bijian ke seluruh dunia berhenti. Peristiwa tersebut memicu kerawanan pangan hingga kelaparan. 

6. Ketimpangan Pendapatan

Sumber: freepik

Isu keadilan sosial selanjutnya yaitu ketimpangan pendapatan. Apalagi, semenjak pandemi melanda, ketimpangan pendapatan secara global pun semakin parah, bahkan menghambat kemajuan yang 20 tahun terakhir ini sudah tercapai. Bank Dunia juga memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi global akan melambat menjadi 3,2% di tahun 2023. Melansir dari humanrightscareers, di saat yang sama, orang-orang tengah terjebak dalam kemiskinan, sepuluh orang kaya di dunia bisa melipatgandakan kekayaan mereka selama dua tahun awal pandemi. 

Baca juga: 6 Tantangan Ekonomi Global pada Tahun 2023, Apa Saja?

Nah, itu dia sekian dari banyaknya isu-isu keadilan sosial yang sedang melanda dunia dan menjadi permasalahan bersama. Isu-isu tersebut harus segera ditangani supaya kesetaraan, kesejahteraan, dan kebahagiaan bersama dapat kita capai. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Isu Keadilan Sosial: Mengapa Penting untuk Diperjuangkan?

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]