1. Kelas 7 IPA
  2. Tak Berkategori

Mengenal Klasifikasi 5 Kingdom Menurut Whittaker [LENGKAP]

Halo sobat Stulit! Kali ini kita akan membahas salah satu materi pelajaran Biologi, yaitu sistem klasifikasi 5 kingdom menurut Whittaker. Sobat Stulit pasti tau dong kalau di dunia ini memiliki beragam jenis makhluk hidup? Salah satu ilmuwan tumbuhan ekologi bernama Robert Whittaker, melakukan penelitian di tahun 60an yang mengklasifikasikan bioma ke dalam 5 kelas.

Yaitu adalah kingdom animalia, kingdom plantae, kingdom fungi, kingdom monera dan kingdom protista. Whittaker mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan 2 faktor abiotik, yaitu suhu dan curah hujan. Buat yang udah gak sabar belajar sistem klasifikasi 5 kingdom, yuk langsung simak artikel berikut ini. 

Apa Itu Klasifikasi 5 Kingdom?

Tahun 1969, seorang ilmuwan bernama Robert H. Whittaker mengemukakan sistem klasifikasi 5 kingdom. Ia mengelompokkan makhluk hidup di dunia menjadi lima kelompok besar, yaitu Monera, Protista, Fungi, Animalia dan Plantae. Kelima kingdom tersebut diklasifikasikan berdasarkan karakteristik yang khas dari setiap organisme-organisme penyusunnya. Berikut ini adalah pembagian dari sistem klasifikasi 5 kingdom lengkap menurut Whittaker.

Klasifikasi 5 Kingdom Menurut Whittaker

1. Kingdom Animalia

Kingdom Animalia (sumber: Nahason Learning)
Kingdom Animalia (sumber: Nahason Learning)

Klasifikasi 5 kingdom yang pertama adalah kingdom animalia terbagi ke dalam dua jenis yaitu Invertebrata/Avertebrata (tidak bertulang belakang) dan Vertebrata (bertulang belakang). Hewan Avertebrata terbagi ke dalam 6 jenis, yaitu porifera, coelenterata, vermes (cacing), mollusca, antropoda, echinodermata. Sementara vertebrata terbagi ke dalam 5 kelas yaitu pisces (Ikan), amfibi (dapat hidup di darat dan air), reptil (hewan yang merayap), aves (unggas) dan mamalia (menyusui). 

Artikel Terkait

[feedzy-rss feeds='https://museumnusantara.com/feed/,https://sma.studioliterasi.com/feed/' max='4' multiple_meta='yes' template='default']
Baca Juga:   Proses Terjadinya Hujan Asam, Penyebab, & Dampaknya

2. Kingdom Plantae

Kingdom Plantae (sumber: Belajar Asyik)
Kingdom Plantae (sumber: Belajar Asyik)

Kedua ada kelompok plantae, kelompok ini merupakan kelompok tumbuhan yang memiliki klorofil yang berfungsi sebagai proses fotosintesis. Berikut ini adalah ciri-ciri dari kingdom plantae:

  • Bersifat autotrof (dapat menghasilkan makanan sendiri dari hasil fotosintesis)
  • Memiliki dinding sel yang tersusun dari selulosa 
  • Jenis organisme eukariotik multiseluler
  • Mampu menyimpan cadangan makanan dalam bentuk amilum (pati)

Kelompok kingdom plantae terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Bryophyta (lumut), Pteridophyta (paku-pakuan) dan Spermatophyta (tumbuhan berbiji). Berdasarkan morfologi atau susunan tubuh, tumbuhan dapat dibedakan atas 2 jenis kelompok besar, yaitu:

1. Tumbuhan Tak Berpembuluh (Atracheophyta) yang Meliputi Bryophyta

Tumbuhan yang tidak berpembuluh adalah jenis tumbuhan yang tidak memiliki berkas pengangkut. Kelompok tumbuhan ini tidak dapat dibedakan antara akar batang dan daun seperti tumbuhan lumut yang sering kita jumpai di tempat-tempat yang basah dan lembab. Lumut memiliki struktur yang menyerupai akar yang disebut rizoid

2. Tumbuhan Berpembuluh (Tracheophyta) yang Meliputi Pteridophyta dan Spermatophyta 

Tumbuhan berpembuluh adalah jenis tumbuhan yang memiliki berkas pembuluh dan sudah dapat dibedakan antara akar batang dan daun. Tumbuhan berpembuluh dapat disebut juga sebagi tumbuhan berkormus. 

