1. Kelas 7 IPS

Seluk-Beluk Kegiatan Ekonomi: Jenis, Faktor, & Sektornya

Kawan Literasi pasti pernah berbelanja, bukan? Mulai dari baju, makanan, ataupun barang keperluan lainnya. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi yang dinamakan konsumsi. Selain kegiatan konsumsi, kegiatan ekonomi juga mencakup kegiatan produksi dan distribusi. Apa saja sektor serta faktor yang mempengaruhi kegiatan tersebut? Simak artikel Studio Literasi kali ini hingga selesai, ya!

Jenis Kegiatan Ekonomi

Melansir dari kumparan.com, menurut Rahayu (2019) pada buku Pelaku Kegiatan Ekonomi, kegiatan ekonomi pokok mencakup kegiatan konsumsi, distribusi, dan produksi. 

1. Produksi

Sumber: indonesiapublishers

Kegiatan produksi adalah kegiatan yang menghasilkan suatu barang atau jasa. Kegiatan ini dilaksanakan oleh produsen untuk menghasilkan barang atau jasa yang diperlukan oleh konsumen. Selain itu, melalui kegiatan produksi, produsen juga mendapatkan margin atau keuntungan dari produksi hasil barang atau jasa tersebut. 

Contoh kegiatan produksi adalah sebagai berikut: 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Petani menanam padi untuk menghasilkan beras 
  • Penulis membuat buku-buku 
  • Kantor layanan publik memberikan jasa pelayanan terhadap masyarakat 
  • Bank melayani keperluan keuangan nasabah.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi jalannya kegiatan produksi, diantaranya: 

  • Sumber Daya Manusia 

Sumber daya manusia atau tenaga kerja menjadi pelaku produksi barang atau jasa. Bergantung dari sektor produksinya, sumber daya manusia terbagi menjadi tiga dilihat dari kualitasnya, yaitu skilled labour, trained labour, dan unskilled and untrained labour. 

Skilled labour adalah tenaga kerja terdidik, yang memperoleh keahlian tertentu dari pendidikan yang ditempuhnya. Trained labour mendapat keahliannya dari latihan atau training yang didapat saat bekerja. Sementara itu, unskilled and untrained labour adalah tenaga kerja yang memanfaatkan kemampuan fisik dalam pekerjaannya. 

  • Sumber Daya Alam

Sumber daya alam menjadi salah satu faktor penting dalam kegiatan produksi, sebab kegiatan produksi merupakan pengolahan bahan mentah yang didapat dari alam. Mulai dari air, tumbuhan atau hewan, ataupun hasil tambang, tergantung dari sektor produksi yang membutuhkannya. 

  • Modal 

Untuk menjalankan suatu produksi, akan selalu dibutuhkan modal. Modal ini terbagi menjadi dua jenis dilihat dari kegunaannya, yaitu modal lancar dan modal tetap. Modal tetap berupa barang yang dipakai dalam berkali-kali produksi, seperti mesin, tanah, gedung, dan sebagainya. Sedangkan modal lancar habis dipakai dalam satu kali proses produksi, seperti bahan baku atau bahan bakar. 

Baca juga: Yuk, Kenali Batas-Batas Wilayah Indonesia, Lengkap!

2. Distribusi

Sumber: gramedia

Sebelum sampai ke tangan konsumen, barang atau jasa yang dihasilkan produsen terlebih dulu disalurkan melalui distributor. Kegiatan penyaluran barang hasil produksi ke pihak konsumen dinamakan distribusi. Tanpa proses distribusi, produk yang dihasilkan produsen tidak dapat tersebar luas kepada konsumen, sehingga kegiatan ekonomi ini sangat penting. Kegiatan utama distributor adalah membeli barang dari pihak produsen untuk dijual kepada konsumen. 

Terdapat tiga jenis distributor, yaitu distributor grosir (pedagang besar), distributor retail (pedagang kecil), dan agen tunggal. Distributor grosir membeli dan menjual kembali barang dalam skala besar Distributor retail, membeli barang dari distributor grosir untuk dijual ke pihak konsumen. Sedangkan, agen tunggal adalah satu-satunya distributor untuk satu brand tertentu. Namun, dengan perkembangan teknologi, saat ini barang dapat dengan mudah dijual melalui marketplace ataupun sosial media.

