Muhammad Akmal Hanafi Berbagi wawasan dengan tulisan

Kegiatan Ekonomi

2 min read

kegiatan ekonomi
Macam-Macam Kegiatan Ekonomi, Foto Oleh Jagadedukasi blogspot com

Mungkin jika kita berbicara tentang ekonomi, sudah banyak teman-teman yang tahu apa arti dari kata tersebut. Iya, ekonomi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari seluruh aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi. Lalu, bagaimana dengan pengertian kegiatan ekonomi?

Hampir sama seperti pengertian ekonomi, kegiatan ekonomi adalah aktivitas manusia yang berkaitan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Ke-3 kegiatan ekonomi seperti di atas dapat terjadi karena sebagian besar manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya secara pribadi, mereka tetap membutuhkan orang lain agar bisa memenuhi kebutuhan mereka. 

Tapi, setiap orang maupun kelompok juga memiliki fungsi masing-masing yang sudah pasti berbeda. Kombinasi antara fungsi dan kebutuhan manusia yang beragam inilah menjadi pendorong mereka untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Kita ambil contoh orang-orang yang tinggal di pesisir pantai, mungkin mereka dapat memproduksi berkilo-kilo ikan laut segar dan garam setiap harinya. 

Tapi, apa iya mereka harus mengkonsumsi ikan dan garam terus menerus setiap harinya?

Tentu saja mereka juga membutuhkan beras, rempah-rempah, dan sayur-sayuran yang dapat diproduksi oleh orang-orang yang tinggal di pegunungan. 

Begitu juga orang-orang di pegunungan yang membutuhkan garam dan ikan laut yang diproduksi oleh orang-orang pesisir pantai agar makanan yang dibuat tidak terasa hambar karena ada garam.

Nah, setelah melihat studi kasus di atas, apa teman-teman sudah mengerti bagaimana pentingnya kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia? Mungkin secara garis besar sudah.

Namun, agar pemahaman teman-teman tentang kegiatan ekonomi lebih mendetail, kali ini studioliterasi akan membahas tentang 3 jenis kegiatan ekonomi satu per satu. Bagi kalian yang penasaran, langsung simak penjelasan di bawah ini, ya!

Kegiatan Produksi

kegiatan ekonomi
Kegiatan Produksi, Foto Oleh Salamadian com

Kegiatan produksi merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memproduksi dan menambah nilai jual suatu barang atau jasa yang hendak dijual kepada masyarakat luas.

Kalian dapat mengambil contoh kegiatan ekonomi dari perusahaan Apple atau Samsung yang selalu berusaha mengembangkan dan memproduksi smartphone dengan teknologi semakin canggih di setiap peluncuran produknya. 

Atau seperti Microsoft yang terus berusaha mengembangkan dan memproduksi software untuk perangkat PC dan Laptop agar kebutuhan penggunanya semakin terpenuhi.

Berbeda dengan Iphone, Samsung, dan Microsoft yang memproduksi sebuah barang, Google merupakan salah satu platform yang didirikan untuk memproduksi berbagai macam jasa, mulai dari jasa pencarian hingga jasa pengiklanan.

Sesuai dengan pengertian dari kegiatan produksi, baik Iphone, Samsung, Microsoft, dan Google sama-sama disebut sebagai sebuah produsen karena mereka sama-sama memproduksi sesuatu.

Kegiatan Distribusi

kegiatan ekonomi
Kegiatan Distribusi, Foto Oleh Gurupendidikan co id

Kegiatan distribusi merupakan kegiatan mengantarkan barang atau jasa yang diproduksi oleh seorang produsen kepada orang-orang yang akan membelinya. 

Contohnya seperti beras, rempah-rempah, sayur-sayuran dan buah-buahan harus dibawa ke daerah pesisir agar dapat nikmati juga oleh orang-orang di sana. 

Begitu juga dengan ikan laut dan garam yang juga harus dibawa ke daerah pegunungan agar tidak hanya dapat dinikmati oleh orang-orang pesisir.

Di sinilah peran distributor dibuthkan. Distributor adalah seseorang yang bertugas untuk membantu produsen menjual produk mereka dan membantu pembeli dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Contoh kegiatan ekonomi yang satu ini dapat disaksikan secara langsung di sebuah toko atau pasar. 

Pada saat sedang berbelanja di sebuah toko atau pasar, mungkin teman-teman sering kali menyaksikan para distributor yang menaruh sebuah produk dalam jumlah banyak.

Yap, mereka semua itu adalah distributor penyalur produk dari produsen kepada orang-orang yang membutuhkan produk tersebut.

Kegiatan Konsumsi

kegiatan ekonomi
Kegiatan Konsumsi, Foto Oleh Gurupendidikan co id

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang produksi secara langsung maupun berangsur-angsur sesuai kebutuhan masing-masing orang.

Orang yang menerima dan menggunakan barang hasil produksi secara langsung maupun melalui distributor, lalu membuat nilai dan fungsi ekonomi barang menjadi berkurang disebut sebagai seorang konsumen.

Fungsi dari kegiatan konsumsi sendiri adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan rohani maupun jasmani setiap orang yang melakukan kegiatan ini dengan cara mengurangi nilai dan fungsi ekonomi suatu barang.

Apa sih maksud dari fungsi dan nilai ekonomi yang menurun dari sebuah benda? Teman-teman dapat mengambil contoh kegiatan ekonomi yang satu ini pada saat kalian membeli sebuah smartphone.

Setelah teman-teman membeli dan menggunakannya, tanpa sadar kalian sedang melakukan kegiatan konsumsi.

Iya, tanpa sadar saat teman-teman menggunakan smartphone untuk bermain games, sosial media, dan memenuhi kebutuhan teman-teman yang lain, performa smartphone yang teman-teman beli akan berangsur-angsur lambat.

Begitu juga dengan body smartphone yang satu persatu mulai lecet akibat kita menyimpan dan membawanya kemana-mana sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Tentu saja hal itu akan mengurangi nilai ekonomi dari smartphone yang dulu kita beli.

Oke, sekian dulu penjelasan tentang kegiatan ekonomi dari studioliterasi, kira-kira materi apa lagi yang ingin dibahas bersama-sama? Langsung saja komen di bawah, ya!

Baca juga: Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Last Updated on Januari 7, 2021

Avatar
Muhammad Akmal Hanafi Berbagi wawasan dengan tulisan

Ekonomi Syariah

Tika Chandra Irawati Tika Chandra Irawati
2 min read

Pasar Oligopoli

Avatar Ayu Eviana
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top