1. Kuliah & Umum

Kewirausahaan Sosial Inovatif: Solusi untuk Masalah Sosial

aplikasi. sumber: unplash.com
aplikasi. sumber: unplash.com

Kewirausahaan sosial adalah kegiatan yang menggabungkan antara kewirausahaan dengan unsur sosial untuk menyelesaikan masalah sosial. Kewirausahaan sosial dapat menggunakan berbagai macam cara, termasuk inovasi produk atau layanan, pemberdayaan masyarakat, dan edukasi untuk melakukan hal-hal yang bersifat sosial. Salah satu tujuannya untuk menyediakan peluang pekerjaan untuk semua kalangan, termasuk kaum disabilitas.

Sedangkan kewirausahaan sosial inovatif adalah kewirausahaan yang menggunakan inovasi untuk menciptakan solusi yang bisa jalan keluar atas masalah sosial yang terjadi. Inovasi dapat berupa teknologi, model bisnis hingga pelatihan edukasi. Targetnya kebanyakan menyasar masyarakat yang memiliki bisnis UMKM. Untuk lebih jelas soal kewirausahaan sosial inovatif bisa Sobat Literasi baca melalui artikel ini!

Baca Juga: Perubahan Paradigma Sosial & Perubahan Sosial

Contoh Kewirausahaan Sosial Inovatif

Saat ini banyak contoh kewirausahaan sosial inovatif yang hampir sebagian kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari kita. Berikut contoh dari kewirausahaan sosial inovatif:

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aplikasi Transportasi Umum

Adanya aplikasi transportasi umum tidak hanya memudahkan masyarakat untuk memesan kendaraan yang nyaman saja. Namun juga membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang, misal korban PHK dari perusahan sebelumnya, tidak punya keahlian lain selain menyetir kendaraan hingga yang sekadar ingin mencari penghasilan sampingan saja.

  • Platform sewa rumah

Dengan adanya platform jual beli rumah atau sewa rumah, bisa membantu bagi masyarakat terutama yang belum mampu memiliki rumah sendiri untuk menyewa rumah sesuai dengan budget. Kelebihan dari platform sewa rumah kita bisa cari harga rumah yang sesuai dengan keuangan kita. Sehingga kita tetap bisa memiliki tempat tinggal walau hanya dengan sewa.

Selain itu contoh lainnya ada juga Airbnb yang merupakan aplikasi untuk sewa rumah kepada wisatawan yang lebih menyewa rumah daripada hotel saat liburan.

Baca Juga: Isu Keadilan Sosial: Mengapa Penting untuk Diperjuangkan?

  • Bank Sampah

Selain bisa mendapatkan tambahan uang berdasarkan jumlah berat sampah yang kita berikan. Bank Sampah juga bisa dikatakan sebagai salah satu contoh usaha yang terdapat unsur inovatif yakni terdapat adanya inovasi untuk mengurangi jumlah sampah yang bertumpuk pada penampungan sampah. Selain itu sampah yang mereka dapatkan bisa diolah menjadi barang yang memiliki nilai jual dan bermanfaat. Seperti tas, tempat pensil, dompet dan masih banyak lagi.

  • Pelatihan Online (Kursus Online)

Pelatihan online termasuk jenis usaha sosial inovatif karena dengan adanya pelatihan secara online yang bisa membantu orang untuk tetap bisa mengikuti pelatihan secara daring. Ada kelebihan lain dari pelatihan online. Selain mendapatkan banyak pengetahuan dan mengasah skill yang bisa sebagai modal untuk bekerja, kita juga ikuti dari manapun baik dari dalam maupun luar negeri sehingga semua orang dari kawasan manapun berkesempatan untuk melakukan pelatihan online. Misal walau pusat pelatihan online-nya di Jakarta, namun masyarakat dari daerah terpencil boleh untuk mengikutinya.

Manfaat Kewirausahaan Sosial Inovatif

Ternyata kewirausahaan sosial inovatif juga memiliki berbagai manfaat yang bisa berdampak positif dari segi ekonomi maupun sosial. Berikut manfaat kewirausahaan Sosial Inovatif.

  • Membantu perekonomian

Adanya kewirausahaan sosial inovatif juga bisa membantu perekonomian masyarakat Indonesia, karena terdapat inovasi tersebut dapat dijadikan berbagai macam usaha, sehingga memiliki banyak kesempatan untuk membuat usaha. Terlebih kalau usaha atau brand yang dijalankan bisa dijadikan sebagai solusi berkat inovasinya. Bukan hanya membantu pemilik usaha saja, namun membantu perekonomian karyawan yang bekerja.

  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas. 

Inovasi dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas solusi untuk masalah sosial. Misalnya, penggunaan teknologi baru dapat membantu mengurangi biaya dan mengatasi masalahnya. Teknologi baru yang dapat membantu mengurangi biaya atau meningkatkan jangkauan solusi.

  • Bisa jadi sarana untuk melakukan aktivitas kebaikan

Sebaiknya masih berkaitan dengan usaha kita misal kalau usahanya inovasi untuk mengurangi sampah. Bisa dengan melakukan edukasi mengenai sampah, mengadakan program membersihkan sampah hingga memperhatikan keadaan perekonomian tukang sampah.

Terlebih semakin beragam berbagai macam pelatihan online yang lagi populer antara lain kursus bahasa, graphic design, membuat kerajinan hingga menulis. Saat ini sudah banyak platform kursus online yang iklannya kerap muncul pada media sosial. Kursus online ini juga terdapat unsur dan inovasi sosialnya berupa pemberian beasiswa kursus gratis untuk yang berasal dari keluarga dengan ekonomi kebawah, walau ada syarat khusus. Seperti melampirkan dokumen khusus sebagai bukti.

Baca Juga: Perubahan Paradigma Sosial & Perubahan Sosial

  • Lahirnya tokoh yang inspiratif

Mengingat usahanya berkaitan dengan sosial inovatif yang merupakan solusi untuk mengatasi masalah sosial, pastinya para pendirinya juga kerap menceritakan inovasi dan hal-hal sosial lainnya. Apalagi kalau pemikirannya atau inovasinya out of the box, bisa membuat masyarakat terinspirasi untuk sadar terhadap sampah. Contohnya ada Pandawara Group yang merupakan social entrepreneurship yang sudah membuat jutaan masyarakat kagum, menjadikan mereka sebagai inspirasi terkait dengan lingkungan terhadap salah satu inovasi, yaitu selain membersihkan tempat juga membuat peringkat berdasarkan penilaian mereka yang paling terkotor.

Baca Juga: Inovasi Teknologi Digital, Dampak Serta Contohnya!

Kewirausahaan sosial inovatif terbukti bisa menjadi salah satu solusi dari masalah sosial. Contohnya sudah berapa banyak bentuknya yang kini menjadi solusi untuk melakukan suatu hal. Karena itu, inovasi semakin berkembang pesat, sehingga dengan semakin banyaknya orang yang berinovasi. Maka kewirausahaan sosial inovatif memiliki potensi untuk menjadi sumber kekuatan dalam hal mengatasi masalah sosial khususnya. Artikel lainnya bisa kamu akses melalui website resmi Studio Literasi!

 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kewirausahaan Sosial Inovatif: Solusi untuk Masalah Sosial

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]