1. Kelas 7 IPA

Massa Jenis Besi: Pengertian, Sifat, Rumus dan Contoh Soal

Besi merupakan benda yang sering digunakan oleh banyak orang. Penggunaan besi dalam kehidupan sehari-hari menjadikannya memiliki kedudukan penting sebagai material kebutuhan masyarakat. 

Besi memiliki sifat yang sangat melekat yaitu kokoh dan multifungsi. Alasan yang menjadikannya benda seperti itu karena adanya massa jenis besi atau densitas. Studio Literasi akan membahas terkait berapa massa jenis besi, sifat serta contoh soalnya. Simak selengkapnya di artikel ini! 

Sifat-Sifat Besi dan Kegunaannya

Besi beserta Sifat dan Kegunaannya (Sumber: Dekoruma)
Besi beserta Sifat dan Kegunaannya (Sumber: Dekoruma)

Menggunakan besi sebagai material pada suatu bangunan dapat menciptakan pondasi yang kuat dan kokoh. Banyak ragam jenis besi yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan seperti besi beton polos, besi ulir, besi beton banci dan masih banyak lagi. 

Orang-orang Mesir Kuno sejak tahun 4300 sebelum masehi sudah menggunakan besi untuk menciptakan berbagai macam peralatan dapur dan juga perhiasan. Orang Mesir Kuno menemukan besi pertama kali dari sisa meteorit yang jatuh ke bumi. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Pada kawasan Asia, penggunaan besi dilakukan pertama kali oleh India pada tahun 415 masehi. Unsur besi masih melimpah ruah hingga saat ini, data mengatakan bahwa sekitar 5% unsur yang membentuk kerak bumi adalah besi. Sebagian besar besi yang ada di bumi didominasi oleh mineral besi yaitu magnetit dan hematit.

Besi mempunyai sifat-sifat yang membuatnya unik, sifat tersebut terbagi menjadi dua yaitu sifat fisik dan sifat kimia. Besi merupakan logam yang memiliki warna putih silver yang mengkilap. Secara fisiknya, besi tergolong elastis dan lunak. Hal inilah yang merupakan alasan besi bisa ditarik tanpa takut akan putus. Memiliki sifat lunak membuatnya mudah ditempa menjadi berbagai bentuk. 

Titik lebur yang unsur besi miliki sekitar 1.536 celcius atau 2797 fahrenheit. Sedangkan untuk titik didih, membutuhkan suhu sekitar 3000 celcius agar besi tersebut bisa mendidih. 

Seperti yang sudah disebutkan, selain memiliki sifat fisik besi juga punya yang namanya sifat kimiawi. Dalam tabel periodik, unsur kimia besi memiliki nama ferum atau FE yang jika dibandingkan dengan unsur lainnya massa jenis besi tergolong cukup tinggi. 

Unsur besi masuk kedalam golongan logam yang memiliki sifat sangat aktif. Karena hal tersebut besi sangat mudah bereaksi terhadap unsur-unsur lain seperti oksigen, air, uap air, dan masih banyak lagi. Besi memiliki sifat kimia lain yaitu bisa larut dalam larutan asam. 

Sifat besi yang reaktif membuatnya seringkali digunakan sebagai bahan campuran paduan logam. Apabila mencampurkan elemen karbon dengan besi akan menciptakan logam baja. Hal ini akan menghasilkan besi baja dengan tekstur yang sangat kuat. Jenis logam ini sering digunakan sebagai bahan dasar berbagai macam konstruksi seperti kapal, bangunan, dan berbagai macam peralatan lainya. 

Massa jenis besi kerap digunakan sebagai material konstruksi sebab kuat dan multiguna. Namun, terdapat juga kelemahan yang tidak bisa dihindari yaitu korosi. Arti dari korosi secara umum adalah proses rusaknya benda logam yang disebabkan oleh faktor lingkungan. 

Terjadinya korosi atau karat karena sifat besi yang sangat reaktif terhadap unsur lain salah satunya yaitu oksigen. Reaksi tersebut menyebabkan terjadinya proses oksidasi yang kemudian menimbulkan karat atau korosi. 

Proses korosi sendiri adalah hal yang wajar terjadi pada besi. Akan tetapi terdapat beberapa proses yang menjadikannya berlangsung lebih cepat antara lain kelembaban udara, terbentuknya sel elektrokimia, larutan elektrolit, dan faktor permukaan logam yang tidak merata. 

Apa Itu Massa Jenis Besi?

