1. Kuliah & Umum

Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari

larutan
larutan. sumber: unsplash.com

Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, sifat, dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Definisi Larutan

Larutan adalah campuran homogen antara zat terlarut dan pelarut. Bentuk zat terlarut dapat berupa padatan, cairan, atau gas, sedangkan pelarut dapat berupa air, alkohol, atau pelarut organik lainnya. Larutan memiliki sifat homogen, artinya komposisi dan sifatnya seragam pada seluruh bagian larutan. Larutan juga memiliki sifat transparan, sehingga kita dapat melihat melalui larutan. Selain itu, larutan juga memiliki sifat stabil, artinya zat terlarut tetap terlarut (tidak bisa hilang zat terlarutnya) dalam pelarut tanpa terjadi pengendapan atau pemisahan.

Baca Juga: Perbedaan Unsur, Senyawa, & Campuran + Contoh Soal & Jawabannya

Jenis-jenis larutan

Berdasarkan wujud zat terlarutnya, larutan terdapat tiga jenis, yaitu:

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Larutan padat 

Zat terlarutnya berupa padatan dan pelarut berupa padatan. Contoh larutan padat adalah aloi, yaitu campuran logam yang homogen.

  • Larutan cair 

Larutan yang zat terlarut dan pelarutnya dalam wujud cair. Contoh larutan cair adalah air garam dan air gula.

  • Larutan gas

Adapun zat terlarutnya berupa gas dan pelarut berupa gas. Contoh larutan gas adalah udara, yaitu campuran gas-gas yang homogen.

Sifat Larutan

Larutan memiliki beberapa sifat yang mesti kita ketahui. Ada 3 sifat dari larutan berikut ini yang kita bahas berikut ini:

  • Bersifat homogen

Artinya komposisi dan sifatnya seragam di seluruh bagian larutan. Hal ini terjadi karena dua zat yang terlarut memiliki kandungan yang merata atau serba sama dalam volumenya. Sifat homogen lainnya adalah zat yang tercampur pada larutan tersebut semuanya tidak bisa kita bedakan, meski menggunakan filtrasi sekalipun. Selain itu karena homogennya, tidak bisa mengetahui antara pelarut dan zat pelarut manakah yang lebih banyak terdapat pada larutan tersebut, sehingga kerap menganggap sama besaran dan jumlah cairan pada kedua unsur. Pada campuran homogen, larutan yang kerap digunakan seperti air dan garam.

  • Memiliki sifat transparan

Salah satu sifat larutan adalah transparan. Sifat transparan ini bergantung pada ukuran partikel zat terlarut dalam larutan. Jika partikel zat terlarut sangat kecil, maka larutan akan terlihat bening dan transparan. Namun, jika partikel zat terlarut cukup besar, larutan dapat terlihat keruh atau berwarna. Bahkan saking transparannya larutan bisa menembus cahaya.

  • Stabil

Stabil di sini berarti zat terlarut tetap terlarut dalam pelarut tanpa terjadi pengendapan atau pemisahan. Stabilitas larutan terpengaruhi oleh berbagai faktor, seperti suhu, tekanan, dan konsentrasi larutan. Perubahan suhu atau tekanan dapat mempengaruhi kelarutan zat terlarut dalam pelarut. Selain itu, konsentrasi larutan juga mempengaruhi stabilitas larutan. Jika konsentrasi larutan terlalu tinggi, zat terlarut dapat jenuh dan mengendap, sehingga sifat larutan yang homogen tetap terjaga.

  • Ukuran Partikelnya Kecil

Partikel pada kimia ukurannya sangat kecil ukuran diameternya, bahkan kurang dari 1 nm (nanometer). Jadi, kamu harus menggunakan mikroskop khusus saat ingin melihatnya dan tidak  hanya n mata telanjang. 

Baca Juga: 10 Sifat-Sifat Cahaya, Penjelasan, & Contoh Lengkap

Fungsi Larutan dalam Kehidupan Sehari-hari

Larutan memiliki berbagai macam aspek dan bidang dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa fungsi larutan antara lain:

  • Farmasi

Dalam farmasi, larutan berfungsi untuk membuat obat-obatan yang mudah diserap oleh tubuh. Dalam obat-obatan, zat terlarut berupa bahan aktif yang memiliki efek terapeutik, sedangkan pelarut berfungsi sebagai media penghantar obat ke dalam tubuh. Contoh larutan dalam bidang farmasi adalah sirup, suspensi, atau infus.

  • Kimia

Pada bidang kimia, kegunaannya untuk menjadi suatu zat reaksi dan bahan riset. Dalam reaksi kimia, larutan dapat berperan sebagai pelarut atau zat terlarut. Larutan juga digunakan dalam riset dengan mengukur konsentrasi zat tertentu dalam sebuah sampel. Contoh larutan adalah larutan asam-basa, larutan elektrolit, atau larutan indikator.

  • Industri

Sedangkan untuk industri larutan juga memiliki peran penting. Gunanya dalam proses produksi dan pemurnian bahan. Contoh larutan dalam bidang industri adalah larutan pelarut organik dalam industri farmasi, larutan elektrolit dalam industri baterai,larutan pewarna dalam industri tekstil hingga pelarut (senyawa) untuk mengawetkan bahan makanan. 

  • Mata Pelajaran

Selain pada jurusan IPA SMA, bagi yang berkuliah jurusan Teknik Kimia, Teknik Industri dan Teknik Metalurgi juga bisa mendapatkannya jika ada mata kuliah Kimia Dasar. Beberapa hal terkait larutan yang masuk pada pelajaran Kimia Dasar antara lain sifat fisik larutan, konsep dasar larutan, larutan ideal, fraksi mol dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Struktur Molekul, Teori Ilmiah & Peranannya dalam Ikatan Kimia

Dari seluruh penjelasan dari awal hingga akhir bisa kita simpulkan bahwa larutan memiliki karakteristik yang cukup beragam mulai dari sifatnya, kegunaan pada beberapa bidang larutan. Dengan mengetahui tentang larutan ini, sangat penting karena terkait dengan memahami berbagai fenomena dan proses yang terjadi pada sekitar kita. Sehingga jika memahami larutan, maka kita dapat lebih memahami bagaimana zat-zat berinteraksi dan berubah bentuk dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]