1. Kuliah & Umum

Alasan Keterlibatan Masyarakat dalam Pembangunan Penting?

Salah satu tugas dari seorang pejabat, yakni memperhatikan pembangunan pada wilayah yang dipimpinnya. Pembangunan adalah suatu proses perubahan dan perbaikan  secara rutin dan berkala yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Pembangunan bisa  oleh berbagai macam pihak mulai dari pemerintah, swasta hingga melibatkan masyarakat itu sendiri. 

Melibatkan masyarakat juga penting karena supaya masyarakat bisa ketahui apa yang sedang dibutuhkan dan bisa mempermudah pejabat untuk mengetahui serta memastikan kalau pembangunan tersebut sesuai dengan masyarakat butuhkan. Untuk selengkapnya mengenai pembangunan ada pada artikel ini, ya!

Alasan harus melibatkan masyarakat dalam pembangunan?

Jika melibatkan masyarakat dalam pembangunan, maka justru banyak manfaat dan hal positif bagi kedua belah pihak yaitu, pihak yang melakukan pembangunan dan masyarakat.

Ilustrasi pembangunan kota. Sumber: Unsplash.com
Sumber: Unsplash.com
  • Meningkatkan keadilan dan pemerataan pembangunan. 

Dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam pembangunan bisa memastikan kalau pembangunan yang dilakukan adil dan merata sehingga tidak adanya unsur pembangunan hanya untuk pihak tertentu saja. Bagi pihak yang melakukan pembangunan akan merasa puas kalau sudah melaksanakan sesuai keinginan masyarakat, sedangkan bagi masyarakat merasakan adanya perhatian dari pihak lain yang peduli terhadap keadaan wilayahnya.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Adanya transparansi

Transparansi  dengan cara memberikan kesempatan masyarakat untuk memantau proses pembangunan. Hal ini tentu akan menciptakan adanya transparansi antara kedua pihak. Sehingga tidak ada hal yang terlewat dan tertutup oleh pihak tertentu.

  • Dapat memperkuat legitimasi kebijakan pembangunan serta kepercayaan kepada pejabat

Karena melibatkan masyarakat pada pembangunan, maka hal ini bisa mendorong masyarakat untuk lebih aktif dalam selama pembangunan. Salah satunya pada saat mengambil keputusan yang pastinya menguntungkan kedua pihak (sesuai dengan aspirasi masyarakat dan kesanggupan dari pejabat). Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pejabat juga ikut meningkat. Demikian dengan pejabat yang semakin semangat dan mendukung melakukan pembangunan tersebut.

  • Timbulnya rasa kepedulian pemerintah terhadap keadaan masyarakatnya

Saat Pemerintah melibatkan masyarakat dalam pembangunannya, otomatis Pemerintah juga ikut melihat secara langsung keadaan masyarakat. Setelah melakukan pembangunan tersebut, Pemerintah memiliki rasa kepedulian terkait dengan keadaan masyarakat langsung di lapangan. Sehingga bisa menjadi evaluasi Pemerintah dan mempermudah untuk membuat kebijakan dan menyusun program kerja selanjutnya. 

Baca Juga: Model Pembangunan Berkelanjutan: Arti, Ciri, dan Tujuannya

Bentuk keterlibatan masyarakat dalam pembangunan

  • Masyarakat berkesempatan untuk memberikan informasi dan masukan. 

Suatu pembangunan masyarakat tidak bisa berjalan bila tidak ada informasi dan masukan dari masyarakat. Karena jika tidak ada baik salah satu maupun kedua hal ini maka pembangunan tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Sehingga bisa menimbulkan rasa ketidakpuasan masyarakat terhadap pembangunan. Terlebih jika salah melakukan pembangunan atau justru merugikan masyarakat bisa menimbulkan masalah hukum.

  • Masyarakat partisipasi dalam pelaksanaan

Masyarakat bisa terlibat dalam pelaksanaan berupa, dengan tenaga (ikut membantu membangunnya) dan non-tenaga (menyediakan bahan, peralatan atau konsumsi untuk yang ikut mengerjakan pembangunan tersebut).

Partisipasi dalam perencanaan. Masyarakat dapat berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan, mulai dari tahap identifikasi masalah, penyusunan alternatif solusi, hingga pengambilan keputusan.

  • Masyarakat mengawasi proses pembangunan

Masyarakat mengawasi proses pembangunan dari awal hingga selesai, masyarakat juga ikut memastikan kalau pembangunan tersebut terlaksana sudah sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan berdasarkan fakta yang terjadi pada masyarakat.

Baca Juga: Peran Perempuan dalam Politik Saat ini dan Hambatannya

Usaha yang dilakukan Untuk Meningkatkan Keterlibatan Masyarakat dalam Pembangunan

  • Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengajak semua masyarakat iikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan Jawa Tengah

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengajak masyarakatnya untuk ikut terlibat dalam pembangunan Jawa Tengah sesuai dengan peran dan bidang yang mereka tekuni. Bersamaan dengan hal tersebut, Pemerintah Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh sudah membantu dalam pembangunan di Jawa Tengah  yang dianggap bisa menjadi contoh untuk masyarakat.

  • Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengajak masyarakat untuk menggunakan konsep pembangunan  konsep Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) 

Tujuannya sebagai panduan utama dalam mengembangkan destinasi wisata. Konsep ini melibatkan masyarakat sebagai “peran utama” dalam mengatur konsep pembangunan pariwisata. 

  • Pemerintah Kota Bandung Memperkuat Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan RKPD 2024

Untuk tahun 2024, Pemerintah Kota Bandung ingin lebih memperkuat partisipasi masyarakat dalam upaya penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), tujuannya agar masyarakat bisa menyalurkan aspirasinya, terutama untuk memajukan infrastruktur kota Bandung. Sehingga pembangunan di kota Bandung bisa merata dan mendukung daya saing Sumber daya manusia (SDM).

Studi Kasus Terkait Keterlibatan Pembangunan Masyarakat

Untuk penerapannya menggunakan contoh studi kasus dari Pulau Komodo, seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Pulau Komodo termasuk salah satu destinasi wisata populer bukan hanya Indonesia tapi sudah Dunia. Memang saat ini perkembangan pariwisata Pulau Komodo sangat pesat.

Namun, justru menimbulkan beberapa masalah, seperti rusaknya beberapa habitat dan lingkungan sekitar imbasnya terlalu banyak wisatawan dan hal ini menyebabkan ketidakseimbangan antara infrastruktur serta sumber daya dengan jumlah wisatawan.

Oleh karena itu untuk memperbaiki keadaan lingkungan, khususnya tempat habitat para hewan perlu adanya partisipasi masyarakat dengan berbagai cara, antara lain, bekerja sama memberikan edukasi pelestarian Pulau Komodo, pengurangan sampah serta zat–zat yang dapat membahayakan oleh dinas dan pengelola wisata Pulau Komodo.

Baca Juga: Kebijakan Energi Terbarukan dan Energi Baru di Indonesia

Kalau tidak adanya keterlibatan masyarakat dalam pembangunan, bukan tidak mungkin akan terjadi adanya kesenjangan antara pemerintah dengan masyarakat. Sudah sepatutnya, kalau ingin mengadakan suatu pembangunan pada suatu tempat melibatkan masyarakat sekitar agar pembangunan bisa sesuai dengan rencana. Oleh karena itu melibatkan masyarakat dalam pembangunan itu sangat penting.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Alasan Keterlibatan Masyarakat dalam Pembangunan Penting?

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]