Lisa Novita Sari Suka menulis dan berbagi pengetahuan

Kumpulan Bacaan Sholawat Nabi

3 min read

bacaan sholawat nabi
Sholawat Nabi, foto oleh Siaran Depok Com

Maulid Nabi Muhammad 2020 jatuh pada hari ini, Kamis 29 Oktober 2020. Maulid Nabi adalah peringatan kelahiran Nabi Muhammad pada 12 Rabiul Awal. Untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, dianjurkan banyak-banyak membaca sholawat nabi. Bacaan sholawat Nabi Muhammad yang banyak dikenal, yakni Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

Namun sebenarnya masih banyak bacaan sholawat nabi lainnya yang tidak kalah memiliki fadhilah (keutamaan) yang mulia. 

Pengertian Sholawat

Sebenarnya apa itu sholawat?

Sholawat adalah bentuk puja puji serta doa kepada Nabi sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. 

Tujuan bersholawat adalah untuk mencari keberkahan, kemuliaan dan kesejahteraan dengan cara mendoakan Nabi dan Rasul Allah SWT. Orang yang rajin bersholawat akan mendapatkan ketentraman hati dan pikiran. 

Dalil membaca sholawat Nabi

Dalam agama Islam, membaca sholawat Nabi memiliki dalil (dasar) yang jelas, bahkan disebutkan langsung dalam Al Quran.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surah An-Nisa ayat 86, yang artinya:

“Maka lakukanlah penghormatan dengan penghormatan yang lebih baik atau kembalikanlah penghormatan itu”

Dalil tentang anjuran untuk membaca sholawat Nabi juga disampaikan oleh Hadits Abu Daud.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah pernah bersabda:

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.” (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

Membaca sholawat artinya bentuk kecintaan manusia kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk rutin membaca sholawat nabi. Hal ini dipertegas kembali dalam firman Allah SWT pada Al Quran Surah Al Ahzab ayat 56 yang artinya: 

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Kumpulan bacaan sholawat nabi

Berikut kumpulan bacaan sholawat Nabi Muhammad SAW lengkap beserta artinya.

Sholawat Nabi

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad

Artinya:

Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.

Sholawat nabi dianjurkan untuk dibaca di 6 waktu berikut.

  1. Setiap selesai mendengarkan adzan dan iqomah
  2. Setelah membaca tasyahud akhir dalam shalat
  3. Sebelum memanjatkan doa, dan setelah memanjatkan doa
  4. Sebelum mengerjakan urusan atau pekerjaan yang penting
  5. Setiap mengikuti majelis

Sholawat Fatih

“Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim.”

Artinya:

“Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”

Bacaan sholawat Fatih dianjurkan untuk dibaca setiap selesai shalat.

Sholawat Nariyah

“Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihiluqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi waalaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin biadadi kulli maluumin laka.”

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Bacaan sholawat Nariyah dianjurkan untuk dibaca setiap selesai shalat.

Sholawat Mukafah

“Allohumma sholli ala sayidina muhammadin wa ala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu,addi biha anna haqqohul adzim.”

Artinya: 

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

Bacaan sholawat Mukafah dianjurkan untuk dibaca sambil menunggu waktu shalat tiba. 

Sholawat Ta’dzhimul Qiyam

“Allahumma shalli ‘ala Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallim”

Artinya:

“Ya Allah limpahkanlah. kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhanumad dan keluarganya”

Sholawat Ibrahimiyah

“Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.”

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.”

Sholawat Bani Hasyim

“Allahumma shalli ‘alán-nabiyil Håsyimiyyi Muhammadin wa’ala alihi wa sallim tasliman.”

Artinya: 

“Ya Allah, berikanlah rumah serta salam kepada seorang nabi keturunan bangsawan Hasyim, yakni Muhammad beserta keluarganya, semoga tetap selamat dan sejahtera”

Sholawat Matsurah

“Allaahumma sholli alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aalihi wasallim.”

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.”

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi

Sholawat nabi yang dibaca secara rutin memiliki keutamaan yang luar biasa. Selain memperoleh ketentraman hati dan kemudahan dalam segala urusan, berikut keutamaan membaca sholawat lainnya.

  1. Bentuk kecintaan pada Nabi Muhammad SAW
  2. Meningkatkan level ketaqwaan pada Allah SWT. Sebab, orang yang paling baik kedudukannya di mata Allah adalah orang yang paling bertaqwa.
  3. Sholawat yang dibaca dengan sungguh-sungguh dengan mengharap ridho Allah SWT, akan membuat orang yang membaca sholawat senantiasa didoakan oleh malaikat agar selalu diberi perlindungan dan keselamatan.
  4. Membaca sholawat dapat membuat dosa-dosa diampuni oleh Allah SWT
  5. Mendapatkan syafaat dari Rasul di akhirat. Syafaat adalah pertolongan dari Nabi Muhammad pada umatnya di hari kiamat agar mendapat keringanan atau ampunan dari Allah.
  6. Bacaan sholawat bisa menjadi pengantar bagi doa-doa yang dipanjatkan agar dikabulkan Allah SWT
  7. Sholawat nabi melatih manusia untuk bersikap sabar
  8. Mendapat rahmat dari Allah, hajat-hajat, keinginan dan cita-cita akan mudah dikabulkan.
  9. Mendapat kemudahan dalam mengerjakan segala urusan.

Itulah kedelapan bacaan sholawat nabi, dalil membaca sholawat serta keutamaan membaca sholawat Nabi yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Rutinlah mengamalkan bacaan sholawat agar mendapat keutamaan-keutamaannya yang luar biasa.

Akan tetapi, ingatlah bahwa tujuan utama melantunkan sholawat tidak lain adalah beribadah kepada Allah untuk memperoleh ridhoNya. Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 2020!

Baca Juga: Contoh Qodo dan Qodar

Last Updated on November 18, 2020

Avatar
Lisa Novita Sari Suka menulis dan berbagi pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top