1. Kelas 8 IPS

Manfaat Perdagangan Antarpulau: Arti, Tujuan, dan Faktornya

Setiap daerah atau pulau di Indonesia memiliki potensi dan keunggulannya tersendiri. Oleh sebab itu, hasil komoditas atau produk yang ada pun beragam, sehingga memungkinkan terjadinya perdagangan antarpulau agar saling menguntungkan Untuk menjelaskan manfaat perdagangan antarpulau, mari simak artikel Studio Literasi kali ini hingga selesai, ya, Kawan Literasi!

Pengertian Perdagangan Antarpulau

Sumber: bola

Perdagangan atau biasa kita sebut dengan perniagaan adalah kegiatan bertukar barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama, tanpa adanya pemaksaan. Sementara itu, perdagangan antarpulau atau antar daerah ialah perdangangan yang penduduk atau sebuah lembaga di suatu daerah lakukan dengan penduduk atau lembaga daerah lain atas dasar kesepakatan bersama. 

Tujuan Perdagangan Antarpulau

Sumber: freepik

Perdagangan antarpulau saat ini tidak lagi berpaku pada cara-cara yang tradisional, meski masih ada beberapa daerah yang mempertahankan cara tradisional tersebut. Dengan adanya berbagai platform atau sarana jual beli secara daring (online), kegiatan perdagangan antarpulau menjadi lebih mudah untuk masyarakat lakukan, tidak hanya lintas daerah, bahkan memungkinkan lintas negara. 

Dengan bantuan alat komunikasi, jasa kirim, jaringan internet, perbedaan jarak bukan menjadi masalah yang berarti. Perdagangan antarpulau ini masyarakat lakukan dengan beberapa tujuan tertentu, seperti: 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

1. Memperoleh Keuntungan

Mendapatkan keuntungan adalah salah satu tujuan utama masyarakat melakukan perdagangan antarpulau. Keuntungan merupakan selisih dari harga jual dan harga beli. Apabila barang diproduksi sendiri oleh masyarakat, maka keuntungannya berasal dari selisih antara harga jual dan biaya produksi. 

2. Memperluas Jangkauan Pasar

Tujuan sekaligus manfaat perdagangan antarpulau lainnya adalah memperluas jangkauan pasar. Maksud dari jangkauan pasar ialah jumlah konsumen yang memerlukan barang tersebut akan semakin banyak dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 

Misalnya, produk kopi khas atau tradisional di wilayah X yang dijual ke daerah Y, memungkinkan konsumen kopi tersebut tidak lagi hanya berasal dari penduduk wilayah X namun juga penduduk wilayah Y. Akibatnya, produk kopi tersebut akan semakin dikenal banyak orang dan konsumsi produk tersebut di daerah Y juga meningkat. 

Baca juga: Rumah Adat Jawa Timur

Faktor Pendorong Perdagangan Antarpulau

Sumber: freepik

Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antarpulau, diantaranya potensi faktor produksi masing-masing pulau serta perbedaan harga. 

1. Perbedaan Faktor Produksi 

Faktor pertama yang mendorong perdagangan antarpulau adalah kemampuan produksi yang setiap daerah miliki, yang berbeda satu dengan lainnya. Hal ini juga disebabkan oleh faktor produksi alam. Misalnya, daerah Jawa Tengah, seperti Kabupaten Wonosobo, memiliki tanah yang cenderung subur, sehingga lebih memungkinkan untuk memproduksi sayur-mayur lebih banyak. Oleh karena itu, produksi sayur-mayur tersebut dapat didistribusikan dan dijual ke luar daerah hingga ke luar pulau.  

2. Perbedaan Tingkat Harga Antardaerah

Faktor berikutnya selain perbedaan kekayaan alam yaitu berbedanya tingkat harga antar daerah. Contoh, di daerah yang kaya akan hasil buah durian, maka harga durian akan lebih murah daripada daerah lainnya yang tidak memiliki pohon penghasil durian. Hal ini pun menjadi salah satu pendorong adanya perdangangan antardaerah. 

Baca juga: Bentuk-Bentuk Pasar

Manfaat Perdagangan Antarpulau

Sumber: freepik

Setelah mengetahui faktor pendorong perdagangan antarpulau, berikut ini adalah manfaatnya: 

1. Menjadi Alternatif Pemenuhan Kebutuhan Konsumen

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, setiap daerah di Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang berbeda-beda, sehingga hasil produksi alamnya pun berbeda di setiap daerah. Maka dari itu, daerah yang kekurangan suatu hasil alam dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan melakukan perdagangan antarpulau agar konsumen tetap bisa mendapatkan hal yang Ia butuhkan. Konsumen pun bisa menikmati hasil produk yang tidak daerah tempat tinggalnya produksi. 

2. Meningkatkan Produktivitas

Selain menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan konsumen, perdagangan antarpulau juga menjadi sarana peningkatan produktivitas. Dengan pemasaran produk yang semakin luas, maka permintaan atau pemesanan suatu produk ikut meningkat, dan akhirnya akan mendorong produsen produk tersebut untuk meningkatkan produksinya. 

3. Memperluas Lapangan Pekerjaan untuk Masyarakat

Manfaat terakhir dari perdagangan antarpulau yakni perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat. Meningkatnya jumlah barang yang suatu daerah produksi akan mendorong kebutuhan produsen akan tenaga kerja yang lebih banyak. Hal ini akan membuka kesempatan pekerjaan tambahan bagi masyarakat. Di samping itu, perdagangan lintas pulau juga akan memunculkan berbagai unit kerja baru, seperti jasa pengiriman, perluasan transportasi, dan lain-lain. 

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Redistribusi Pendapatan? Yuk Simak!

Nah, itulah manfaat perdagangan antarpulau beserta faktor pendorong dan tujuannya. Yang pasti, perdangangan antarpulau sangat memberikan dampak positif terhadap ekonomi serta perluasan lapangan kerja untuk masyarakat. Semoga informasi kali ini menambah wawasan Kawan Literasi semua!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Manfaat Perdagangan Antarpulau: Arti, Tujuan, dan Faktornya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]