1. SD IPS

Cara Memelihara Lingkungan Buatan, Manfaat, & Contohnya

Lingkungan buatan adalah lingkungan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan tertentu. Tanpa adanya tindakan manusia, lingkungan tersebut tidak akan tercipta dan dapat dinikmati oleh orang banyak. Dalam hal ini, sawah termasuk lingkungan buatan karena digunakan sebagai tempat bercocok tanam oleh petani. 

Pada dasarnya, kebutuhan manusia sering bertambah serta bervariasi seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, manusia belajar cara baru untuk mengubah lingkungan sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Manfaat Lingkungan Buatan

Semua lingkungan di bumi ini baik itu lingkungan alam maupun buatan memberikan manfaat untuk makhluk hidup. Berikut adalah manfaat dibuatnya lingkungan buatan:

1. Sebagai Sarana Rekreasi

Lingkungan buatan seperti waduk, bendungan, taman bunga dan kebun buah dapat dijadikan sebagai tempat untuk berwisata bagi pribadi atau keluarga. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Namun, jika kalian kurang menyukai wisata alam buatan serta lebih suka keramaian, maka bisa memilih mall atau taman bermain untuk dikunjungi. 

2. Sebagai Sarana Edukasi

Lingkungan buatan yang dimanfaatkan sebagai sarana edukasi contohnya taman nasional dan museum. 

Di museum orang-orang dapat belajar tentang hal-hal bersejarah. Sementara itu di taman nasional masyarakat bisa mempelajari flora maupun fauna yang ada disana. 

3. Pemenuhan Kebutuhan dan Ekonomi Masyarakat

Manusia sejatinya memiliki kebutuhan jasmani serta rohani. Lingkungan buatan ada untuk memenuhi kedua kebutuhan tersebut contohnya waduk dan bendungan. 

Mengapa demikian? Karena air termasuk kebutuhan jasmani. Manusia membutuhkan air supaya bisa bertahan hidup. Jika sumber air mengalami kekeringan, maka waduk dan bendungan dapat menjadi alternatif dalam penyediaan kebutuhan air. 

Sedangkan di kebutuhan rohani, manusia tentu memerlukan hiburan serta rekreasi. Baik waduk maupun bendungan bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata guna melepas penat. 

Sementara itu di bidang ekonomi, waduk serta bendungan dapat digunakan sebagai energi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan irigasi pertanian. 

Listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan mesin-mesin di pabrik atau kegiatan industri lainnya membutuhkan energi listrik untuk mempermudah pekerjaan.

Begitu pula dengan petani yang membutuhkan banyak air untuk mengairi sawahnya. Keberadaan waduk tentu memudahkan mereka karena menyediakan banyak air. 

4. Sarana Penelitian dan Pengembangan

Manfaat lain lingkungan buatan ialah dijadikan sebagai wadah penelitian maupun pengembangan. Contohnya saja manusia bisa melakukan penelitian terhadap kandungan air yang ada pada waduk serta bendungan. 

Jika kandungan air tersebut aman, maka dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari seperti minum, mandi, memasak, mencuci, dan lain-lain. 

Contoh Lingkungan Buatan

Contoh Lingkungan Buatan Adalah
Salah Satu Contoh Lingkungan Buatan adalah Perkebunan, Foto Oleh Unsplash Com

Berikut adalah beberapa contoh lingkungan buatan:

1. Waduk 

Waduk adalah danau buatan manusia. Waduk sengaja dibuat untuk mengairi ladang atau lahan persawahan yang ada di sekitarnya. 

Tak hanya itu, waduk juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik menggunakan tenaga air. Contoh waduk yaitu waduk Jatiluhur, Bajulmati, Gajah Mungkur, dan masih banyak lagi.

2. Bendungan 

Bendungan atau dam dibuat dengan cara membendung aliran sungai. Fungsi dasar bendungan sama seperti waduk yakni sebagai sumber air serta pembangkit listrik.

Selain itu, bendungan bisa juga digunakan untuk menahan laju aliran sungai agar tidak terlalu deras. 

3. Sawah 

Lahan persawahan sengaja dibuat guna memenuhi kebutuhan pokok manusia. Petani memanfaatkan sawah untuk kegiatan pertanian seperti menanam padi, jagung, buah, sayuran, serta tanaman lainnya. 

4. Tambak 

Tambak merupakan kolam buatan yang dijadikan sebagai tempat budidaya ikan dan udang. Biasanya tambak di buat di daerah dekat pantai supaya mempermudah petani dalam melakukan budidaya. 

5. Taman Safari

Tujuan pembuatan taman safari ialah sebagai tempat penangkaran satwa. Taman safari sengaja dibuat menyerupai kondisi asli kehidupan hewan di alam liar.

Oleh sebab itu, hewan-hewan yang dipelihara disana dapat tetap hidup layaknya di habitat asli  mereka. 

6. Taman Bermain

Taman bermain dibuat sebagai tempat hiburan dan rekreasi. Di dalam taman bermain biasanya ada berbagai wahana-wahana permainan, mulai dari wahana yang menyenangkan hingga ekstrim serta memacu adrenalis. 

7. Perkebunan 

Perkebunan umumnya ada di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Tanaman perkebunan daerah pegunungan misalnya tembakau, teh, kopi, dan lain-lain.

Selain di dataran tinggi, perkebunan bisa juga ditemukan di tempat lain seperti perkebunan kelapa sawit, karet, kapas, coklat, serta masih banyak lagi. 

Hasil perkebunan berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

8. Mall

Mall adalah bagian dari gaya hidup manusia modern. Di zaman sekarang, manusia lebih tertarik pergi ke mall daripada ke tempat-tempat wisata bernuansa alam. 

Berbagai aktivitas dapat dilakukan di mall seperti jalan-jalan, berbelanja, atau sekadar hang out. 

Cara Memelihara Lingkungan Buatan

Memelihara Lingkungan
Memelihara Lingkungan, Foto Oleh Unsplash Com

Seperti yang ada pada penjelasan sebelumnya, pembuatan bendungan atau dam memanfaatkan air sungai. Agar sungai dapat dimanfaatkan terus menerus oleh manusia, maka kelesetarian serta kebersihannya tentu harus dijaga. 

Perilaku baik yang bisa dilakukan untuk memelihara kelestarian sungai misalnya tidak membuang sampah atau limbah lain ke sungai.

Keberadaan sampah serta limbah tersebut menyebabkan sungai menjadi kotor bahkan tercemar.

Begitu pula dengan lahan pertanian. Agar mendapatkan hasil pertanian maksimal, petani tentu harus mengolah sawahnya dengan benar, seperti menggunakan pupuk ramah lingkungan dan menerapkan sistem pengairan yang baik. 

Bagaimana teman-teman studioliterasi? Sudah lengkap sekali kan penjelasan materi tentang lingkungan buatan di atas?

Jangan lupa untuk tetap belajar meskipun kalian di rumah aja. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Memelihara Lingkungan Buatan, Manfaat, & Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]