1. Kuliah & Umum

Kebijakan Lingkungan Hijau Sebagai Langkah Menjaga Lingkungan

ilustrasi lingkungan hijau
Ilustrasi lingkungan hijau. Sumber foto: unsplash.com

Satu hal penting dalam keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, yaitu lingkungan hidup. Tanpa lingkungan hidup, semua makhluk hidup tidak dapat menjalankan kehidupan mereka dengan sempurna.  Namun, sekarang ini justru lingkungan hidup baik di luar maupun dalam Indonesia sama-sama menghadapi berbagai macam permasalahan ekosistem, seperti perubahan iklim, polusi, kekeringan hingga kualitas permukaan tanah yang menurun. 

Penyebabnya sebagian berasal dari perbuatan manusia, seperti eksploitasi ekosistem besar-besaran dalam rangka untuk meraup untung sebanyak-banyaknya. Salah satu yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan adalah dengan menerapkan kebijakan lingkungan hijau. Untuk lebih jelasnya mengenai lingkungan hijau, Sobat Literasi bisa baca artikel hingga selesai, ya!

Pengertian Kebijakan Lingkungan Hijau

Kebijakan lingkungan hijau merupakan suatu kebijakan yang mengedepankan prinsip  mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan hidup. Adapun kebijakan lingkungan hijau ini meliputi dalam beberapa aspek antara lain:

  • Pengelolaan sumber daya alam, seperti pengelolaan hutan, air, dan energi.
  • Melakukan pengawasan terkait dengan perizinan penggunaan kegiatan yang terkait dengan lingkungan. 
  • Pengendalian pencemaran, seperti pencemaran udara, air, dan tanah.
  • Pelestarian alam, seperti perlindungan keanekaragaman hayati (terutama hewan langka dan statusnya dilindungi oleh Pemerintah) dan kawasan konservasi (kebun binatang dan taman nasional).

Baca Juga: Pemanfaatan dan Manajemen Sumber Daya Alam di Indonesia

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Dasar Hukum Kebijakan Lingkungan Hijau

Sebenarnya untuk dasar hukum kebijakan lingkungan hijau ini juga menggunakan regulasi dan peraturan perundang-undangan tentang lingkungan yang berlaku di Indonesia. Berikut dasar hukum kebijakan lingkungan hijau di Indonesia:

  • Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (peraturan utama yang digunakan dan sebagai pedoman untuk mengatur regulasi dan hukum mengenai lingkungan).
  • Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014 Tentang Pengendalian Pencemaran Udara
  • Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga
  • Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  • Peraturan Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan (Kementerian LHK)  Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Daftar Usaha dan Kegiatan Yang Wajib Memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup, Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup Dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup.
  • Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK)  Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Pengelolaan Perhutanan Sosial Pada Kawasan Hutan.

Manfaat Kebijakan Lingkungan Hijau

Penerapan kebijakan lingkungan hijau justru bisa mendatangkan banyak manfaat baik untuk lingkungan kita maupun untuk makhluk hidup. Berikut manfaat dari kebijakan lingkungan hidup:

  • Lingkungan menjadi lebih sejuk.
  • Melindungi sumber daya alam, sehingga dapat menjamin ketersediaan sumber daya alam untuk generasi mendatang.
  • Kesejahteraan masyarakat meningkat (banyak peluang pekerjaan misal karena sawah yang asri bisa bekerja sebagai petani dan pembangunan merata)
  • Meningkatkan daya saing ekonomi, dengan menciptakan industri yang ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan sumber daya.
  • Terbebas dari segala penyakit yang bisa timbul akibat dari lingkungan seperti penyakit sistem pernafasan (akibat polusi)  dan penyakit kulit (terkontaminasi oleh air yang tidak bersih).
  • Memberikan kenyamanan dan ketenangan masyarakat untuk menjalankan kegiatan sehari-hari.
  • Meminimalisir adanya potensi bencana alam (banjir dan tanah longsor).

Baca Juga: Perubahan Iklim Global: Pengertian, Dampak & Penanggulangan

Upaya yang Pemerintah Lakukan Untuk Mendukung Kebijakan Lingkungan Hijau

  • Mengurangi sampah plastik dengan menerapkan kantong berbayar

Sejak tahun 2020, Indonesia mulai menerapkan bebas kantong plastik dengan membuat kebijakan kantong berbayar dan bahkan ada yang tidak menyediakan kantong plastik sama sekali. Hal ini agar masyarakat sadar terhadap dampak sampah plastik yang menumpuk dan diterapkan kantong berbayar, membuat masyarakat membawa tas belanja sendiri.

  • Mengadakan uji emisi untuk kendaraan

Jakarta menjadi salah satu kota yang menerapkan uji emisi kendaraan agar dapat melintasi kota Jakarta dengan bebas. Tujuan penerapan uji emisi seperti bisa memantau polusi udara Jakarta (mengendalikan emisi karbon dari kendaraan). Uji emisi di Jakarta memang masih mengundang pro dan kontra bagi pemilik kendaraan.

  • Membuat hujan buatan

Hujan buatan masih menjadi solusi saat Indonesia tidak kunjung turun hujan padahal seharusnya memasuki musim hujan. Alasannya agar hujan segera turun. Selain itu hujan buatan juga bisa untuk solusi meminimalisir pencemaran udara karena polusi.

  • Kegiatan mematikan listrik selama 1 jam

Biasanya diperingati sekitar akhir Maret (setiap tahun) selama 1 jam (20.30-21.30 sesuai dengan waktu masing-masing negara) dikenal dengan istilah Earth Hour. Kegiatan ini merupakan inisiatif oleh organisasi World Wide Fund for Nature (WWF) sejak tahun 2007 sebagai kampanye untuk peduli terhadap perubahan iklim dan kurangi karbondioksida yang sebagian berasal dari listrik yang kita gunakan. 

Baca Juga: Pencemaran Air

Kebijakan lingkungan hijau merupakan upaya penting untuk mewujudkan Indonesia yang berkelanjutan. Pemerintah perlu terus berupaya untuk memperkuat dan menyempurnakan kebijakan lingkungan hijau, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat dan lingkungan. Selain itu juga harus ada dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, kebijakan lingkungan hijau dapat menjadi solusi untuk mengatasi berbagai tantangan lingkungan hidup di Indonesia.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kebijakan Lingkungan Hijau Sebagai Langkah Menjaga Lingkungan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]