1. Kelas 7 IPA
  2. Tak Berkategori

Mengenal Klasifikasi 5 Kingdom Menurut Whittaker [LENGKAP]

Halo sobat Stulit! Kali ini kita akan membahas salah satu materi pelajaran Biologi, yaitu sistem klasifikasi 5 kingdom menurut Whittaker. Sobat Stulit pasti tau dong kalau di dunia ini memiliki beragam jenis makhluk hidup? Salah satu ilmuwan tumbuhan ekologi bernama Robert Whittaker, melakukan penelitian di tahun 60an yang mengklasifikasikan bioma ke dalam 5 kelas.

Yaitu adalah kingdom animalia, kingdom plantae, kingdom fungi, kingdom monera dan kingdom protista. Whittaker mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan 2 faktor abiotik, yaitu suhu dan curah hujan. Buat yang udah gak sabar belajar sistem klasifikasi 5 kingdom, yuk langsung simak artikel berikut ini. 

Apa Itu Klasifikasi 5 Kingdom?

Tahun 1969, seorang ilmuwan bernama Robert H. Whittaker mengemukakan sistem klasifikasi 5 kingdom. Ia mengelompokkan makhluk hidup di dunia menjadi lima kelompok besar, yaitu Monera, Protista, Fungi, Animalia dan Plantae. Kelima kingdom tersebut diklasifikasikan berdasarkan karakteristik yang khas dari setiap organisme-organisme penyusunnya. Berikut ini adalah pembagian dari sistem klasifikasi 5 kingdom lengkap menurut Whittaker.

Klasifikasi 5 Kingdom Menurut Whittaker

1. Kingdom Animalia

Kingdom Animalia (sumber: Nahason Learning)
Kingdom Animalia (sumber: Nahason Learning)

Klasifikasi 5 kingdom yang pertama adalah kingdom animalia terbagi ke dalam dua jenis yaitu Invertebrata/Avertebrata (tidak bertulang belakang) dan Vertebrata (bertulang belakang). Hewan Avertebrata terbagi ke dalam 6 jenis, yaitu porifera, coelenterata, vermes (cacing), mollusca, antropoda, echinodermata. Sementara vertebrata terbagi ke dalam 5 kelas yaitu pisces (Ikan), amfibi (dapat hidup di darat dan air), reptil (hewan yang merayap), aves (unggas) dan mamalia (menyusui). 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

2. Kingdom Plantae

Kingdom Plantae (sumber: Belajar Asyik)
Kingdom Plantae (sumber: Belajar Asyik)

Kedua ada kelompok plantae, kelompok ini merupakan kelompok tumbuhan yang memiliki klorofil yang berfungsi sebagai proses fotosintesis. Berikut ini adalah ciri-ciri dari kingdom plantae:

  • Bersifat autotrof (dapat menghasilkan makanan sendiri dari hasil fotosintesis)
  • Memiliki dinding sel yang tersusun dari selulosa 
  • Jenis organisme eukariotik multiseluler
  • Mampu menyimpan cadangan makanan dalam bentuk amilum (pati)

Kelompok kingdom plantae terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Bryophyta (lumut), Pteridophyta (paku-pakuan) dan Spermatophyta (tumbuhan berbiji). Berdasarkan morfologi atau susunan tubuh, tumbuhan dapat dibedakan atas 2 jenis kelompok besar, yaitu:

1. Tumbuhan Tak Berpembuluh (Atracheophyta) yang Meliputi Bryophyta

Tumbuhan yang tidak berpembuluh adalah jenis tumbuhan yang tidak memiliki berkas pengangkut. Kelompok tumbuhan ini tidak dapat dibedakan antara akar batang dan daun seperti tumbuhan lumut yang sering kita jumpai di tempat-tempat yang basah dan lembab. Lumut memiliki struktur yang menyerupai akar yang disebut rizoid

2. Tumbuhan Berpembuluh (Tracheophyta) yang Meliputi Pteridophyta dan Spermatophyta 

Tumbuhan berpembuluh adalah jenis tumbuhan yang memiliki berkas pembuluh dan sudah dapat dibedakan antara akar batang dan daun. Tumbuhan berpembuluh dapat disebut juga sebagi tumbuhan berkormus. 

Tumbuhan berkormus terbagi menjadi 2 jenis, yaitu jenis kormofita berspora dan kormofita berbiji. Kormofita berbiji memiliki bunga dan biji, sedangkan kormofita berspora tidak memiliki bunga seperti misalnya tumbuhan paku. Ciri-ciri tumbuhan paku adalah memiliki daun muda yang menggulung. Jenis tumbuhan paku ada sporofil dan tropofil (tidak menghasilkan spora). 

