1. Kelas 8 Bahasa Indonesia

10 Manfaat Gemar Membaca yang Wajib Kamu Tahu Berikut Ini

Siapa Kawan Literasi yang suka membaca? Entah itu membaca novel, buku ensiklopedia, atau jenis buku lainnya. Kawan Literasi tahu nggak, sih, bahwa ada ternyata banyak banget, loh, manfaat gemar membaca buku. Manfaat yang bisa kamu rasakan salah satunya adalah pengetahuan yang semakin bertambah. 

Hal tersebut fakta loh, teman-teman. Selain menambah pengetahuan, masih banyak manfaat lain yang akan kamu dapatkan dari membaca buku. Ada 10 manfaat gemar membaca buku yang wajib kamu ketahui, nih. Apa saja? Yuk, simak artikelnya berikut ini. 

Manfaat Gemar Membaca Bagi Anak 

Manfaat gemar membaca bagi anak.
(sumber: iStock)

Berikut ini adalah 10 manfaat gemar membaca. Tidak hanya bagi anak-anak namun juga semua orang akan merasakan manfaatnya dari membaca. 

1. Stimulasi Otak

Dengan membaca secara rutin, dipercaya dapat menstimulasi kerja otak lebih baik. Membaca mampu menjaga kerja otak menjadi lebih aktif serta dapat mencegah penurunan daya ingat. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Otak membutuhkan latihan untuk dapat menjaga kemampuan berpikir kritis dan analitis. Dengan membaca, dapat menjadi salah satu pilihan untuk tetap merangsang kerja otak.

2. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Ternyata, manfaat gemar membaca juga mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Hal ini disebabkan saat kita semakin terbawa dalam buku tersebut, kita akan semakin berkonsentrasi pada cerita atau isi buku. 

Dengan meningkatnya fokus dan konsentrasi, akan berdampak baik pada pekerjaan dan tugas-tugas kamu. Tentu kamu dapat menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari. 

3. Meningkatkan Aktivitas Sensorik

Menurut penelitian di Emory University, membaca buku dapat meningkatkan aktivitas pada sulkus sentral otak yang bertanggung jawab dalam aktivitas motorik sensorik primer. Ketika membaca, neuron akan aktif dan menciptakan sensasi dari buku yang dibaca. 

Jadi, manfaat gemar membaca buku tidak hanya memberikan imajinasi, tapi juga mempengaruhi proses biologi di dalam otak. Wah, semakin menarik ya! Yuk, lanjut ke manfaat berikutnya!

4. Memberikan Ketenangan

Apa sih, yang teman-teman rasakan ketika baca buku? Pasti kalian akan fokus dan merasa tenang apalagi jika berada di tempat yang sunyi. Manfaat gemar membaca yang satu ini pasti sangat bisa kamu rasakan dalam mencari suasana yang tenang. 

5. Mencegah Demensia

Dilansir dari Life Hack, manfaat gemar membaca buku dapat membantu mencegah demensia serta penyakit alzheimer. Dengan menumbuhkan kebiasaan ini mampu menjaga aktivitas otak agar tidak kehilangan energi. Dengan rutin berlatih, fungsi otak akan semakin kuat sehingga dapat mencegah penyakit penyakit tersebut. 

6. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Pernahkah Kawan Stulit membaca buku novel yang bergenre misteri atau romantis? Bagi kalian yang sudah pernah, saat membacanya pasti kalian akan terbawa dalam naskah dan ikut berpikir tentang cerita tersebut. 

Kalian akan menebak-nebak dan menganalisa apa yang selanjutnya terjadi pada cerita tersebut. Dengan rajin membaca, kemampuan kita dalam berpikir kritis semakin diasah terutama membaca buku yang bergenre misteri atau buku lain yang mendukung kita berpikir kritis. 

7. Memperluas Kosa Kata

Kalian pernah merasa kesulitan dalam merangkai kata menjadi sebuah kalimat? Cobalah untuk rutin membaca buku. Karena, melalui kegiatan ini, kita dapat memperluas kosa kata yang lebih beragam yang kita temukan di dalam buku. 

8. Meningkatkan Memori

Saat kalian membaca buku, secara tak sadar kalian akan terbawa dalam karakter, suasana dan latar belakang cerita di dalamnya. Kegiatan ini akan sangat membantu kalian dalam meningkatkan serta melatih daya ingat.

Semakin intens membaca buku, kita akan semakin terlatih dalam mengingat sesuatu dengan mudah, membaca buku juga akan berguna ketika belajar atau ujian. Melalui kegiatan ini, tentu akan sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

9. Menambah Pengetahuan

Buku merupakan jendela dunia ternyata benar adanya. Dengan membaca buku, kita dapat mempelajari pengetahuan baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya dan bahkan tidak pernah diajarkan di sekolah. 

Hanya dengan satu buku, kamu akan mendapatkan sejuta pengetahuan dan informasi baru, tentu saja, ilmu baru yang kalian dapatkan dari buku dapat kamu bagikan ke orang lain sehingga akan bermanfaat. 

10. Mengurangi Stress

Percayakah teman-teman, bahwa membaca bisa menjadi cara untuk mengurangi beban dan stress yang sedang dihadapi? Kalian bisa meluangkan waktu sejenak untuk menemukan buku yang tepat, dan memilih buku dengan genre yang diminati. Dengan begitu, maka membaca tidak lagi terasa berat bagi kalian.

Membaca juga dapat menjadi terapi sederhana untuk mengalihkan kamu dari pikiran dan tekanan di sekitar. Kalian dapat mencoba dengan meluangkan waktu satu minggu sekali untuk membaca dan melepas penat.

Baca juga: Apa Perbedaan Artikel dan Jurnal? Baca Selengkapnya di Sini.

Nah, jadi itu tadi 3 manfaat gemar membaca dan lainnya yang penting untuk teman-teman ketahui, supaya bisa menjadi motivasi teman-teman untuk terus menumbuhkan minat baca. Jadi, sudahkah kamu membaca buku hari ini? Ikuti terus artikel pembahasan mata pelajaran paling lengkap di laman Studio Literasi!

Reaksi orang terhadap cerita ini.

Komentar untuk: 10 Manfaat Gemar Membaca yang Wajib Kamu Tahu Berikut Ini
  • 30 Agustus 2023

    Kakak saya merekomendasikan saya untuk menyukai blog ini. Dia benar sekali. Postingan ini benar-benar membuat hari saya menyenangkan. Anda tidak dapat membayangkan berapa banyak waktu yang saya habiskan untuk mendapatkan informasi ini! Terima kasih!

    Balas
  • 30 Agustus 2023

    Saya kagum, harus saya katakan. Jarang sekali saya menemukan blog yang sama edukatif dan menariknya, dan tanpa diragukan lagi, Anda telah mencapai tujuan yang tepat. Masalahnya adalah masalah yang tidak cukup banyak orang yang membicarakannya dengan cerdas. Saya sangat senang bahwa saya menemukan ini selama pencarian saya untuk sesuatu tentang hal ini.

    Balas
  • 30 Agustus 2023

    Halo, saya hanya ingin memberi tahu Anda. Teks dalam artikel Anda tampaknya keluar dari layar di IE. Saya tidak yakin apakah ini masalah format atau ada hubungannya dengan kompatibilitas browser web, tetapi saya pikir saya akan memposting untuk memberi tahu Anda. Desain dan gayanya terlihat bagus! Semoga masalah ini dapat segera teratasi. Banyak terima kasih

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

Trending

Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]