1. Kelas 7 Bahasa Indonesia

Kalimat Definisi: Pengertian Ahli, Cara Membuat & Contoh!

Ada berbagai macam kalimat yang pernah kita pelajari pada saat pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah kalimat definisi. Kalimat ini biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu objek atau topik yang kita bicarakan. 

Ternyata, kalimat ini memiliki pengertian yang lebih luas, yang bukan hanya sekadar pengertian dan contoh saja.  Untuk lebih luasnya akan Studioliterasi akan membahasnya melalui artikel ini.

Baca Juga: Struktur Teks Laporan Hasil Observasi beserta Contohnya

Pengertian Kalimat Definisi Menurut KBBI & Para Ahli

Sampai saat ini, arti dari kalimat definisi belum terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tapi, kata ‘definisi’ sudah terdaftar dengan arti: kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas; batasan (arti).

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Sumber: Unsplash

Namun, ada juga pengertian kalimat definisi dari para ahli berikut ini:

  • Menurut Buku Cakrawala Indonesia karangan H. Maskun, definisi adalah kata yang mengungkapkan suatu makna atau keterangan.
  • Menurut Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas 7 karangan Heriyanto, S.Pd., M.Pd. (2021), kalimat definisi adalah kalimat penjelasan terhadap objek atau suatu benda.
  • Explore Bahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI karangan Imam Taufik; Rusmiyanto; S. Prasetyo Utomo; Setia Naka Andrian (2018):  Pada bagian Glosarium yang tertulis kata definisi: Rumusan ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan.
  • Menurut Hasan Alwi: Definisi merupakan unit terkecil dalam bahasa bentuknya berupa lisan dan tulisan yang mengungkapkan pikiran yang lengkap. 

Dari keempat definisi para ahli tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa kalimat definisi adalah kalimat yang menjelaskan suatu arti atau makna. 

Contoh Kalimat Definisi

Agar kamu lebih paham dan mudah untuk memahaminya, berikut berbagai contoh dari kalimat definisi:

  1. Rusia merupakan negara di Eropa Timur yang merupakan negara terluas di Dunia.
  2. Upin Ipin merupakan film khusus anak-anak dari Malaysia.
  3. Ibu kota negara Inggris adalah London.
  4. Kuda merupakan salah satu hewan mamalia yang memiliki kaki empat.
  5. Menteng merupakan kawasan elit yang berada di Jakarta Pusat.
  6. Ondel-Ondel ialah seni pertunjukan asli dari Jakarta.
  7. WFH merupakan singkatan dari work from home yaitu, semua pekerjaan dilakukan dari rumah.
  8. Air putih merupakan air bening yang berasal dari mata air pegunungan.
  9. Transjakarta adalah angkutan umum bis dari Jakarta.
  10. Kata “Kemang” diambil dari nama pohon Kemang yang tumbuh di daerah Kemang.
  11. Ramadan merupakan bulan dimana umat Islam melaksananakan ibadah puasa Ramadan.
  12. Sushi merupakan makanan tradisional dari Jepang yang terbuat dari nasi yang dibalut dengan nori dan aneka topping lainnya.
  13. KTP merupakan identitas resmi warga negara Indonesia.
  14. MRT Jakarta merupakan kereta cepat yang beroperasi dari Stasiun Lebak Bulus hingga Stasiun Bundaran HI.
  15. Walikota merupakan pejabat atau pemimpin untuk tingkat kota.

Baca Juga: 13 Tanda Baca, Fungsi, dan Contoh Penggunaan sesuai EYD

Cara Mencari Kalimat Definisi

Untuk mencari kalimat ini juga sangat mudah. Kamu bisa menemukannya dari berbagai sumber, seperti skripsi, jurnal ilmiah, laporan, hingga buku pelajaran. Kamu biasanya dapat menemukannya pada halaman pertama dari pendapat para ahli.  

Sumber: Unsplash

Fungsi Kalimat Definisi

Berikut adalah berbagai fungsi dari kalimat definisi:

  • Sebagai bukti kalau hal tersebut fakta

Ini biasanya terdapat pada sumber ilmiah, di mana definisi ini sebagai bukti jika hal yang dibicarakan merupakan fakta. Perlu kamu ingat, berbagai pendapat ahli dapat semakin menguatkan fakta yang akan kita bahas.

  • Pembuka sebelum pembahasan

Ketika hendak membahas suatu hal, terlebih jika hal tersebut merupakan hal baru yang belum diketahui orang, kita perlu mengawali pembahasan dari definisinya. Biasanya, hal ini dapat kamu terapkan pada saat presentasi. Taruh definisi pada bagian awal slide supaya audiens bisa memahami apa yang kamu sedang presentasikan.

  • Membantu menjelaskan hal atau topik yang diteliti

Untuk penelitian, kalimat ini bisa membantu kamu yang sedang meneliti topik. Kalimat satu ini mempermudah kamu untuk memahami dan menjelaskan isi pada objek yang diteliti. Termasuk, pada tahap penelitian berikutnya.

Sumber: Unsplash

Apakah Kita Bisa Membuatnya Sendiri?

Barangkali kamu berpikir mengenai banyaknya kalimat jenis ini menurut para ahli. Kamu juga bertanya-tanya, “Apakah kalimat definisi dapat kita buat sendiri?” Jawabannya, bisa. Caranya adalah dengan melihat karakteristik dari topik atau objek tersebut. Kamu bisa memulainya dengan membaca dari berbagai sumber. 

Dari semua sumber tersebut, kamu bisa mengambil kesimpulan dan kata kuncinya. Terkadang, guru juga memberi pertanyaan mengenai definisi suatu hal, tapi sesuai kalimat kita sendiri. Ketika ada soal “Jelaskan definisi menurut bahasamu!” Tentu, kita akan menjawabnya sesuai dengan apa yang kita pahami. 

Sumber: Unsplash

Tujuannya adalah untuk memastikan kamu paham dengan pertanyaan yang diujikan dan tidak menyontek. Dari dua contoh kasus tersebut, secara tidak sadar, kamu sudah membuat kalimat definisi sesuai pandanganmu sendiri. 

Para ahli tidak hanya berpatokan pada sumber literatur, tapi juga dengan melalui penelitian yang terjadi di masyarakat. Lalu, nantinya mereka dapat mengambil kesimpulan dan menjadikannya sebagai bentuk definisi baru.

Baca Juga: Apa itu Kalimat Aktif? Kenali Unsur, Jenis, hingga Contohnya

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai contoh serta beberapa hal yang terkait dengan kalimat definisi. Semoga artikel ini bisa membantu Kawan Literasi ketika harus membuat contoh kalimat tersebut. Yuk, coba kamu terapkan!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kalimat Definisi: Pengertian Ahli, Cara Membuat & Contoh!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]