1. Kelas 9 IPA

Pemanfaatan dan Manajemen Sumber Daya Alam di Indonesia

Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah, mulai dari kekayaan hayati dan non hayati. Agar generasi di masa depan bisa tetap memanfaatkannya dengan maksimal, manajemen sumber daya alam sangat perlu untuk kita perhatikan. Kali ini, kita akan membahas manajemen sumber daya alam hingga pemanfaatannya yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan. Simak hingga selesai, Kawan Literasi!

Apa itu Sumber Daya Alam?

Sumber: freepik

Arti dari sumber daya alam yaitu segala sesuatu yang berada di alam serta bisa kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, misalnya sumber daya air, hutan, lahan, serta tambang dan mineral. 

Sumber daya alam (SDA) di Indonesia sangat beragam mulai dari sumber daya alam daratan dan perairan. Di wilayah daratan, sumber daya alam Indonesia terdiri dari pertanian, peternakan, pertambangan, kehutanan, pariwisata, dan perikanan darat. Sementara itu, di area perairan, sumber daya alam Indonesia mencakup perikanan, padang lamun, pariwisata pantai dan laut, kekayaan pesisir, energi, dan pertambangan. 

Di samping itu, berdasarkan jenisnya, sumber daya alam terbagi menjadi sumber daya alam hayati dan non hayati. Sumber daya alam hayati berasal dari makhluk hidup, seperti hewan, tumbuhan, dan berbagai mikroorganisme. Sedangkan, sumber daya alam non-hayati tidak berasal dari makhluk hidup, atau berupa benda mati, seperti air, tanah, udara, serta bahan tambang. 

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 4 April 2024 at 2:05 am

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks The post Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 3 April 2024 at 1:39 am

    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia The post Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia! appeared first on Sma Studioliterasi.

Baca juga: Perubahan Iklim Global: Pengertian, Dampak & Penanggulangan

Prinsip Manajemen Sumber Daya Alam

Sumber: freepik

Dalam mengelola sumber daya alam, ada dua prinsip yaitu prinsip ekoefisiensi dan pembangunan berkelanjutan, supaya seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat SDA dengan merata. 

1. Prinsip Ekoefisiensi

Prinsip ekoefisiensi dalam manajemen sumber daya alam yaitu mengelola SDA secara efisien, dalam arti menyeimbangkan efisiensi ekologi atau lingkungan dan efisiensi ekonomi. Dengan hal ini, manajemen sumber daya alam dapat meminimalisir terbuangnya limbah. Selain itu, prinsip ini juga menekankan pada penggunaan sumber daya alam secara menyeluruh. Secara umum, prinsip ekoefisiensi mencakup beberapa hal berikut ini:

  • Memanfaatkan SDA terbarukan
  • Menghasilkan produk yang dapat didaur ulang 
  • Meminimalisir penggunaan bahan baku
  • Mengurangi hasil limbah berbahaya ke lingkungan

2. Prinsip Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development)

Prinsip manajemen sumber daya alam berikutnya yaitu prinsip pembangunan berkelanjutan, tujuannya yakni untuk memaksimalkan sumber daya alam agar tidak membahayakan pemenuhan kebutuhan generasi di masa depan. Berikut adalah prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam pengelolaan SDA: 

  • Equality: Pemerataan untuk menyeimbangkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. 
  • Ekonomi: Peningkatan performa dan keahlian pekerja agar dapat berdaya saing, memperoleh pekerjaan yang layak, serta melaksanakan kerja sama ekonomi strategis. 
  • Energi: pemanfaatan sumber daya alam dengan efektif agar limbah bisa lebih berkurang.
  • Ekologi: Pembangunan yang dilaksanakan berdasarkan aspek ekologis, tidak melebihi kapasitas lingkungan itu sendiri.
  • Engagement: Keikutsertaan masyarakat untuk turut berperan dalam manajemen SDA, dengan pemerintah sebagai fasilitator dari aspirasi masyarakat. 

Prinsip-prinsip manajemen sumber daya alam tersebut bisa terlaksana dengan peningkatan potensi SDA , pengelolaan yang ramah lingkungan, serta jaminan bagi masyarakat untuk mendapat kesempatan yang merata dan adil.

Baca juga: Model Pembangunan Berkelanjutan: Arti, Ciri, dan Tujuannya

Bentuk Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Sumber: freepik

Berikut adalah bentuk-bentuk pemanfaatan sumber daya alam yang sesuai dengan nilai pembangunan yang berkelanjutan (sustanable development):

1. Reklamasi

Tujuan reklamasi adalah perluasan lahan dengan menciptakan lahan yang baru, salah satu caranya yaitu dengan mengeringkan rawa dengan membuat saluran air (tanggul). Selain itu, reklamasi juga bisa dilakukan dengan memperbaiki lahan bekas tambang dan mengeringkan laut. 

2. Meningkatkan Lahan Pertanian

Selain reklamasi, pemanfaatan SDA juga dapat melalui peningkatan lahan garapan. Namun, tidak semua tanah dapat menjadi lahan pertanian, sehingga perlu kondisi fisik yang sesuai, seperti tingkat ketersediaan air dan frekuensi sinar matahari. Selain itu, perlu juga memperhatikan topografi/relief serta tingkat kesuburan tanah. 

3. Meningkatkan Ketersediaan Pangan

Meningkatkan persediaan pangan atau hasil panen bisa dengan cara intensifikasi, diversifikasi, ekstensifikasi, rehabilitasi, atau mekanisasi pertanian. Intensifikasi pertanian adalah mengolah lahan pertanian yang sudah ada sebaik-baiknya agar hasil pertanian dapat meningkat. Sementara itu, ekstensifikasi adalah perluasan lahan pertanian sebagai upaya peningkatan hasil pertanian. Diversifikasi adalah upaya penganekaragaman jenis tanaman di lahan pertanian. 

Rehabilitasi, ialah cara untuk meningkatkan hasil pertanian dengan memperbarui atau meng-update cara-cara bertani, atau mengganti jenis tanaman yang sudah tidak lagi produktif. Yang terakhir, mekanisasi adalah penggunaan bantuan alat atau perlengkapan yang bisa bergerak sebagai bantuan untuk menjalankan pertanian.  

4. Mengembangkan Transportasi 

Contoh pengembangan transportasi yaitu pada awal ke-19 saat ada penemuan mesin uap yang diterapkan pada kereta uap, sebagai bentuk pembaharuan terhadap transportasi sepeda dan gerobak atau delman yang memanfaatkan tenaga hewan. Selain itu, semenjak bahan bakar ditemukan, transportasi berkembang menjadi adanya kendaraan bermotor dan transportasi udara. 

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Beserta Contohnya

Nah, itu dia ulasan mengenai manajemen sumber daya alam beserta pemanfaatannya yang sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau sustainable development. Dengan melaksanakan prinsip-prinsip yang sudah kita bahas di atas, harapannya sumber daya alam dapat kita manfaatkan secara optimal, minim limbah, serta penggunaannya bisa merata bagi seluruh masyarakat, dengan kesempatan pemanfaatan yang sama. Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk Kawan Literasi semua!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pemanfaatan dan Manajemen Sumber Daya Alam di Indonesia

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]