1. Seni Budaya

Apa Itu Kritik Seni Rupa? Kenali Pengertian & Jenisnya

Pernahkah teman-teman melihat suatu karya seni? Baik itu di museum, pameran atau galeri seni? Bagaimana teman-teman menilai suatu karya seni? Akan tetapi, bagi sebagian seniman, kritik seni rupa sangat berarti untuk umpan balik dari karyanya.

Di materi kali ini, Studio Literasi akan mengajak teman-teman untuk mempelajari tentang kritik seni rupa. Apa saja sih yang menjadi penilaian ketika mengkritik suatu karya seni? Yuk, kita bahas bersama di materi berikut ini. 

Pengertian Kritik Seni Rupa

Kritik seni rupa adalah mempelajari kekurangan dan kelebihan suatu karya seni rupa dengan memberikan alasan yang didasarkan dari analisa dan pengkajian. Kelebihan dan kekurangan dari seni rupa dipergunakan dalam berbagai hal, terutama sebagai bahan untuk mengetahui kualitas sebuah karya.

Kritik seni rupa merespons, menafsirkan makna, serta membuat penilaian kritis tentang karya seni tertentu. Kritik seni membantu penikmat seni memahami, menafsirkan, dan menilai karya seni tersebut. Biasanya, kritikus cenderung lebih fokus pada seni modern dan kontemporer dari budaya yang dekat dengan budaya mereka.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Fungsi Kritik Seni Rupa

Fungsi dari mengkritik suatu seni adalah untuk menjembatani persepsi dan apresiasi artistik serta estetik karya seni rupa antara seniman/artis, karya dan penikmat seni. Karya yang disuguhkan kepada penikmat seni akan membuahkan interaksi timbal balik dan interpenetrasi. Fungsi lainnya dari kritik seni rupa adalah sebagai dua mata panah yang saling dibutuhkan oleh seniman dan penikmat seni. Dalam hal ini, seniman akan mendapatkan umpan balik/feedback

Bentuk Kritik Seni Rupa

Terdapat 3 bentuk kritik seni rupa. Simak penjelasannya berikut ini

1. Kritik Formalistik

Kritik formalistik ditujukan terhadap karya seni yang berkaitan dengan unsur-unsur pembentukannya. Pada sebuah karya lukisan, sasaran kritik tertuju kepada kualitas penyusunan visual seperti warna, garis, tekstur, dan hal lainnya yang menjadi penyusun dalam karya tersebut. Kritik formalistik juga berkaitan dengan kualitas serta bahan yang digunakan dalam suatu karya seni.

2. Kritik Instrumentalistik

Kritik instrumentalistik sebuah karya seni cenderung dikritik berdasarkan kemampuananya dalam upaya mencapai tujuan, moral, religius, politik atau psikologi. Pendekatan kritik instrumentalistik tidak terlalu menekankan pada kualitas formal sebuah karya seni tetapi lebih melihat aspek konteksnya.

3. Kritik Ekspresivistik

Ekspresivistik dalam kritik seni, cenderung menilai dan menanggapi kualitas perasaan yang ingin dikomunikasikan oleh seniman melalui sebuah karya seni. Kritik ekspresivistik ini menanggapi kesesuaian antara judul, tema dan visualisasi objek yang ditampilkan dalam suatu karya.

Jenis Kritik Seni Rupa

Ada 4 jenis kritik seni rupa yang perlu diketahui. Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Kritik Jurnalis (Journalism Criticism)

Kritik jurnalis dibuat untuk para pembaca surat kabar dan majalah. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi mengenai berbagai peristiwa dalam dunia kesenian. Isi kritik jurnalistik dapat berupa ulasan ringkasan yang jelas tentang pameran, pementasan, konser atau jenis pertunjukan lain.

2. Kritik Keilmuan (Scholarly Criticism)

Kritik keilmuan ini dilakukan dengan mengkaji nilai seni secara mendalam dan sistematis, baik dalam menganalisis maupun melakukkan pengkajian banding. Penilaian kritik keilmuan ini tidak bersifat mutlak, karena bersifat terbuka dan akan dikoreksi oleh siapa saja demi penyempurnaan dan mencari nilai karya seni yang sesungguhnya.

3. Kritik Pendidikan (Pedagogical Criticism)

Kritik pendidikan atau kritik pedagogi diterapkan dalam proses belajar mengajar pada lembaga pendidikan kesenian. Jenis kritik ini dikembangkan oleh guru bidang kesenian dan bertujuan untuk mengembangkan fakta serta potensi artistik-estetik peserta didik agar dapat mengembangkan kemampuan dalam menggali bakat dan potensinya.

Jenis kritik populer telah berkembang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tipe kritik populer merupakan suatu gejala umum yang dihasilkan para kritikus yang tidak ahli, terutama dilihat dari aspek profesionalisme kritisme seni.

Langkah Melakukan Kritik Seni Rupa

Sebelum melakukan kritik seni rupa, ada beberapa tahapan yang wajib teman-teman ketahui. Berikut ini penjelasannya. 

Langkah Melakukan Kritik Seni Rupa (sumber: Freedomsiana)
Langkah Melakukan Kritik Seni Rupa (sumber: Freedomsiana)

1. Deskripsi

Tahap pertama dalam kritik seni adalah deskripsi. Tahap ini dilakukan untuk menemukan, mencatat dan mendeskripsikan sesuatu yang dilihat secara apa adanya tanpa melakukan analisis atau mengambil kesimpulan. Untuk bisa mendeskripsikan dengan baik, pengkritik harus mengetahui istilah-istilah yang umum digunakan dalam dunia seni rupa. Tanpa pengetahuan tersebut, pengkritik akan kesulitan untuk mendeskripsikan suatu karya. 

2. Analisis Formal

Tahapan kedua dalam kritik seni adalah analisis formal. Analisis formal digunakan untuk menelusuri karya seni berdasarkan struktur formal dan unsur pembentuknya. Seorang kritikus harus mampu memahami unsur seni rupa dan prinsip penataan dalam sebuah karya seni.

3. Interpretasi

Interpretasi adalah tahapan di mana pengkritik melakukan penafsiran makna dari sebuah karya seni. Penafsiran ini meliputi tema, simbol yang ditampilkan serta masalah-masalah yang dikedepankan. Penafsiran ini sifatnya sangat terbuka karena dipengaruhi sudut pandang dan wawasan dari pengkritik. Semakin luas wawasan pengkritik, semakin kaya pula interpretasi karya yang dikritiknya.

4. Evaluasi & Penilaian

Tahap terakhir adalah tahap evaluasi. Evaluasi atau penilaian adalah tahapan dalam kritik yang menjadi penentu kualitas suatu karya seni apabila dibandingkan dengan karya lain yang sejenis.

Baca juga: Seni Tari

Nah, itu tadi penjelasan lengkap mengenai kritik suatu seni. Bagaimana? Sudah siap untuk menjadi pengkritik seni? Yuk, temukan lebih banyak artikel materi pembahasan di laman Studio Literasi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Itu Kritik Seni Rupa? Kenali Pengertian & Jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]