Tumbuhan berkormus terbagi menjadi 2 jenis, yaitu jenis kormofita berspora dan kormofita berbiji. Kormofita berbiji memiliki bunga dan biji, sedangkan kormofita berspora tidak memiliki bunga seperti misalnya tumbuhan paku. Ciri-ciri tumbuhan paku adalah memiliki daun muda yang menggulung. Jenis tumbuhan paku ada sporofil dan tropofil (tidak menghasilkan spora). 

Kemudian tumbuhan berbiji terbagi lagi ke dalam 2 jenis, yaitu tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae). Tumbuhan berbiji terbuka memiliki ciri sebgaai berikut:

  • Bijinya tidak dibungkus oleh daun buah 
  • Alat reproduksi berupa bangun kerucut (strobilus jantan & betina)
  • Batang besar & berkambium
  • Berakar tunggan dan serabut 
  • Daun selalu hijau, sempit, tebal dan kaku
Baca Juga:   Apa itu Empati, Ciri-ciri, Cara Membangun, dan Contohnya

Contoh jenis tumbuhan berbiji terbuka adalah Juniper, Dammar, Cemara, dan Pinus. 

Kemudian jenis tumbuhan berbiji tertutup terbagi menjadi 2, monokotil (berbiji tunggal) dan dikotil (berbiji banyak). Berikut ini adalah ciri-ciri dari tumbuhan monokotil:

  • Tulang daun sejajar
  • Sistem akar serabut
  • Berkas pengangkut tersebar

Sementara ciri-ciri tumbuhan dikotil adalah sebagai berikut:

  • Tulang daun menyirip
  • Sistem akar tunggang
  • Berkas pengangkut tersusun

3. Kingdom Fungi

Kingdom Fungi (sumber: BBC)
Kingdom Fungi (sumber: BBC)

Kingdom fungi atau jamur, merupakan kelompok makhluk hidup yang memperoleh makanan dengan cara menguraikan bahan organik makhluk hidup yang sudah mati. Simak ciri-ciri kingdom fungi berikut ini

  • Tidak memiliki klorofil
  • Berspora
  • Tidak mempunyai akar, batang dan daun 
  • Hidup di tempat lembab
  • Bersifat saprofit (mendapatkan nutrisi dari bahan organik yang sudah membusuk)
  • Merupakan parasit (organisme yang menghisap makanan dari organisme lain yang ditempelinya)

Tubuh jamur terdiri atas benang-benang halus yang disebut Hifa. Hifa ini saling bersambungan membentuk miselium. Pada umumnya, jamur berkembang biak dengan spora yang dihasilkan oleh sporanium. Contoh jenis kelompok fungi adalah jamur pada roti, jamur ragi tape, jamur pada tempe, jamur tiram putih, jamur kuping dan jamur kayu. 

4. Kingdom Monera

Kingdom Monera (sumber: GullAnMu)
Kingdom Monera (sumber: GullAnMu)

Monera merupakan jenis makhluk hidup paling sederhana yang ada di dunia. Saking sederhananya, kelompok kingdom monera hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop. Ciri-ciri dari kingdom monera adalah:

  • Selnya tidak memiliki membran inti (prokariotik) 
  • Hanya memiliki satu sel (unicellular)
  • Berkembang biak dengan membelah diri 

Contoh makhluk hidup dari kingdom monera adalah bakteri dan ganggang biru (algae). Seperti yang sobat Stulit ketahui, bakteri hidup di lingkungan sekitar kita. Ada jenis bakteri yang bermanfaat bagi manusia yaitu bakteri escherichia coli yang memiliki peran dalam membantu produksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makanan di usus besar. 

Baca Juga:   Pencemaran Udara

Sedangkan bakteri yang berbahaya bagi manusia adalah bakteri mycobacterium tuberculosis yang merupakan sumber dari penyakit TB. Kemudian ganggang biru juga terbagi ke dalam beberapa macam. Di antaranya adalah chroococcus, gloeocapsa, oscillatoria, tolypothrix, merismopedia dan gloeotrichia.