Kemudian tumbuhan berbiji terbagi lagi ke dalam 2 jenis, yaitu tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae). Tumbuhan berbiji terbuka memiliki ciri sebgaai berikut:

  • Bijinya tidak dibungkus oleh daun buah 
  • Alat reproduksi berupa bangun kerucut (strobilus jantan & betina)
  • Batang besar & berkambium
  • Berakar tunggan dan serabut 
  • Daun selalu hijau, sempit, tebal dan kaku

Contoh jenis tumbuhan berbiji terbuka adalah Juniper, Dammar, Cemara, dan Pinus. 

Kemudian jenis tumbuhan berbiji tertutup terbagi menjadi 2, monokotil (berbiji tunggal) dan dikotil (berbiji banyak). Berikut ini adalah ciri-ciri dari tumbuhan monokotil:

  • Tulang daun sejajar
  • Sistem akar serabut
  • Berkas pengangkut tersebar

Sementara ciri-ciri tumbuhan dikotil adalah sebagai berikut:

  • Tulang daun menyirip
  • Sistem akar tunggang
  • Berkas pengangkut tersusun

3. Kingdom Fungi

Kingdom Fungi (sumber: BBC)
Kingdom Fungi (sumber: BBC)

Kingdom fungi atau jamur, merupakan kelompok makhluk hidup yang memperoleh makanan dengan cara menguraikan bahan organik makhluk hidup yang sudah mati. Simak ciri-ciri kingdom fungi berikut ini

  • Tidak memiliki klorofil
  • Berspora
  • Tidak mempunyai akar, batang dan daun 
  • Hidup di tempat lembab
  • Bersifat saprofit (mendapatkan nutrisi dari bahan organik yang sudah membusuk)
  • Merupakan parasit (organisme yang menghisap makanan dari organisme lain yang ditempelinya)

Tubuh jamur terdiri atas benang-benang halus yang disebut Hifa. Hifa ini saling bersambungan membentuk miselium. Pada umumnya, jamur berkembang biak dengan spora yang dihasilkan oleh sporanium. Contoh jenis kelompok fungi adalah jamur pada roti, jamur ragi tape, jamur pada tempe, jamur tiram putih, jamur kuping dan jamur kayu. 

4. Kingdom Monera

Kingdom Monera (sumber: GullAnMu)
Kingdom Monera (sumber: GullAnMu)

Monera merupakan jenis makhluk hidup paling sederhana yang ada di dunia. Saking sederhananya, kelompok kingdom monera hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop. Ciri-ciri dari kingdom monera adalah:

  • Selnya tidak memiliki membran inti (prokariotik) 
  • Hanya memiliki satu sel (unicellular)
  • Berkembang biak dengan membelah diri 

Contoh makhluk hidup dari kingdom monera adalah bakteri dan ganggang biru (algae). Seperti yang sobat Stulit ketahui, bakteri hidup di lingkungan sekitar kita. Ada jenis bakteri yang bermanfaat bagi manusia yaitu bakteri escherichia coli yang memiliki peran dalam membantu produksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makanan di usus besar. 

Sedangkan bakteri yang berbahaya bagi manusia adalah bakteri mycobacterium tuberculosis yang merupakan sumber dari penyakit TB. Kemudian ganggang biru juga terbagi ke dalam beberapa macam. Di antaranya adalah chroococcus, gloeocapsa, oscillatoria, tolypothrix, merismopedia dan gloeotrichia.

5. Kingdom Protista

Kingdom Protista (sumber: Gramedia)
Kingdom Protista (sumber: Gramedia)

Klasifikasi 5 kingdom yang terakhir ada kingdom protista. Perbedaan dari kingdom protista dan kingdom monera adalah terletak pada selnya. Kingdom protista telah memiliki membran inti atau yang disebut eukariotik. Berikut ini adalah ciri-ciri lainnya dari kingdom protista:

  • Ada yang bersel tunggal (unicelullar), dan ada yang bersel banyak (multicelullar)
  • Jenisnya dapat dilihat secara langsung dan atau dengan bantuan mikroskop
  • Beberapa jenisnya ada yang mirip tumbuhan (bisa berfotosintesis) dan mirip hewan

Kelompok kingdom protista yang mirip hewan disebut protozoa, beberapa jenis protozoa di antaranya adalah paramecium, entamoeba histolytica yang terletak di usus besar dan dapat menyebabkan penyakit diare, serta plasmodium malariae yang terdapat pada sel darah merah yang mengakibatkan penyakit malaria. 

Sementara kelompok protista yang menyerupai tumbuhan disebut alga. Ada alga merah (eucheuma spinosum), gracillaria sp, alga hijau (ulva sp) dan alga cokelat (fucus sp). 

Berikut tadi adalah penjelasan dari klasifikasi 5 kingdom menurut Whittaker. Sobat Stulit bisa banget, loh untuk belajar sistem klasifikasi 5 kingdom dengan meneliti makhluk hidup yang ada di sekitar rumah, supaya materi ini dapat kalian pahami sepenuhnya! Jangan lewatkan materi-materi mata pelajaran lainnya di laman Studio Literasi, ya. Selamat belajar!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Klasifikasi 5 Kingdom Menurut Whittaker [LENGKAP]

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]