1. SD IPS

Mengenal Letak Astronomis Indonesia: Apa Saja Pengaruhnya?

Tidak hanya letak geografis, tetapi suatu negara juga diidentifikasi melalui letak astronomisnya. Letak astronomis merupakan letak yang dilihat berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Apakah Kawan Literasi sudah tahu di mana letak astronomis Indonesia dan apa saja dampaknya? Simak pembahasan Studio Literasi kali ini sampai habis untuk mengetahuinya!

Letak Astronomis Indonesia

Sumber: medan tribunnews

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, letak astronomis diketahui dari garis lintang dan garis bujur. Garis lintang atau latitude adalah garis yang memetakan sisi horizontal bumi, melingkar dari barat ke timur. Sedangkan garis bujur atau longitude adalah garis khayal yang ditarik dari kutub utara ke selatan. Garis-garis ini menentukan lokasi pada globe atau peta.

Letak astronomis Indonesia berada di antara 6° LU (Lintang Utara) hingga 11° LS (Lintang Selatan) dan antara 95° hingga 141° BT (Bujur Timur). Lebih spesifiknya, letak astronomis Indonesia ditandai dengan batasan pada wilayah-wilayah berikut: 

  • Pada 6° Lintang Utara, terdapat Pulau Weh Provinsi Aceh yang menjadi batas paling utara Indonesia.
  • Pada 11° Lintang Selatan, ada Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, yang merupakan batas paling selatan Indonesia.
  • Pada 95° Bujur Timur, wilayah paling barat Indonesia, terdapat pulau Beureuh, Provinsi Aceh.
  • Pada 141° Bujur Timur, terdapat daerah Merauke, Papua, yang menjadi batas wilayah paling timur Indonesia.  

Pengaruh dan Keuntungan Letak Astronomis Indonesia

Sumber: pexels

Setelah mengetahui letak astronomis Indonesia, mari simak pembahasan tentang pengaruhnya terhadap berbagai hal, seperti iklim, zona waktu, hingga keberagaman sumber dayanya. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

1. Iklim Tropis

Salah satu dampak letak astronomis Indonesia adalah negara Indonesia yang memiliki iklim tropis. Oleh sebab itu, intensitas sinar matahari di Indonesia stabil, mencapai 12 jam per hari dalam rata-rata setahunnya. Lalu, Indonesia juga jadi memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. 

Baca juga: Yuk, Kenali Batas-Batas Wilayah Indonesia, Lengkap!

2. Memiliki 3 Zona Waktu

Pengaruh letak astronomis Indonesia selanjutnya adalah perbedaan zona waktu. Garis Bujur mempengaruhi zona waktu yang ada di Indonesia dan membaginya menjadi 3 bagian. Zona waktu Indonesia ialah GMT+7 (Waktu Indonesia Barat), GMT+8 (Waktu Indonesia Tengah), dan GMT+9 (Waktu Indonesia Timur). Perbedaan waktu antara WIB, WITA, dan WIT memiliki selisih antara satu hingga dua jam. 

  • Waktu Indonesia Barat (WIB)

Zona waktu ini berlaku untuk wilayah Indonesia bagian barat. Daerah yang tergolong dalam zona ini letaknya di sepanjang garis bujur105º BT. Daerah yang termasuk ke dalam zona waktu ini adalah seluruh provinsi pada Pulau Sumatera, Jawa dan Madura, dan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Waktu Indonesia Barat memiliki selisih waktu satu jam dengan Waktu Indonesia Tengah. Misalnya, Jakarta menunjukkan pukul 13.00 WIB, maka Bali menunjukkan pukul 14.00 WITA. 

  • Waktu Indonesia Tengah (WITA)

Daerah yang tergolong dalam zona waktu WITA terletak di sepanjang garis bujur 120º BT. Daerah yang termasuk waktu Indonesia Tengah diantaranya Pulau Nusa Tenggara, Bali, Sulawesi, Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, serta beberapa pulau di sekitarnya. 

  • Waktu Indonesia Timur (WIT)

Zona waktu Waktu Indonesia Timur mencakup daerah yang letaknya ada di sepanjang garis bujur 135º BT. Daerah yang termasuk dalam zona waktu ini diantaranya Pulau Papua, Kepulauan Maluku, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Waktu Indonesia Timur mempunyai selisih waktu satu jam lebih cepat dari Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan dua jam lebih cepat jika dibandingkan dengan Waktu Indonesia Barat (WIB).

3. Mempunyai Curah Hujan yang Tinggi

Curah hujan merupakan frekuensi hujan yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Karena letak astronomis Indonesia, Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi, berkisar antara 2.000-3.000 mm per tahun. Curah hujan yang tinggi ini kemudian menyebabkan tingkat kelembaban udara juga tinggi. 

Baca juga: Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia – Materi Geografi

4. Beraneka Ragam Fauna dan Flora

Keuntungan yang diperoleh karena letak astronomis Indonesia yaitu memiliki berbagai hewan dan tumbuhan endemik yang tidak dimiliki negara lainnya. Berikut adalah persebaran fauna Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.

  • Fauna dan flora bagian barat

Hewan yang termasuk golongan ini diantaranya gajah, macan, badak bercula satu, rusa, banteng, orang utan, bekantan, monyet, dan lain-lain. Selain mamalia, banyak ditemukan pula jenis reptil dan burung di bagian ini. Sedangkan, flora bagian ini terdiri dari hutan hujan tropik, hutan mangrove, dan sabana tropik. 

  • Fauna dan flora bagian tengah 

Disebut fauna peralihan, hewan pada bagian ini disebut dengan fauna endemik yang tidak ditemukan di bagian lainnya. Beberapa contoh hewan di bagian ini adalah anoa, babi rusa, kuskus, monyet hitam, tarsius, monyet saba, dan beruang. Flora di bagian ini terdiri dari kelompok stepa, sabana tropik, mangrove, dan hutan pegunungan, seperti cemara dan pinus. 

  • Fauna dan flora bagian timur

Fauna bagian ini mirip dengan hewan yang ada di Australia, sehingga disebut tipe Australis. Beberapa fauna bagian ini diantaranya kangguru, beruang, walabi, landak irian, cendrawasih, kasuari, biawak, buaya, dan kelelawar. Flora bagian ini diantaranya adalah pohon sagu, pohon mangrove, pohon eboni, dan pohon nipah. 

5.  Hutan Hujan Tropis yang Luas

Seperti yang sudah dipaparkan pada poin sebelumnya, flora di Indonesia tergolong beragam, termasuk keberadaan golongan flora hutan hujan tropis yang luas. Keberadaan hutan hujan tropis memiliki beberapa manfaat, diantaranya sebagai penyedia oksigen, mencegah erosi dan banjir, sebagai habitat berbagai fauna dan flora, serta hasil hutan yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil hutan ini meliputi berbagai jenis kayu seperti jati, cendana, balsa, mahoni, kemudian juga hasil getah dan resin yang dapat dimanfaatkan menjadi desinfektan, produk karet, produk cat, hingga produk serat.

6. Lahan Perkebunan dan Pertanian yang Subur

Akibat intensitas sinar matahari sepanjang tahun serta curah hujan tinggi, Indonesia memiliki tanah yang subur. Oleh karena itu, Indonesia banyak memiliki lahan pertanian maupun perkebunan dengan berbagai macam hasil komoditas. 

Baca juga: Flora Indonesia

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai letak astronomis Indonesia dan pengaruhnya. Semoga menambah wawasan Kawan Literasi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Letak Astronomis Indonesia: Apa Saja Pengaruhnya?

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]