3. Konsumsi

Sumber: money kompas

Kegiatan konsumsi merupakan pemakaian hasil produksi dari produsen. Pelakunya disebut sebagai pembeli atau konsumen. Kegiatan konsumsi sangat signifikan untuk mendukung aktivitas produksi, penyesuaian besaran upah minimum pekerja, dan sebagai awal serta ujung kegiatan ekonomi. Bentuk kegiatan konsumsi sangat beragam, yaitu: 

  • Pembelian pulsa atau barang melalui e-commerce 
  • Ibu rumah tangga berbelanja sayuran di pasar 
  • Nasabah membeli produk keuangan di bank 

Kegiatan konsumen satu dengan yang lainnya pasti berbeda, karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya sebagai berikut: 

  • Pendapatan 

Pendapatan merupakan hasil kerja yang dihasilkan dari kegiatan bekerja, atau sumber-sumber yang lain. Umumnya pendapatan berupa gaji atau upah, namun bisa juga didapat dari laba usaha, ataupun hasil sewa properti (rumah yang dikontrakkan atau disewakan). Setiap orang memiliki pendapatan yang berbeda, sehingga kegiatan konsumsi yang dilakukan juga akan berbeda, menyesuaikan kebutuhan.

  • Harga Barang atau Jasa

Dalam membeli atau mengkonsumsi sesuatu, harga menjadi salah satu faktor utama yang menjadi pertimbangan bagi sebagian orang. Faktor harga juga menentukan target pasar untuk suatu hasil produksi. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan atau daya beli seseorang, dilihat dari range pendapatan yang dimiliki. 

  • Kebiasaan

Lifestyle atau kebiasaan hidup seseorang juga akan mempengaruhi kegiatan konsumsinya. Seseorang yang terbiasa berhemat akan tidak terlalu berlebihan melakukan konsumsi, atau menyesuaikan untuk kebutuhannya saja. Sebaliknya, kebiasaan hidup yang boros akan cenderung membuat seseorang sangat konsumtif. Lifestyle ini bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, pola didikan, ataupun kebutuhan hidupnya. 

  • Selera atau Preferensi 

Preferensi seseorang juga menentukan kegiatan konsumsi yang dilakukan. Selera yang berbeda ini juga dipengaruhi oleh faktor psikologis. Misalnya, seseorang yang tertarik dengan dunia olahraga akan cenderung mengalokasikan pengeluarannya untuk keperluan olahraga atau bahkan menghire personal trainer. Sedangkan, seseorang yang memiliki ketertarikan terhadap buku, akan berusaha untuk mencari atau membeli buku-buku baru yang menarik. 

  • Ada atau Tidaknya Barang Pengganti

Ketika suatu barang mengalami kenaikan harga, tidak jarang seseorang akan menggantinya dengan opsi yang lain. Seseorang akan cenderung melakukan konsumsi barang yang lebih murah yang dapat menjadi substitusi barang tersebut. 

Baca juga: Menyelami Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sektor Kegiatan Ekonomi 

1. Primer

Sumber: igj

Sektor ini mencakup kegiatan utama dalam kegiatan ekonomi, yaitu produksi bahan mentah, diantaranya pertanian, perkebunan, kehutanan, pertambangan, penggembalaan, dan lain sebagainya. 

2. Sekunder

Sumber: cnnindonesia

Pada sektor sekunder, kegiatannya meliputi produksi atau pengolahan barang mentah menjadi barang jadi. Sektor ini meliputi manufaktur, industri kimia dan farmasi, tekstil, konstruksi, otomotif, peleburan logam, dan lain-lain.

3. Tersier 

Sumber: vostore

Sektor ini merupakan jasa yang kegiatan ekonominya mencakup penjualan hasil produksi dari sektor sekunder, dan penyediaan jasa komersialisasi untuk sektor lainnya. Misalnya, distributor grosir dan retail, ekspedisi atau pengiriman, restoran, jasa marketing, dan lain sebagainya. 

4. Kuarter

Sumber: istock

Sektor kuarter ini berhubungan erat dengan sektor tersier, namun biasanya membutuhkan suatu skill intelektual tertentu yang memerlukan inovasi teknologi. Contohnya diantaranya adalah pendidikan, riset atau penelitian, budaya, perpustakaan, serta teknologi informasi. 

5. Kuiner

Sumber: medcom

Yang terakhir, ada sektor kegiatan ekonomi kuiner. Sektor ini menempati puncak kegiatan ekonomi, karena pelakunya terdiri dari eksekutif dan profesional, seperti universitas, pemerintahan, sains, dan kesehatan. 

Baca juga: Sejarah Perang Dunia 1: Penyebab, Kronologi & Dampaknya

Nah, itu dia Kawan Literasi, pembahasan mengenai kegiatan ekonomi, mulai dari kegiatan produksi, distribusi, hingga konsumsi. Apakah kamu sudah lebih paham materi kali ini? Simak artikel Studio Literasi lainnya untuk menambah ilmu kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Seluk-Beluk Kegiatan Ekonomi: Jenis, Faktor, & Sektornya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]