1. SD PKN

Pengertian, Makna, dan Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki setiap bangsa. Hal ini penting karena pada hakikatnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain dalam setiap aktivitasnya. Sehingga untuk melakukannya diperlukan sikap saling menghormati dan menghargai agar kehidupannya dapat berjalan secara harmonis.

Penting sekali menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat agar tercapai kehidupan yang harmonis dan tetap saling menghargai. Untuk itu, kita perlu memahami makna yang tersirat dari persatuan dan kesatuan.

Nah, untuk lebih memahaminya, mari kita simak pembahasan berikut mengenai pengertian, makna, prinsip, hingga manfaat persatuan dan kesatuan bagi bangsa dan negara.

Pengertian Persatuan dan Kesatuan

Persatuan berasal dari kata satu yang memiliki arti utuh dan tidak pecah belah. Secara luas arti dari persatuan adalah perkumpulan berbagai macam corak mulai dari kalangan, ras, budaya, dan adat istiadat dalam masyarakat yang bersatu dengan serasi.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Kesatuan merupakan hasil dari persatuan yang telah menjadi utuh atau tidak terpecah belah. Oleh karena itu, persatuan dan kesatuan sangatlah erat hubungannya dan tidak dapat dipisahkan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan memiliki makna yaitu bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi utuh dan serasi.

Makna Persatuan dan Kesatuan

Seperti yang diketahui, setiap sesuatu yang berharga pasti memiliki makna tersendiri. Begitu juga dengan persatuan yang merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap bangsa. Berikut ini merupakan beberapa maknanya :

  1. Menjaga rasa persatuan dan kesatuan dengan cara saling melengkapi dan tetap menjalin rasa kebersamaan.
  2. Berusaha dalam menjalin toleransi dan rasa kemanusiaan dengan hidup berdampingan secara serasi dan harmonis.
  3. Selalu berusaha untuk menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan, saling tolong menolong serta nasionalisme antar bangsa dan negara.

Prinsip Persatuan dan Kesatuan

Terdapat lima prinsip yang menjadi pondasi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, yaitu sebagai berikut :

  • Prinsip Bhineka Tunggal Ika

Bhineka Tunggal Ika yang merupakan semboyan bangsa Indonesia yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Ini sangat sesuai dengan keadaan Indonesia yang terdiri dari beragam suku, ras, kebudayaan, dan agama, dimana bangsa Indonesia diwajibkan untuk saling bersatu pada dalam satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

  • Prinsip Nasionalisme Indonesia

Nasionalisme merupakan sikap mencintai bangsa dan negara sendiri. Namun, hal ini tidak membuat bangsa Indonesia merasa paling unggul dan menganggap rendah bangsa lain, tetapi berusaha yang terbaik untuk dapat memajukan negara Indonesia. 

  • Prinsip Kebebasan yang Bertanggungjawab

Setiap orang memiliki hak dan kebebasan terhadap dirinya, sesama, dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa asal dapat mempertanggungjawabkannya dan tidak menyalahi Hak Asasi Manusia. 

  • Prinsip Wawasan Nusantara 

Wawasan Nusantara merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan serta cita-cita nasional. Dengan adanya wawasan Indonesia, bangsa Indonesia akan merasa satu, senasib, sebangsa dan setanah air, serta memiliki semangat untuk mencapai cita-cita pembangunan nasional.

  • Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi

Sebagai warga negara yang baik, kita harus dapat mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan semangat persatuan Indonesia.

Nilai Persatuan dan Kesatuan

Selain mempelajari maknanya, kita juga harus mengerti nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah persatuan dan kesatuan, seperti berikut ini :

  1. Mempertahankan persatuan dan kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  2. Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).
  3. Musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan.
  4. Meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.
  5. Bersikap adil.
  6. Menerapkan rasa kekeluargaan.
  7. Toleransi.
  8. Mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif.

Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Selanjutnya kita perlu memahami manfaat yang dapat dirasakan dari adanya rasa persatuan dan kesatuan yang kuat. Berikut ini adalah manfaat persatuan dan kesatuan bagi bangsa dan negara :

  • Dapat mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran dan kesabaran.
  • Dapat melaksanakan pembangunan nasional secara baik, aman, dan lancar.
  • Dengan setiap orang menunjukan sikap solidaritas dan toleran yang tinggi, akan menciptakan suasana yang aman, damai, dan tentram dalam negara.
  • Agar tidak terjadi perpecahan bangsa dan keutuhan tetap terjaga.
  • Dapat memperkuat pertahanan nasional dalam menghadapi berbagai macam ancaman dan gangguan dalam bernegara.
  • Mewujudkan kehidupan yang selaras, seimbang, dan serasi antar sesama.
  • Dapat menjaga keutuhan dan keamanan NKRI.
  • Supaya tidak timbul perbedaan yang menonjol antar manusia.
  • Mewujudkan pergaulan yang lebih akrab dan rukun antar sesama.
  • Mempermudah dalam mencapai tujuan nasional yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4.

Baca Juga : Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian, Makna, dan Manfaat Persatuan dan Kesatuan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]