1. Kelas 8 Seni Budaya

Mengenal Pengertian Level Gerak Tari Beserta Jenisnya

Ketika sebuah tarian ditampilkan, ada kalanya posisi badan kita memiliki tingkatan tinggi seperti pada saat berdiri, melompat, atau duduk. Tahukah Kawan Literasi bahwa tinggi rendahnya gerak tersebut disebut level gerak tari? Yap, tidak hanya sekedar melompat maupun duduk, hal tersebut merupakan salah satu unsur intrinsik tari yang penting untuk diperhatikan. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pemaparan mengenai pengertian level gerak tari beserta berbagai aspek lain yang ikut menjelaskannya. Yuk, simak!

Pengertian Level Gerak Tari

Dilansir dari Modul Seni Budaya Kelas VII yang diterbitkan Kemdikbud (2014) menjelaskan, pengertian level gerak tari dibagi menjadi tinggi, sedang dan rendah. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang dapat memberikan efek dinamis pada tarian. Level gerak tari adalah tingkat tinggi rendahnya keadaan tubuh penari dalam suatu tarian. 

Lalu, bagaimana cara membedakan level pada setiap gerakan tari? Perbedaan tersebut bisa diketahui dengan memperhatikan posisi setiap penari. Selain itu, level pada gerak tari juga digunakan untuk menunjukkan peran atau tokoh dalam pementasan. Sebenarnya, jika diperhatikan, tarian dari setiap daerah di Indonesia mempunyai level gerakan pada tari yang sama, lho! Mulai dari tinggi, sedang, dan rendah.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Secara keseluruhan, tari dari setiap daerah maupun negara lain memiliki kesamaan. Contohnya, tari daerah asal Kalimantan yang memiliki kesamaan dengan tari daerah Sabah, Malaysia. Begitupun seni budaya yang dapat terlihat memiliki kesamaan seperti budaya Bali dan Sasak di Nusa Tenggara Barat.

Fungsi Level Gerak Tari

Salah satu fungsi level gerak tari adalah untuk menciptakan dinamika yaitu memberi efek tampilan dari bawah dan atas sehingga tampak dinamis. Jika level penari statis atau tidak dinamis, maka akan terlihat biasa saja atau datar dan tidak terlihat sedang menampilkan suatu kegiatan seni yang indah. Permainan level pada gerakan tari yang variatif menjadikan tarian tidak monoton dan lebih menarik. 

Faktanya, permainan level gerakan pada tarian berkelompok lebih mudah dan menarik karena memiliki ragam gerak yang sama yang dapat dilakukan secara bergantian, serempak, atau selang-seling dan mungkin dilakukan pada level yang berbeda-beda.

Jenis Level Gerak Tari Beserta Contohnya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, level pada gerakan tari terdiri dari tiga jenis gerak, yakni gerak level tinggi, sedang, dan rendah. Berikut penjelasan setiap jenis level gerak tari beserta contoh tariannya. Yuk, simak dengan baik agar Sobat Literasi mampu memahami dan dapat lancar apabila diminta untuk jelaskan macam-macam level gerak tari!

1. Level Gerak Tari Tinggi

Level tinggi
Level tinggi (Sumber: Seni Kreatif)

Gerak level tinggi biasanya ditemukan pada tarian balet. Penari dengan level gerakan yang tinggi membentuk pola melayang yang baik dan benar. Tidak hanya pada tari balet, contoh level gerak tinggi lain dapat ditemukan pada Tari Kecak dari Bali, penari yang berperan sebagai Shinta dan Rahwana berdiri di antara penari lain yang duduk membentuk lingkaran sehingga kedua tokoh tersebut dapat terlihat jelas oleh penonton.

Gerakan pada level tinggi ini biasanya digunakan untuk memfokuskan terhadap peran atau gerak seseorang sehingga dapat dilihat dari segala arah. Untuk melakukan gerakan level tari tinggi, kita dapat menggunakan media atau alat bantu seperti susunan panggung kecil (trap) atau alat bantu tali yang berguna untuk memberikan kesan melayang pada gerakan tari yang ditampilkan. 

2. Level Gerak Tari Sedang

Level Medium atau sedang
Level Medium atau sedang (Sumber: Seni Kreatif)

Gerak level sedang hampir selalu ditemukan di setiap tarian, termasuk tari tradisional di Indonesia. Gerak pada level sedang ini ditunjukan dengan posisi penari berdiri, tak jarang menggunakan properti seperti tongkat atau tombak jika tarian bertema peperangan. Tidak hanya sekedar berdiri, biasanya tarian juga diberi selingan melangkah di tempat atau melangkah kecil.

Gerakan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kemandirian dan keteguhan. Gerak yang dilakukan pada level ini juga memiliki kesan maskulin, karena biasanya dilakukan oleh penari pria. Posisi tangannya bervariasi, bisa ke atas, ke samping, dan ke bawah. Hal tersebut dilakukan agar tarian tidak terkesan statis. 

Contoh tari tradisional Indonesia pada level  ini antara lain Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Jaipong dari Jawa Barat, Tari Tor-Tor dari Sumatera Utara, dan masih banyak lagi. 

3. Level Gerak Tari Rendah

Level Gerak Tari Rendah
Level Gerak Tari Rendah (Sumber: Seni Kreatif)

Gerak level rendah saat menari biasanya dilakukan ketika penari melakukan gerakan rebah atau berguling di lantai. Gerakan menidurkan boneka termasuk level gerak tari rendah. Merebah dapat divariasikan dengan berbagai gerakan tangan dan kaki yang mengalun agar penonton tetap dapat melihat dan merasakan kehadiran penari, karena sebagian anggota tubuhnya masih tampak jelas.

Selain itu, bisa juga dilakukan dengan gerakan berguling yang biasanya dilakukan penari dari satu area ke area lain seakan tanpa lelah. Sedangkan ada juga gerakan duduk hingga gerakan tangan menyembah sambil berlutut yang menunjukkan ketundukan dan kerendahan hati. Gerakan tangan mengarah diagonal ke bawah menunjukkan kesamaptaan. Lalu, gerakan tangan mengayun ke samping menunjukkan kebersamaan.

Peragaan level rendah kerap kali dilakukan pada tari tunggal, berpasangan, hingga berkelompok. Contoh tarian pada level gerak tarian yang rendah yaitu Tari Saman dari Aceh dari Tari Sekapur Sirih dari Jambi. 

Nah, itulah pengertian level gerak tari hingga fungsi dan jenis-jenisnya. Hal tersebut perlu Kawan Literasi pahami sebagai kompetensi dasar untuk mempraktikkan sebuah tarian. Semoga bermanfaat, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Pengertian Level Gerak Tari Beserta Jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]