1. Tak Berkategori

Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu

kitab weda hindu
Kitab Weda. Foto: hinduismtoday.com

Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah ini!

Sejarah Kitab Weda

Adapun menurut sejarah, turunnya Weda berkaitan dengan zaman Weda dalam fase perkembangan agama Hindu. Weda ini diturunkan oleh Ida Sang Hyang Widhi kepada Maha Sri dalam jangka waktu yang sangat panjang dan penyampaian ajarannya masih melalui mulut ke mulut.

Zaman Weda yang disebutkan sebelumnya dimulai ketika datangnya bangsa Arya yang berasal dari Austria, Hungaria, dan Babilonia ke India. Tepatnya di Lembah Sungai Indus. Akan tetapi, sebelum sampai ke India, mereka terpisah.

Kemudian bangsa Arya yang membawa kebudayaan Weda melanjutkan perjalanan ke arah India. Sementara kelompok lainnya berjalan menuju Iran dengan membawa kebudayaan Awesta.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Karena inilah maka tidak heran, terdapat sejumlah kemiripan sejumlah kata dalam Kitab Weda dan Kitab Awesta. Contohnya seperti di dalam Kitab Weda, terdapat kata Soma. Sedangkan di Kitab Awesta, ada kata Houma.

Baca juga: 5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Bentuk Kitab Weda

 

Berdasarkan, penerimaan wahyu, terdapat 4 bentuk kitab weda, antara lain:

1 . Smerti

Smerti adalah penyusunannya didasarkan secara sistematis. Isi kitab ini, yaitu memuat petunjuk-petunjuk tentang cara tepat dalam pengucapan mantra. Adapun, ajaran pada kitab ini umumnya sudah dikembangkan, sehingga isinya mengenai:

  • Wedangga yang berisi petunjuk-petunjuk tertentu untuk memahami Weda.
  • Upaweda, yaitu buku-buku yang menjadi pendukung dalam memahami Weda.
  • Nibandha memuat aturan tentang cara pemujaan terhadap Tuhan, filsafat agama, dan penggunaan mantra.

2. Sruti

Sruti adalah kitab yang diturunkan secara langsung oleh Tuhan melalui para penerima wahyu. Disebut sebagai kitab Weda yang sebenarnya yang  diterima melalui pendengaran dan turun sesuai periodenya. Periode tersebut terbagi menjadi empat penghimpunannya. Makanya, Weda Sruti disebut juga Catur Weda atau Catur Weda Samhita.

Masing-masing kitab tersebut memiliki kitab Brahman yang berisi penjelasan mempergunakan mantra dalam rangkaian upacara. Selain itu, Weda juga memiliki kitab Aranyaka yang memuat penjelasan terhadap bagian mantra dan kitab Upanisad yang mengandung ajaran filsafat.

Berikut keempat periode turunnya kitab diantaranya sebagai berikut:

  • Rig Weda atau Rig Samhita

Kitab catur Weda yang pertama adalah Rig Weda atau Rig Samhita. Kitab ini merupakan Weda tertua dalam agama Hindu. Berisi tentang nyanyi-nyanyian pujaan yang semuanya terdiri dari 10.552 mantra. Secara keseluruhan, Weda terbagi menjadi 10 bagian yang disebut mandala.

Mandala dua sampai delapan berisi uraian ajaran-ajaran Hindu tentang Sapta Rsi sebagai penerima Weda. Psi Pulaha merupakan penerima wahyu dari kitab ini.

  • Sama Weda Samhita

Berikutnya yaitu Sama Weda Samhita yang juga memuat kumpulan mantra. Kitab ini juga berisi ajaran-ajaran mengenai lagu-lagu pujaan dan 1875 mantra. Keseluruhan mantra tersebut dihimpun oleh Rsi Jaimini.

  • Yajur Weda Samhita

Kitab weda ini berisi mengenai mantra-mantra dan ajaran-ajaran pokok. Terdapat dua aliran dalam kitab Yajur Weda Samhita, yaitu Yajur Weda Putih dan Yajur Weda Hitam. Adapun wahyu yang diturunkan dalam Yajur Weda dihimpun oleh Rsi Waisampayana.

  • Atharwa Weda Samhita

Pada Atharwa Weda Samhita isinya juga kumpulan mantra. Namun, kitab ini mengandung ajaran magis. Terdiri dari 5.987 mantra yang isinya banyak berasal dari Rig Weda. Yakni doa-doa untuk kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti doa-doa memohon kesembuhan dan lain sebagainya. Wahyu penerima dari kitab Atharwa Weda Samhita, yaitu Rsi Sumantu.

Baca juga: Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia, Yuk Simak!

Nilai-nilai dalam Kitab Weda

Kitab Weda terbagi menjadi dua jenis, yakni Weda Sruti dan Weda Smerti. Weda Sruti mengandung wahyu, sedangkan Weda Smerti memuat penjelasan dari Weda Sruti. Pada Kitab Weda menyimpan nilai-nilai penting, antara lain:

  • Kemuliaan
  • Keharmonisan
  • Kebenaran
  • Kasih sayang
  • Sedekah
  • Menghindari judi
  • Kemurahan hati
  • Keindahan
  • Pengorbanan
  • Keikhlasan
  • Persatuan

Isi Kitab Weda

Adapun, pada isinya terdapat 4 isi kitab Weda, yakni:

  • Regweda: Merupakan kitab Weda yang tertua dan berisi pujian-pujian kepada dewa-dewi dengan menggunakan mantra-mantra.
  • Yajurweda: Berisi kumpulan mantra-mantra yang digunakan dalam ritual pengorbanan. 
  • Samaweda: Mengandung kumpulan lagu-lagu suci yang dinyanyikan dalam ritual pengorbanan.
  • Atharwaweda: Berisi mantra-mantra untuk berbagai keperluan, seperti pengobatan, perlindungan, dan ilmu sihir. 

Demikian penjelasan tentang kitab Weda, Tentu bagi Umat Hindu, ini menjadi salah satu pedoman dan petunjuk utama, untuk bertindak dan beribadah. Nah, bagi Umat agama lain, semoga artikel ini bisa menjadi menambah literasi seputar agama Hindu.

Baca juga: Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia, Yuk Simak!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]