Selsi Selvia Belajar dan mengajar melalui tulisan

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

3 min read

ilmu dasar ekonomi
Ilmu Dasar Ekonomi, Foto Oleh Unsplash

Manusia dalam menjalankan hidup perlu mengetahui setidaknya sedikit konsep dasar ilmu ekonomi. Mengapa? Karena dalam kesehariannya, kita sebagai manusia, pasti akan melakukan kegiatan ekonomi seperti berbelanja sayur di pasar. Apabila tidak mengenal konsep dasarnya, maka akan dengan mudah para penjual menipu kita sebagai pembeli.

Yuk, belajar bareng materi Konsep Dasar Ilmu Ekonomi 

Pengertian Ilmu Ekonomi

Kata ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomia. Kata “oikos” memiliki arti rumah tangga dan “nomos” merupakan peraturan atau aturan. Sehingga jika digabungkan, oikonomia berarti aturan masyarakat untuk hukum kodrat yang menetapkan rumah tangga yang baik.

Sedangkan ilmu ekonomi dalam konsep dasar ilmu ekonomi memiliki beberapa pengertian yang bersumber dari ahli-ahli ekonom seperti:

Adam Smith

Adam Smith - Ahli ilmu ekonomi
Penson, Foto Oleh Roman Decade

Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu. 

Abraham Maslow

Abraham Maslow- Ahli ilmu ekonomi
Abraham Maslow, Foto Oleh Indpositive

Abraham Maslow mendeskripsikan ilmu ekonomi sebagai sebuah ilmu yang untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia.

John Stuart Mill

John Stuart Mill- Ahli ilmu ekonomi
John Stuart Mill, Foto Oleh Biografi Blogger

Ilmu ekonomi merupakan suatu cabang ilmu praktis atau sains praktikal yang mempelajari tentang seluk beluk penagihan dan pengeluaran. Dimana menurutnya kegiatan ekonomi terdiri dari produksi dan distribusi kekayaan.

M. Manullang

Ilmu ekonomi menurut beliau ialah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari seluruh hal di dalam masyarakat demi usahanya untuk meraih kemakmuran/mencukupi kebutuhan hidup.

Gregory Mankiw

Gregory Mankiw- Ahli ilmu ekonomi
Gregory Mankiw, Foto Oleh N Gregory Mankiw

Menurutnya ilmu ekonomi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang menerangkan tentang bagaimana cara masyarakat mengelola sumber sumber daya yang langka.

Penson

Penson mendeskripsikan ilmu ekonomi sebagai sebuah ilmu yang mengkaji kesejahteraan material pada setiap diri manusia. Kesejahteraan material dapat berupa benda (produk) maupun jasa.

Hermawan Kartajaya

Hermawan Kertajaya - Ahli ilmu ekonomi
Hermawan Kartajaya, Foto Oleh Merdeka Com

Menurut Hermawan Kertajaya, pakar pemasaran asal Indonesia yang sudah mendunia, Ilmu ekonomi adalah sebuah wadah dimana di dalamnya terdapat berbagai sektor sektor industri yang telah melekat.

Dari beberapa definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang bertujuan untuk mendapat dan mengelola sumber daya yang terbatas demi memenuhi kebutuhan hidupnya yang tak terbatas.

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi
Kegiatan Ekonomi, Foto Oleh Guru Pendidikan com

Kalian pasti sudah familiar dengan istilah produksi, konsumsi, dan distribusi, bukan? Yup, produksi, konsumsi, dan distribusi adalah kata-kata umum di konsep ilmu ekonomi. ketiga hal tersebut merupakan kegiatan ekonomi yang mungkin sering kali ditemukan bahkan kalian lakukan.

Produksi — > aktivitas menciptakan produk atau pelayanan jasa dengan mengumpulkan sumber daya, modal dan keahlian tertentu. Produksi adalah kegiatan penentu kualitas produk diterima/tidaknya di pasaran luas.

Konsumsi — > aktivitas dimana produk/jasa digunakan/dipakai oleh konsumen. Biasanya mereka membelinya karena merasa butuh ataupun bermanfaat bagi hidupnya. 

Distribusi — > aktivitas ini berkaitan dengan penyebaran barang/jasa yang diproduksi. Penyebaran yang merata ke seluruh daerah akan menambah omset penjualan barang.