5. Kingdom Protista

Kingdom Protista (sumber: Gramedia)
Kingdom Protista (sumber: Gramedia)

Klasifikasi 5 kingdom yang terakhir ada kingdom protista. Perbedaan dari kingdom protista dan kingdom monera adalah terletak pada selnya. Kingdom protista telah memiliki membran inti atau yang disebut eukariotik. Berikut ini adalah ciri-ciri lainnya dari kingdom protista:

  • Ada yang bersel tunggal (unicelullar), dan ada yang bersel banyak (multicelullar)
  • Jenisnya dapat dilihat secara langsung dan atau dengan bantuan mikroskop
  • Beberapa jenisnya ada yang mirip tumbuhan (bisa berfotosintesis) dan mirip hewan

Kelompok kingdom protista yang mirip hewan disebut protozoa, beberapa jenis protozoa di antaranya adalah paramecium, entamoeba histolytica yang terletak di usus besar dan dapat menyebabkan penyakit diare, serta plasmodium malariae yang terdapat pada sel darah merah yang mengakibatkan penyakit malaria. 

Sementara kelompok protista yang menyerupai tumbuhan disebut alga. Ada alga merah (eucheuma spinosum), gracillaria sp, alga hijau (ulva sp) dan alga cokelat (fucus sp). 

Berikut tadi adalah penjelasan dari klasifikasi 5 kingdom menurut Whittaker. Sobat Stulit bisa banget, loh untuk belajar sistem klasifikasi 5 kingdom dengan meneliti makhluk hidup yang ada di sekitar rumah, supaya materi ini dapat kalian pahami sepenuhnya! Jangan lewatkan materi-materi mata pelajaran lainnya di laman Studio Literasi, ya. Selamat belajar!

Tidak ada komentar
Komentar untuk: Mengenal Klasifikasi 5 Kingdom Menurut Whittaker [LENGKAP]

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Dalam melakukan pengukuran  fisika, kita terlebih dahulu harus paham mengenai konsep besaran dan satuan. Besaran sendiri berdasarkan satuannya terbagi menjadi besaran pokok dan besaran turunan. Pada pembahasan kali ini, Studio Literasi akan membahas besaran pokok. Mari kita simak artikel berikut! Besaran, Satuan, dan Dimensi dalam Fisika Sebelum memulai ke pembahasan mengenai besaran pokok, ada baiknya […]
Pernahkah Kawan Literasi menggantungkan bingkai foto di dinding? Nah, kalau pernah, tahukah kamu kenapa paku yang menahan bingkai fotomu bisa menancap pada tembok yang tebal? Yap, hal itu dikarenakan adanya tekanan pada paku.  Tekanan merupakan besarnya suatu gaya yang bekerja pada luasan bidang tekan. Jadi, ketika ujung paku yang memiliki permukaan runcing ditempelkan pada dinding, […]

Trending

Berdasarkan dampaknya terhadap lingkungan, kita mengelompokkan teknologi menjadi dua jenis, yaitu teknologi ramah lingkungan dan teknologi tidak ramah lingkungan. Pada artikel ini, Studio Literasi akan membahas teknologi tidak ramah lingkungan beserta dampak serta contohnya. Simak pembahasan Studio Literasi di bawah ini! Definisi dan Prinsip dari Teknologi Tidak Ramah Lingkungan Hadirnya teknologi sesungguhnya ada untuk membantu […]
Pernahkah Kawan Literasi ingin mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu kita seperti ketika ia membukakan pintu atau memuji penampilan kita? Pastinya pernah, dong. Mengungkapkan rasa terima kasih merupakan respon yang paling sederhana atas kebaikan yang kita terima tetapi juga mengandung arti yang begitu besar. Sama seperti bahasa lainnya, bahasa Inggris juga memiliki ungkapan […]
Pada kehidupan sehari-hari Kawan Literasi pasti pernah mengucapkan selamat kepada orang lain yang telah mendapatkan kesuksesan, baik itu mendapatkan kelulusan, pekerjaan, ulang tahun atau seseorang yang sedang menikah. Dalam bahasa Inggris, terdapat materi expression of congratulations yang digunakan untuk mengungkapkan ucapan selamat kepada orang lain. Nah, pada kali ini, Studio Literasi akan mengulas materi ini […]