1. Kelas 7 Bahasa Indonesia

Apa itu Kalimat Utama? Definisi, Jenis & Cara Menentukannya

Kalimat utama adalah bagian penting dalam suatu teks bacaan. Untuk memahami teks atau bacaan secara menyeluruh, sangat penting untuk menentukan dan mengetahui mana kalimat yang merupakan kalimat utama. Sebab, dengan mengetahui kalimat utama, kamu akan lebih mudah untuk mengerti garis besar suatu bacaan melalui pemahaman dari setiap inti paragraf. 

Namun, sebagian orang sering merasa kesulitan untuk menentukan kalimat utama. Bahkan banyak yang menganggap kalimat utama adalah kalimat pertama pada paragraf. Tapi, jangan khawatir, Kawan Literasi. Yuk, simak informasi Studio Literasi kali ini tentang kalimat utama!

Apa itu Kalimat Utama? 

Sumber: wallpapercave

Kalimat utama adalah kalimat dalam suatu paragraf atau teks yang memiliki gagasan pokok atau topik utama. Lebih tepatnya, kalimat utama adalah penjabaran dari suatu ide pokok. Lalu, apa bedanya dengan gagasan utama? Gagasan utama merupakan istilah lain dari ide pokok, yang mana biasanya terdiri dari beberapa kata atau frasa, bukan merupakan kalimat lengkap.   

Contohnya, terdapat kalimat utama “Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.” Struktur kalimat ini lengkap karena memiliki subjek serta kata kerja. Namun, jika kamu menemukan “Pentingnya olahraga untuk kesehatan”, ini adalah contoh bentuk ide pokok dari kalimat tersebut. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Jenis Paragraf Menurut Letak Kalimat Utama

Sumber: abimuda

Setelah mengetahui definisi dari kalimat utama, kamu juga perlu mengetahui di mana biasanya letak kalimat tersebut berada, Kawan Literasi. Ada tiga jenis paragraf yang ditentukan oleh letak kalimat utamanya, diantaranya sebagai berikut: 

1 Paragraf deduktif 

Kalimat utama pada paragraf deduktif terletak di awal paragraf. Lalu, kalimat utama tersebut diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas. Informasi pada paragraf ini disusun dari yang paling umum ke yang lebih spesifik. 

Contohnya adalah sebagai berikut: 

Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan olahraga, daya tahan tubuh akan meningkat, sehingga tubuh tidak gampang terserang penyakit. Selain itu, olahraga juga menstimulasi metabolisme tubuh dan memperlancar sirkulasi darah. Bonusnya, olahraga dapat membakar kalori dalam tubuh, sehingga berat badan dapat lebih terkondisikan.

Pada paragraf tersebut kalimat “Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh” merupakan kalimat utama. Sebab, kalimat-kalimat yang mengikutinya bersifat spesifik, yang menjelaskan mengapa olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh. 

Baca juga: Imbuhan: Pengertian, Fungsi, Jenis, & Contoh Lengkapnya

2 Paragraf Induktif

Berkebalikan dengan paragraf deduktif, paragraf induktif memiliki kalimat utama yang letaknya di akhir paragraf. Oleh karena itu, pola informasi paragraf ini dimulai dari hal-hal spesifik ke hal yang umum atau simpulan dari pembahasan paragraf. 

Contohnya sebagai berikut: 

Tidak bisa dipungkiri, saat ini anak-anak sangat familiar dengan lagu Baby Shark, Baa Baa Black Sheep, atau Johny Johnny Yes Papa. Lalu, mereka juga lebih menggemari permainan online seperti Roblox yang bisa dimainkan dengan gadget daripada permainan tradisional seperti dakon, gobak sodor, atau engklek. Hal ini menunjukkan budaya luar dan perkembangan teknologi sangat mempengaruhi perubahan pada kegiatan dan kegemaran anak-anak saat ini. 

