1. Seni Budaya

Kerajinan Bahan Lunak: Pengertian, Jenis, dan Contoh Produk

Halo! Balik lagi nih bareng Studio Literasi. Kali ini kita akan membahas tentang kerajinan. Kerajinan sendiri terdiri dari dua dimensi dan tiga dimensi. Lalu apa yang dimaksud dengan kerajinan bahan lunak? Langsung kita simak yuk penjelasan tentang pengertian, contoh dan produk kerajinan bahan lunak.

Pengertian Kerajinan Bahan Lunak

Seperti namanya, kerajinan bahan lunak adalah suatu kerajinan atau karya yang terbuat dari bahan-bahan dasar yang lunak seperti tanah, lilin, sabun, dan lain sebagainya.

Jenis kerajinan ini dapat berbentuk dua dimensi dan tiga dimensi. Kerajinan dua dimensi hanya dapat dilihat dari satu arah dan biasanya tidak memiliki volume, sedangkan kerajinan tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai macam arah dan memiliki volume.

Kerajinan jenis ini dapat dibagi dua bagian yaitu kerajinan bahan lunak buatan dan alami.

Kerajinan Bahan Lunak Buatan

Kerajinan bahan lunak buatan adalah bahan yang harus melalui beberapa tahap proses pembuatan untuk membuatnya menjadi lunak.

Bahan lunak buatan cenderung lebih mahal daripada bahan lunak alami. Berikut merupakan contoh-contohnya.

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 4 April 2024 at 2:05 am

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks The post Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 3 April 2024 at 1:39 am

    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia The post Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia! appeared first on Sma Studioliterasi.

Kerajinan Bahan Lunak Buatan dari Lilin

Kerajinan bahan lunak dari Lilin
Kerajinan bahan lunak dari Lilin

Kerajinan bahan lunak dari lilin adalah sebuah produk kerajinan yang berdasar dari bahan lilin. Pembuatan kerajinan berbahan dasar lilin ini sangatlah sederhana dan mudah. Kerajinan lilin ini dapat dibuat oleh semua orang.

Cukup mudah untuk membuat kerajinan lilin ini, hanya dengan mencairkan lilin dan memanaskannya diatas api ataupun kompor. Setelah lilin mencair, kita tinggal mengukir atau bisa juga membentuknya menggunakan tempat cetak yang kita inginkan.

Kerajinan Bahan Lunak dari Gips

Kerajinanan bahan lunak dari Gips
Kerajinanan bahan lunak dari Gips

Kerajinan Gips merupakan sebuah kerajinan yang berbahan baku gips. Bahan baku gips yaitu mineral yang tidak larut dalam air dalam jangka waktu yang lama (jika telah menjadi padat).

Bahan Gips ini mengandung zat Hidrat Kalsium Sulfat dan beberapa mineral seperti Karbon, Borat, Nitrat, Sulfat, dan lain sebagainya. Ketika kita membuat Gips kita harus mencairkan dan membuat modelnya terlebih dahulu.

Secara umum, proses membuat produk gips membutuhkan sebuah cetakan. Nama cetakan tersebut adalah Silicone Rubber. Namun bahan yang paling mudah dicari adalah plastisin atau liat.

Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun

Kerajinan bahan lunak dari Sabun
Kerajinan bahan lunak dari Sabun

Kerajinan bahan lunak dari sabun merupakan sebuah kerajinan yang terbuat dari sabun batangan. Hasil karya dari kerajinan ini terbilang unik.

Ada dua cara untuk membuat karya kerajinan dari sabun, yaitu:


1. Mengukir sabun membentuk ukiran binatang, buah atau flora.
2. Memarut sabun menjadi serbuk-serbuk kecil, lalu mencampurnya dengan sedikit sagu dan air. Campuran ini kemudian akan membentuk adonan baru. Jika sudah tercampur, bentuklah seperti membuat bentuk dari plastisin.

Kerajinan Bahan Lunak dari Polymer Clay

Kerajinan dari Polymer Clay
Kerajinan dari Polymer Clay

Kerajinan Polymer Clay merupakan kerajinan dari tanah liat yang bisa mengeras. Polymer Clay juga mengandung bahan dasar PVC (Polymer Polyvinyl Chloride).

