1. SD IPS

Keberagaman Ras

Indonesia merupakan negara dengan banyak keberagaman di dalamnya, salah satunya ialah keberagaman ras.

Keberagaman ras di Indonesia penggolongannya didasarkan pada penyebab serta ciri-ciri fisik.

Untuk lebih jelasnya tentang keberagaman ras, ayo simak materi dari studioliterasi berikut ini!

Apa Itu Ras?

Definisi ras sendiri yaitu pengelompokkan suku bangsa yang didasarkan pada ciri-ciri fisik, asal wilayah, dan bahasa.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Biasanya indikator yang digunakan untuk membedakan ras ialah karakter fisik seperti warna kulit, rambut, mata, hingga postur tubuh.

Selain karakter fisik, indikator pembeda lainnya yaitu berupa bentuk budaya di kelompok tersebut. 

Penyebab Keberagaman Ras di Indonesia

Negara Indonesia memiliki penduduk dengan keberagaman ras berbeda-beda yang disebabkan oleh kehadiran bangsa asing ke wilayah nusantara.

Selain itu, beberapa hal lain juga turut berperan penting dalam meningkatkan banyaknya ras di Indonesia. Beberapa hal tersebut antara lain:

Wilayah Strategis Indonesia

Seperti yang kita tahu bahwa wilayah Indonesia berada di antara 2 samudera besar, yakni Pasifik dan Hindia. Kemudian letaknya juga diapit oleh 2 benua, yaitu Asia serta Australia.

Hal tersebut jelas membuat negara kita berada di wilayah strategis karena dilewati jalur perdagangan internasional di mana memudahkan siapa saja untuk berkunjung kesini.

Kemudahan jalur tersebut membuat banyak orang dari negara-negara lain datang bahkan menetap di Indonesia. Dari situ lah berbagai ras akhirnya muncul di kawasan nusantara.

Kondisi Alam

Kondisi alam Indonesia memiliki pengaruh penting terhadap keberagaman ras yang ada. Kondisi alam mencakup daerah perkotaan, pedesaan, kawasan tempat tinggal, dataran rendah maupun tinggi, laut, pegunungan dan lain-lain.

Selain itu, kondisi alam juga berpengaruh pada keanekaragaman mata pencaharian penduduk, adat istiadat, hingga kebudayaan.

Luas Wilayah dan Bentuk Negara Kepulauan

Indonesia merupakan negara dengan luas wilayah yang besar serta berbentuk kepulauan di mana terdapat banyak ribuan pulau di dalamnya. Hal itu membuat berbagai ras terbentuk di masing-masing pulau atau daerah.

Sikap Masyarakat Terhadap Perubahan

Sikap masyarakat dalam menghadapi perubahan juga berperan penting dalam terbentuknya keberagaman ras. Baik itu masyarakat yang menerima atau pun menolak perubahan, masing-masing akan membentuk golongannya sendiri.

Bagi masyarakat yang dapat menerima biasanya bersedia tinggal dengan berbagai ras berbeda. Sebaliknya, mereka yang menolak akan hidup bersama budaya dan golongannya sendiri.

Persebaran Keberagaman Ras di Indonesia

Terdapat 6 ras yang tersebar dari wilayah Sabang sampai Merauke, diantaranya yaitu:

Malayan-Mongoloid

Ras Malayan-Mongoloid mempunyai ciri-ciri fisik berupa kulit berwarna sawo matang atau kuning langsat, bentuk muka bulat, mata besar, serta postur tubuh sedang serta tidak terlalu tinggi.

Malayan-Mongoloid terbagi menjadi 2, yakni Proto Melayu (Dayak, Batak, Toraja) dan Deutro Melayu (Jawa, Madura. Bugis, Bali)

Kelompok ras ini cukup dominan dan tersebar di beberapa wilayah Indonesia, mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara Barat.

Asiatic Mongoloid

Asiatic Mongoloid adalah ras yang berasal dari keturunan Tionghoa, Korea, serta Jepang. Ciri utamanya ialah memiliki mata sipit, bibir tipis, tubuh tidak terlalu tinggi, bentuk wajah oval, serta kulit berwarna kuning.

Kaukasoid

Kaukasoid merupakan orang-orang keturunan India, Timur Tengah (Arab), Amerika, Eropa, dan Australia yang datang ke Indonesia.

Orang-orang Kaukasoid mempunyai ciri-ciri yaitu tubuh tinggi (rata-rata 165-180 cm), kulit putih atau kuning, hidung mancung, rambut berwarna pirang atau hitam, bibir tipis, serta bentuk muka oval.

Melanosoid

Di Indonesia penduduk dengan ras Melanosoid tersebar di wilayah Maluku, Nusa Tenggara Timur, hingga Papua.

Ciri-ciri kelompok Melanosoid yakni warna kulit cenderung coklat gelap hingga hitam, muka oval, rambut keriting, bibir tebal, serta badan tinggi.

Negroid

Karakteristik negroid ialah tubuh tinggi, kulit hitam pekat, rambut keriting, rahang besar, dan bentuk muka kotak. Negroid asalnya dari benua Asia yang kemudian menetap di Papua.

Veddoid

Penduduk ras Veddoid ciri-cirinya yaitu berambut keriting, berkulit hitam, hingga badan tinggi. Mereka dapat ditemukan di daerah Kepulauan Maluku, orang Sakai yang tinggal di Siak Riau, orang di Kepulauan Mentawai dan Enggaro, serta orang Kubu di Jambi.

Dampak Keberagaman Ras di Indonesia

Adanya keberagaman ras dapat memberikan dampak positif hingga negatif. 

Dampak Positif

  • Dapat menjadi identitas bangsa yang membedakannya dengan negara lain.
  • Dapat menciptakan masyarakat yang penuh toleransi serta tenggang rasa.
  • Menimbulkan banyaknya perspektif, budaya, dan pola piker sehingga mampu membuat suatu bangsa lebih maju atau inovatif.
  • Lingkungan untuk berkegiatan menjadi lebih kaya dan dinamis.

Dampak Negatif

  • Adanya keberagaman ras bisa menyebabkan rawan terjadinya rasisme serta intoleransi antara kelompok masyarakat.
  • Dapat memicu tumbuhnya sikap egois, fanatisme, dan kesukuan yang berlebihan terhadap kelompok tertentu.
  • Dapat menimbulkan sikap kompetitif antar kelompok yang kurang sehat.
  • Berpotensi menyebabkan munculnya kelompok masyarakat mayoritas yang mendominasi kelompok minoritas.

Beberapa dampak negatif di atas mungkin terjadi jika suatu masyarakat di suatu negara tidak memiliki rasa empati dan toleransi antar sesama.

Demikian lah pembahasan tentang keberagaman ras dari studioliterasi.

Perlu diingat teman-teman, meskipun kita semua berasal dari ras yang berbeda-beda, tapi kita adalah satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

Baca juga: Pakaian Adat Jawa Barat Berdasarkan Kastanya

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Keberagaman Ras

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]