Pengertian, Makna, dan Manfaat Persatuan dan Kesatuan

2 min read

manfaat persatuan dan kesatuan
Manfaat Persatuan dan Kesatuan, foto oleh Gurugeografi Id

Persatuan dan kesatuan merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki setiap bangsa. Hal ini penting karena pada hakikatnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain dalam setiap aktivitasnya. Sehingga untuk melakukannya diperlukan sikap saling menghormati dan menghargai agar kehidupannya dapat berjalan secara harmonis.

Penting sekali menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat agar tercapai kehidupan yang harmonis dan tetap saling menghargai. Untuk itu, kita perlu memahami makna yang tersirat dari persatuan dan kesatuan.

Nah, untuk lebih memahaminya, mari kita simak pembahasan berikut mengenai pengertian, makna, prinsip, hingga manfaat persatuan dan kesatuan bagi bangsa dan negara.

Pengertian Persatuan dan Kesatuan

Persatuan berasal dari kata satu yang memiliki arti utuh dan tidak pecah belah. Secara luas arti dari persatuan adalah perkumpulan berbagai macam corak mulai dari kalangan, ras, budaya, dan adat istiadat dalam masyarakat yang bersatu dengan serasi.

Kesatuan merupakan hasil dari persatuan yang telah menjadi utuh atau tidak terpecah belah. Oleh karena itu, persatuan dan kesatuan sangatlah erat hubungannya dan tidak dapat dipisahkan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan memiliki makna yaitu bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi utuh dan serasi.

Makna Persatuan dan Kesatuan

Seperti yang diketahui, setiap sesuatu yang berharga pasti memiliki makna tersendiri. Begitu juga dengan persatuan yang merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap bangsa. Berikut ini merupakan beberapa maknanya :

  1. Menjaga rasa persatuan dan kesatuan dengan cara saling melengkapi dan tetap menjalin rasa kebersamaan.
  2. Berusaha dalam menjalin toleransi dan rasa kemanusiaan dengan hidup berdampingan secara serasi dan harmonis.
  3. Selalu berusaha untuk menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan, saling tolong menolong serta nasionalisme antar bangsa dan negara.

Prinsip Persatuan dan Kesatuan

Terdapat lima prinsip yang menjadi pondasi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, yaitu sebagai berikut :

  • Prinsip Bhineka Tunggal Ika

Bhineka Tunggal Ika yang merupakan semboyan bangsa Indonesia yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Ini sangat sesuai dengan keadaan Indonesia yang terdiri dari beragam suku, ras, kebudayaan, dan agama, dimana bangsa Indonesia diwajibkan untuk saling bersatu pada dalam satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

  • Prinsip Nasionalisme Indonesia

Nasionalisme merupakan sikap mencintai bangsa dan negara sendiri. Namun, hal ini tidak membuat bangsa Indonesia merasa paling unggul dan menganggap rendah bangsa lain, tetapi berusaha yang terbaik untuk dapat memajukan negara Indonesia. 

  • Prinsip Kebebasan yang Bertanggungjawab

Setiap orang memiliki hak dan kebebasan terhadap dirinya, sesama, dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa asal dapat mempertanggungjawabkannya dan tidak menyalahi Hak Asasi Manusia. 

  • Prinsip Wawasan Nusantara 

Wawasan Nusantara merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan serta cita-cita nasional. Dengan adanya wawasan Indonesia, bangsa Indonesia akan merasa satu, senasib, sebangsa dan setanah air, serta memiliki semangat untuk mencapai cita-cita pembangunan nasional.

  • Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi

Sebagai warga negara yang baik, kita harus dapat mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan semangat persatuan Indonesia.

Nilai Persatuan dan Kesatuan

Selain mempelajari maknanya, kita juga harus mengerti nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah persatuan dan kesatuan, seperti berikut ini :

  1. Mempertahankan persatuan dan kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  2. Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).
  3. Musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan.
  4. Meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.
  5. Bersikap adil.
  6. Menerapkan rasa kekeluargaan.
  7. Toleransi.
  8. Mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif.

Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Selanjutnya kita perlu memahami manfaat yang dapat dirasakan dari adanya rasa persatuan dan kesatuan yang kuat. Berikut ini adalah manfaat persatuan dan kesatuan bagi bangsa dan negara :

  • Dapat mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran dan kesabaran.
  • Dapat melaksanakan pembangunan nasional secara baik, aman, dan lancar.
  • Dengan setiap orang menunjukan sikap solidaritas dan toleran yang tinggi, akan menciptakan suasana yang aman, damai, dan tentram dalam negara.
  • Agar tidak terjadi perpecahan bangsa dan keutuhan tetap terjaga.
  • Dapat memperkuat pertahanan nasional dalam menghadapi berbagai macam ancaman dan gangguan dalam bernegara.
  • Mewujudkan kehidupan yang selaras, seimbang, dan serasi antar sesama.
  • Dapat menjaga keutuhan dan keamanan NKRI.
  • Supaya tidak timbul perbedaan yang menonjol antar manusia.
  • Mewujudkan pergaulan yang lebih akrab dan rukun antar sesama.
  • Mempermudah dalam mencapai tujuan nasional yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4.

Last Updated on November 12, 2020

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top