Tindakan dan Prinsip Ilmu Ekonomi

Pada konsep dasar ilmu ekonomi kalian akan mengenal tindakan dan prinsip ekonomi. Dalam melakukan aktivitas ekonomi, individu perlu untuk menerapkan tindakan ekonomi. Tindakan ekonomi adalah tindakan memilih berbagai alternatif yang dapat memberi hasil paling baik.

Hasil terbaik ini dilihat dari dua aspek, yaitu aspek sisi hasil dan aspek sisi biaya. Kedua aspek ini lah yang disebut dengan prinsip ekonomi.

  1. untuk memperoleh hasil tertentu, biaya yang dikeluarkan harus sekecil mungkin;
  2. dengan biaya tertentu harus dapat menghasilkan produk semaksimal mungkin.

Prinsip pertama menunjukkan bahwa dalam melakukan pemilihan harus berdasarkan pada pemilihan biaya yang paling efisien. Sedangkan prinsip kedua pemilihannya berdasarkan pada aspek produktivitas. 

Dalam kegiatan ekonomi, efisiensi dan produktivitas merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Motif Ilmu Ekonomi

Motif ekonomi dalam konsep ilmu ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu motif intrinsik dan ekstrinsik.

Motif intrinsik (kebutuhan dan keharusan): motif ini menggambarkan bagaimana pelaku ekonomi membeli suatu produk karena kebutuhan sehari-hari. Ketergantungan seperti ini lah yang diharapkan perusahaan untuk menjadi pelanggan setia.

Motif ekstrinsik (keinginan seseorang): motif ini menjelaskan bagaimana pelaku ekonomi membeli suatu produk karena pihak eksternal/pihak luar yang mengharuskan mereka membeli dan mengkonsumsi.

Metodologi Ilmu Ekonomi

Terdapat dua jenis metode dalam konsep dasar ilmu ekonomi, yakni:

Metode induksi: metode yang dilakukan didasarkan pada berbagai kejadian ekonomi yang disusun secara sistematis sehingga mendapatkan kesimpulan secara umum.

Metode deduksi: metode yang dilakukan didasarkan pada teori ekonomi yang dianalisis dan dipelajari untuk mendapatkan kesimpulan khusus.

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ruang lingkup ilmu ekonomi terdiri dari ekonomi makro atau macroeconomic dan ekonomi mikro (microeconomic). Studio Literasi sudah pernah membahas tentang Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro, kalian masih ingat kan?

Baca Juga: Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Nah sekarang kita bahas lagi secara singkat, ya. Jadi, ekonomi makro adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas mengenai aktivitas ekonomi dalam cakupan wilayah yang lebih luas atau menyeluruh (agregat), seperti jumlah uang yang beredar, pendapatan nasional, pengangguran dan kesempatan kerja, inflasi, neraca pembayaran internasional dan pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan, ekonomi mikro adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang membahas mengenai aktivitas ekonomi dalam ruang lingkup yang sempit dan kecil, seperti perusahaan, perilaku konsumen, permintaan dan penawaran, produksi, harga dan lain sebagainya.

Tujuan Ilmu Ekonomi

Tadi di awal Studio Literasi sempat berkata bahwa manusia perlu mengetahui tentang konsep ilmu ekonomi karena kita pasti membutuhkannya saat melakukan kegiatan ekonomi. Sekarang saatnya untuk kalian tahu apa saja si tujuan ilmu ekonomi yang sebenarnya?

  1. Dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan.
  2. Membantu pelaku ekonomi dalam menganalisis pola perilaku konsumtif masyarakat.
  3. Memberi pengertian tentang potensi dan keterbatasan suatu kebijakan ekonomi.
  4. Menumbuhkan kepekaan kepada masyarakat tentang ekonomi global.

Bayangkan apabila kita tidak mengerti atau mengenal konsep dasar ilmu ekonomi, bagaimana kita akan hidup? 

Sekian materi Konsep Dasar Ilmu Ekonomi kali ini. Jika kalian memiliki pertanyaan, langsung saja tulis di kolom komentar ya. Cheers!

Last Updated on September 19, 2020

Selsi Selvia
Selsi Selvia Belajar dan mengajar melalui tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top