Kalimat utama pada paragraf ini yaitu “Hal ini menunjukkan budaya luar dan perkembangan teknologi sangat mempengaruhi perubahan pada kegiatan dan kegemaran anak-anak saat ini.”

3 Paragraf Deduktif-Induktif (Campuran)

Sementara itu, paragraf campuran merupakan kombinasi dari paragraf deduktif dan induktif, sehingga terdapat dua kalimat utama. Kalimat utama pada paragraf campuran terletak di awal dan di akhir paragraf. Jadi, pola informasi pada paragraf ini diawali dari hal umum ke khusus, lalu kembali lagi ke hal yang umum. 

Berikut adalah contoh paragraf campuran: 

Hutan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita. Di hutan tumbuh bermacam-macam tumbuhan yang dapat mencegah banjir, erosi, dan tanah longsor. Hewan-hewan juga dapat hidup bebas di hutan, kita juga dapat memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata. Hutan memang seharusnya dijaga karena bermanfaat bagi kehidupan kita.

Kalimat utama pada paragraf diatas adalah kalimat pertama serta kalimat terakhir, yang intinya adalah mengenai manfaat hutan untuk kehidupan manusia.

Baca juga: Kalimat Definisi dan Deskripsi: Pengertian & Contohnya

Cara Menentukan Kalimat Utama pada Paragraf

Sumber: wallpapers

Setelah mengetahui jenis-jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya, kamu bisa berlatih untuk menentukan kalimat utama. Berikut adalah cara menentukannya : 

  • Membaca keseluruhan teks atau kalimat pada paragraf.
  • Mencari tahu dan memisahkan kalimat yang bersifat umum dan spesifik.
  • Mencari kata kunci utama pada kalimat yang bersifat umum tersebut.
  • Memastikan mana kalimat yang menjadi aspek rujukan utama kalimat-kalimat penjelas.

Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama

Sumber: unsplash

Sekarang saatnya berlatih untuk menentukan kalimat utama dalam suatu paragraf. Coba Kawan Literasi jawab soal-soal di bawah ini, ya!

  1. Jahe adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat. Rimpangnya bisa dibuat minuman yang menghangatkan tubuh. Selain itu, jahe digunakan untuk mengobati bagian tubuh yang memar. Efek hangat jahe dapat memberi rasa nyaman pada tubuh yang sakit.

Kalimat utama paragraf tersebut ialah ….

A. Efek hangat jahe dapat memberi rasa nyaman pada tubuh yang sakit.

B. Jahe adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat.

C. Jahe bisa dibuat minuman yang menghangatkan tubuh.

D. Jahe digunakan untuk mengobati bagian tubuh yang memar.

Kunci jawaban: B

  1. Membiarkan lampu tetap menyala pada siang hari yang terang menyebabkan listrik boros. Televisi yang menyala meskipun tidak ditonton juga memboroskan listrik. Membiarkan ruang ber-AC tidak ditutup juga menyebabkan boros listrik. Itulah beberapa hal yang menyebabkan penggunaan listrik menjadi boros.

Manakah yang termasuk kalimat utama?

A. Membiarkan lampu tetap menyala pada siang hari yang terang menyebabkan listrik boros.

B. Televisi yang menyala meskipun tidak ditonton juga memboroskan listrik.


C. Membiarkan ruang ber-AC tidak ditutup juga menyebabkan boros listrik.


D. Itulah beberapa hal yang menyebabkan penggunaan listrik menjadi boros.

Kunci jawaban: D

Baca juga: 11 Contoh Teks Deskripsi

Nah, bagaimana Kawan Literasi? Sudahkah kamu memahami tentang kalimat utama? Ingat, kalimat utama tidak selalu terletak pada kalimat pertama di suatu paragraf ya, Kawan Literasi. 

Semoga dengan mempelajari pengertian, jenis, hingga berlatih dengan contoh soal pada artikel kali ini bisa menambah ilmu kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa itu Kalimat Utama? Definisi, Jenis & Cara Menentukannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]