1. Kuliah & Umum

Kebijakan Energi Terbarukan dan Energi Baru di Indonesia

Kebijakan energi terbarukan di Indonesia secara umum telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang energi. Undang-Undang tersebut menyatakan bahwa penyediaan Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBT) harus pemerintah nasional dan pemerintah daerah tingkatkan sesuai dengan kewenangannya masing-masing. Untuk mengetahui kebijakan ini lebih dalam, yuk simak pembahasan Studio Literasi kali ini hingga akhir, Kawan Literasi!

Apa itu Sumber Energi Baru dan Terbarukan? 

Sumber: freepik

Sebelum membahas lebih jauh terkait kebijakan energi terbarukan, Kawan Literasi perlu mengetahui apa itu sumber energi baru dan terbarukan. Keduanya mungkin terkesan mirip, namun sebenarnya berbeda, lho. Menurut Undang-Undang Energi Pasal 1 angka 4, sumber energi baru ialah sumber energi yang bisa diperoleh dari teknologi baru, baik yang asalnya dari sumber energi terbarukan maupun tidak terbarukan. Contohnya yaitu nuklir, hidrogen, gas metana batu bara, batu bara yang dicairkan, serta batu bara tergaskan. 

Sementara itu, Pasal 1 angka 6 Undang-Undang Energi menyatakan bahwa sumber energi terbarukan yaitu sumber energi yang berasal dari sumber daya energi berkelanjutan apabila pengelolaannya terlaksana dengan baik. Misalnya, panas bumi, angin, bioenergi, sinar matahari, aliran air, atau perbedaan suhu lapisan laut. 

Mengapa Energi Terbarukan?

Sumber: freepik

Pergeseran ke penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) ini sangatlah krusial karena beberapa faktor. Faktor pertama yakni kini energi nasional masih 90% berasal dari fosil, yang mana keberadaanya juga semakin berkurang. Selain itu, adanya perubahan iklim dan masalah gas rumah kaca juga meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kelestarian lingkungan. Oleh karena itu, ketersediaan energi yang ramah lingkungan sangat penting. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Lalu, dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia, (sekitar 250 juta jiwa), kebutuhan akan energi listrik pun turut meningkat pesat, dengan pertumbuhan 8% setiap tahunnya. Dengan kata lain, pesatnya peningkatan energi ini setara dengan 7.000 MW per tahun, sehingga pasokan energi listrik perlu untuk ditingkatkan, salah satunya melalui sumber energi yang berkelanjutan. Faktor lainnya yaitu tren dunia kini yang sudah mulai bergeser ke penggunaan energi ramah lingkungan, sehingga Indonesia bisa turut mengikuti langkah baik ini. 

Baca juga: Perubahan Iklim Global: Pengertian, Dampak & Penanggulangan

Kebijakan Energi Nasional (KEN)

Sumber: freepik

Pemerintah beserta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memberi arahan untuk menyusun Kebijakan Energi Nasional untuk memastikan prinsip-prinsip keadilan, keberlanjutan, dan wawasan lingkungan dalam penggunaan energi agar kemandirian serta ketahanan energi nasional bisa tercapai.

Pihak yang merancang kebijakan ini adalah Dewan Energi Nasional (DEN). Kemudian, DPR RI pun bertugas untuk menyetujui kebijakan tersebut dan menetapkannya melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 tahun 2014. 

Target pemanfaatan EBT pada tahun 2025 ialah 23% dari energi primer nasional dan 31% pada tahun 2050. Hingga akhir 2022, Dewan Energi Nasional menyatakan bahwa bauran energi terbarukan dan energi nasional mencapai angka 12.3%.

Rencana Umum Energi Nasional dan Daerah (RUEN & RUED)

Sumber: freepik

Dalam Undang-Undang Energi, ada pula amanat untuk menyusun Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) hingga tahun 2050 untuk mendukung KEN. Melihat Perpres Nomor 22 Tahun 2017, RUEN adalah kebijakan energi terbarukan yang sifatnya lintas sektor. Hal ini bertujuan untuk mencapai kemandirian serta ketahanan energi untuk pembangunan yang berkelanjutan. 

RUEN juga memiliki fungsi untuk menjadi acuan dalam menyusun RUED. RUED sendiri adalah kebijakan dari pemerintah daerah provinsi serta kabupaten/kota. Rencana ini disetujui oleh DPRD dan akan pemerintah daerah tetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda). Idealnya, rencana tersebut juga sekaligus menjadi dasar perencanaan sektor energi seperti migas dan kelistrikan.

Melansir dari laman kementerian koordinator bidang perekonomian Republik Indonesia, pada 16 Juni 2023, pemerintah sudah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2023 mengenai Konservasi Energi. Peraturan tersebut mengatur penggunaan energi dengan rasional, hemat, dan bijaksana untuk bisa memenuhi kebutuhan energi saat ini dan masa mendatang. Selain itu, peraturan ini juga harapannya bisa mengatur mekanisme implementasi konservasi energi di berbagai lingkup. 

Peraturan Presiden tentang Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan

Sumber: freepik

Spesifik mengenai percepatan pencapaian target bauran energi terbarukan dalam bauran energi nasional, Presiden Republik Indonesia telah menetapkan Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2022. Peraturan tersebut khusus mengatur penyusunan rencana usaha penyediaan listrik (RUPTL), roadmap percepatan untuk menyudahi masa operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), pelaksanaan pembelian tenaga listrik, dan dukungan pemerintah terhadap percepatan pengembangan energi terbarukan. Dengan penetapan perpres tersebut, harapannya emisi gas rumah kaca bisa perlahan menurun dan mampu meningkatkan investasi dalam bidang energi terbarukan. 

Baca juga: Pemanfaatan dan Manajemen Sumber Daya Alam di Indonesia

Secara garis besar, adanya payung hukum mengenai kebijakan energi terbarukan dapat membantu terlaksananya target pemanfaatan EBT. Dengan itu, energi yang sustain atau terbarukan, bersih, dan ramah lingkungan dapat segera tercapai. Selain itu, kini, tren dunia juga mulai bergeser ke penggunaan energi baru dan terbarukan dan potensinya masih sangat berlimpah. Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk Kawan Literasi semua! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kebijakan Energi Terbarukan dan Energi Baru di Indonesia

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]