PVC memiliki sifat yang sama dengan tahan liat, salah satunya adalah mudah untuk dibentuk.

Selain itu, polymer clay juga memiliki banyak warna yang bisa menghasilkan suatu kerajinan yang indah dan bagus. Tetapi, Polymer Clay ini akan mengeras apabila dipanaskan.

Kerajinan Bahan Lunak Alami

Bahan alami yang dipakai pada jenis kerajinan ini merupakan bahan yang didapat dari alam.

Selain itu, proses pengolahannya juga masih menggunakan cara yang alami. Bahan lunak alami sangatlah mudah didapat dan biayanya lebih terjangkau. Berikut merupakan contoh-contohnya.

Kerajinan Berbahan Serat Alam

Kerajinan dari Serat Alam merupakan sebuah karya yang memakai serat alam sebagai bahan bakunya.

Jenis kerajinan ini dapat dibuat dengan teknik menganyam. Hasil dari kerajinan serat alam ini bisa dibuat menjadi benda ataupun barang yang bisa siap pakai seperti topi, baju, tas, dll.

Kerajinan ini memiliki nilai seni yang tinggi dan nilai jual yang mahal.

Kerajinan dari Tanah Liat

Tanah liat merupakan bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam jenis kerajinan.

Pembentukan tanah liat sendiri bisa terjadi akibat proses pelapukan pada kerak bumi. Tanah liat memiliki sifat yang sangat sulit untuk menyerap air, karena itulah teksturnya lengket (jika basah) dan bisa jadi sangat kuat apabila menyatu dengan tanah lainnya.

Contoh produk kerajinan dari tanah liat yaitu:
– Vas bunga
– Genteng
– Guci
– Piring
– Cobek, dll.

Kerajinan bahan lunak dari Kulit

Kerajinan dari kulit merupakan sebuah kerajinan berbahan baku kulit yang sudah di samak, baik itu kulit mentah maupun kulit sintetis.

Kerajinan kulit ini diproses memakai teknik ukir dan jahit. Bahkan kulit yang biasanya dipakai untuk membuat kerajinan adalah kulit hewan seperti sapi, buaya, kambing, atau kerbau.

Jenis kerajinan dari kulit memiliki nilai jual yang cukup mahal karena pembuatannya yang memakan waktu lama dan bahannya yang terbatas.
Contoh produk kerajinan lunak dari kulit yaitu:
– Tas
– Jaket
– Dompet
– Wayang
– Sepatu, dll.

Baca Juga: Kerajinan Bahan Keras

Macam-Macam Teknik Membuat Kerajinan Bahan Lunak 

Mengukir

Teknik membuat kerajinan ini dilakukan dengan cara menggores, memahat, dan menoreh pola atas permukaan benda yang telah diukir. Cara untuk mengukir bahan lunak:

  • Membuat rancangan
  • Mempersiapkan berbagai alat dan bahan
  • Mulai membuat benda sesuai rancangan
  • Tahap penyelesaian 

Menganyam

Teknik menganyam digunakan untuk membuat suatu karya atau kerajinan dengan teknik tertentu. Bahan-bahan yang digunakan untuk menganyam seperti:

  • Rotan
  • Bambu
  • Daun Lontar
  • Daun Pandan

Menenun

Teknik Menenun ini hampir sama dengan teknik menganyam namun yang membedakannya hanya pada alat yang dipergunakan. Pada teknik menenun ini menggunakan alat bantu yang disebut dengan langsing atau pakan.

Membentuk

Teknik membentuk ini digunakan untuk membuat sebuah karya kerajinan dari tanah liat. Teknik ini memiliki beberapa jenis yaitu :

  • Teknik Memutar
  • Teknik coil (Lilit Pilin)
  • Teknik Cetak

Wah banyak sekali ya macam-macamnya! Teknik yang digunakan pun juga beragam. Sekarang kalian tinggal pilih, nih, teknik dan kerajinan mana yang kira-kira sesuai dengan yang kalian inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selamat mencoba! Sampai jumpa di artikel studioliterasi berikutnya.

Baca artikel tentang pelajaran prakarya lainnya:

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kerajinan Bahan Lunak: Pengertian, Jenis, dan Contoh Produk

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]