1. Kelas 9 Matematika

Luas Permukaan Kubus: Rumus, Soal dan Cara Pelajarinya!

Seperti yang kita ketahui bahwa kubus sebuah bangun ruang yang punya enam bidang datar yang kongruen, yaitu bentuk dan ukurannya sama.  Selain itu, kubus juga  memiliki enam sisi, 12 rusuk, dan delapan titik sudut yang terdiri dari empat rusuk tegak dan delapan rusuk mendatar. Luas permukaan juga merupakan salah satu hal yang kita pelajari pada materi seputar bangun ruang.

Untuk Sobat Literasi yang saat ini sedang belajar tentang luas permukaan kubus. Namun, masih bingung untuk menghitungnya. Artikel inilah yang akan menjelaskan semua serba-serbi tentang luas permukaan kubus termasuk bentuk soal dan cara menjawabnya!

Baca Juga: Cara Mempelajari Volume Kubus & Rumusnya!

Pengertian Luas Permukaan Kubus

Sumber: unsplash.com

Luas Permukaan Kubus untuk pengertiannya belum terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tapi dari beberapa sumber bahwa pengertian luas permukaan kubus merupakan jumlah seluruh sisi yang terdapat pada kubus.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Rumus Luas Permukaan Kubus

Karena kubus memiliki 6 sisi yang sama (bidang datar berbentuk persegi)  jadi, untuk rumusnya yaitu  6 × luas persegi. Sehingga luas permukaan kubus, yakni L = 6 × sisi × sisi. Artinya, semua sisi yang ada pada kubus tinggal kalikan 6 saja. 

Oh, iya karena sisinya sama pada rumus kamu bisa juga menghitungnya dengan cara sisi tersebut dipangkat dua lalu dikalikan 6. Kamu pilih salah satu rumus dan cara hitung yang menurutmu anggap mudah saja.

Baca Juga: Rumus Volume Tabung, Luas Permukaan, & Contoh Soal

Berbagai Macam Variasi Soal Luas Permukaan Kubus

Untuk membantu kamu memahami mengenai perhitungan luas permukaan kubus. Ada beberapa macam jenis soal yang bisa kamu coba pelajari dan sehingga jika ditemukan soal seperti itu kamu sudah tidak bingung.

  1. Kubus R memiliki volume 343 cm3 Berapa luas permukaannya?

Pertama, hitung sisinya dulu untuk bisa ketahui luas permukaannya.

s = ³√ V
s = ³√ 343
s = 7 cm

Catatan: Angka tersebut bisa dipangkat 3. 

LP = 6 x 7²
LP = 6 x 49
LP = 294 cm²

Maka, jawaban luas permukaan dari Kubus R adalah 294 cm² jika diketahui volumenya adalah 343 cm³.

2. Panjang rusuk Kubus D yaitu, 20 cm. Kira-kira berapa luas permukaannya?

PR = 20 cm
LP= 6 x s²
LP = 6 x 20²
LP = 6 x 400 = 2.400 cm².

Jadi, luas permukaan Kubus D adalah 2.400 cm².

3. Kubus H memiliki luas permukaan 486 cm². Nah, giliran kamu hitung panjang sisinya.

Pembahasan:

L = 6 x s²

s = √ (LP : 6)

s = √ (486 : 6)

s = √ 81

s = 9 cm

Notes: Angka tersebut jika dibagi 6 hasilnya harus yang merupakan pangkat 2. 

Sehuingga, panjang sisi Kubus H  adalah 7 cm.

Cara Mempelajari Luas Permukaan Kubus

Sumber: unsplash.com

 

  • Buat daftar angka pangkat 2 dan 3

Karena pada bangun ruang merupakan angka yang termasuk daftar pangkat 2 dan 3. Jadi kamu harus buat catatan daftar angka. Biar kamu juga bisa hafal sehingga mempermudah kamu untuk menjawab soal-soal terkait dengan luas permukaan lantaran sudah hafal diluar kepala.

Caranya seperti membuat daftar perkalian. Kamu bisa membuat daftar sebanyak jumlah angka yang kamu inginkan. Misal daftar dari 1 hingga 25 pangkat 2 dan 3. Ada cara lainnya kamu bisa buat dengan konsep flash card untuk menghafalnya. 

  • Latihan 

Bentuk latihannya bisa kamu sesuaikan dengan situasi, cara belajar dan kebutuhanmu. Misal cari contoh soal dari internet atau buku kumpulan-kumpulan soal Matematika bisa juga buku soal UN jika terdapat soal itu. Karena kemungkinan bisa juga gurumu mengambil beberapa referensi soal dari sumber tersebut untuk soal ujian yang akan diujikan.

Siapa tahu yang keluar pas ujian, merupakan salah satu atau bahkan beberapa contoh soal yang pernah kamu temukan dan kamu kerjakan. Soalnya ada yang sama persis atau ada beberapa yang berubah, seperti angkanya.

  • Ikut les

Untuk les kamu bisa memilih dengan sistem bimbingan belajar yang bareng siswa lainnya baik yang masih satu kelas, satu sekolah maupun yang berbeda sekolah dan sistem privat yang kamu hanya belajar berdua dengan guru les. Biasanya untuk guru les ada yang memperbolehkan kita untuk memilih gurunya sesuai keinginan. Tapi, tetap pastikan guru tersebut memang menguasainya

Bahkan, sekarang ini bisa dengan 3 cara, yakni full-online, hybrid dan full on site. Sebaiknya selain perhatikan kualitas gurunya ,harus perhatian sistem pembelajarannya. Seperti, apakah harus full on-site ke tempat les atau bisa secara virtual. 

  • Bertanya kepada guru saat pelajaran berlangsung

Rata-rata dimiliki oleh anak yang ambisius, terkenal pintar dan sangat tertarik dengan pelajaran tersebut. Kamu bisa coba bertanya dengan guru Matematika jika kamu belum memahaminya. Kalau berani kamu bisa langsung bertanya saat guru menjelaskan dan disaksikan oleh semua siswa lainnya.

Namun, kalau kamu merasa malu dan ingin bertanya tapi takut dengan reaksi siswa lainnya. Ada beberapa alternatif cara tanya kepada guru. Pertama, saat beliau sedang duduk dan tidak sibuk. Kedua, melalui chat pribadi gurunya. Namun untuk hal ini pastikan kalau guru tersebut sedang memiliki waktu luang.  

Baca Juga: 3 Cara Mencari FPB dengan Mudah & Cepat dengan Contoh Soal

Itulah, beberapa penjelasan mengenai cara menghitung luas permukaan kubus, termasuk rumusnya juga. Silahkan, pelajari sesuai dengan cara belajar kamu dan siapa tahu kamu justru jadi menyukai materi seputar bangun ruang dan bahkan menjadi materi Matematika favoritmu!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Luas Permukaan Kubus: Rumus, Soal dan Cara Pelajarinya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]