Pengertian Massa Jenis Besi (Sumber: Arafuru)
Pengertian Massa Jenis Besi (Sumber: Arafuru)

Sebelum menjelaskan apa itu massa jenis besi, alangkah baiknya mengetahui berapa massa jenis besi terlebih dahulu. Massa jenis besi memang tergolong cukup tinggi dibandingkan unsur lainnya yang terdapat pada tabel periodik. Sebab untuk densitas, massa jenis besi bisa mencapai sekitar 7,874 gram per cm3. Wah! besar juga ya Kawan Literasi. 

Lalu, Apa itu massa jenis besi? Apakah berbeda dengan massa saja? 

Studio Literasi akan menjelaskan perbedaan dari  kedua hal tersebut untuk Kawan Literasi semua. Massa adalah jumlah partikel pada suatu benda. Sedangkan, massa jenis adalah pengukuran massa pada setiap satuan volume benda. atau untuk mudahnya merupakan suatu ukuran untuk menunjukkan kerapatan dan kepadatan suatu partikel tersusun. 

Kawan Literasi perlu mengingat bahwa semakin tinggi massa jenis sebuah benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Dengan demikian, massa jenis besi dapat diartikan sebagai massa setiap satuan volume pada besi. 

Tabel Massa Jenis Besi dan Material Lainnya

Tabel Massa Jenis Besi dan Material Lain (Sumber: Toko Besi Permata)
Tabel Massa Jenis Besi dan Material Lain (Sumber: Toko Besi Permata)

Tau gak sih, Kawan Literasi juga bisa menghitung massa jenis besi loh! Namun, agar mempermudah proses perhitungan Studio Literasi akan membagikan tabel massa jenis untuk setiap material. Adanya tabel ini akan mempermudah kalian untuk mendapatkan informasi terkait material yang dibutuhkan. Berikut material beserta massa jenisnya: 

Material Massa Jenis (kg/m3)
Aluminium 2712
Alumunium Foil2700-2750
Batu Apung 641
Batu Andesit 2771
Baja7850
Bata Tanah Liat 2403
Batu Hancur 1602
Besi Cor 6800-7800
Besi Tempa7750
Besi Sulfat 1290
Granit Padat 2691
Granit Rusak 1650
Marmer Padat 2563
Marmer Rusak 1570
Pasir Basah 1922
Pasir Kering 1602
Pasir Kerikil Basah 2020
Porselin 2403
Semen Portland1506
Semen Mortar 2162
Stainless Stell7480-8000
Seng7135

Tabel diatas merupakan daftar massa jenis material lain yang bisa Kawan Literasi gunakan saat menghitung. Data yang sudah tertulis dalam tabel bisa memudahkan kalian untuk mencari informasi terkait massa jenis suatu benda. 

Rumus Massa Jenis Besi dan Contoh Soalnya

Rumus Massa Jenis dan Soalnya (Sumber: Berita99)
Rumus Massa Jenis dan Soalnya (Sumber: Berita99)

Setelah mengetahui massa jenis besi dan material lain, saat nya Studio Literasi memberikan bagaimana cara menghitung massa jenis besi. Menghitung massa jenis dilambangkan dengan ρ” yang cara membacanya adalah rho

Sistem Internasional (SI) mengatakan satuannya adalah kg/m3 atau kg.m-3. Jadi, untuk satuan juga harus disesuaikan. Jika massa menggunakan kg, maka satuan volume nya adalah m3. Untuk konversi satuannya kurang lebih seperti ini: 

  • 1kg/m3 = 0,001 g/m3
  • 1g/cm3 = 1000kg/m3
  • 1 liter = 1000 milimeter = 1000cm3

Nah, sekarang bagaimana cara menghitung massa jenis besi? 

Massa jenis benda maupun material merupakan total massa dibagi dengan total volume nya. Untuk lebih jelasnya bisa melihat rumus massa jenis besi berikut: 

ρ = m/v

Keterangan: 

ρ = massa jenis (kg/m3) atau (g/cm3) 

m = massa (kg atau gram) 

V = volume (m3 atau cm3) 

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai bagaimana cara menghitung massa jenis besi, berikut contoh soalnya: 

Massa jenis besi adalah 7.900 kg/m3. Jika massa besi adalah 3.950 kg, maka volume besi tersebut sebesar? 

Diketahui: 

ρ = 7.900kg/m3 

m = 3.950 kg

Ditanyakan: V? 

Jawaban: 

ρ = m/v 

7.900 = 3.950kg/v

v = 3.950kg/7.900

v= ½ = 0,5 m3 

Jadi, volume dari besi tersebut adalah 0,5 m3. 

Baca Juga: Perbedaan Unsur, Senyawa & Campuran + Contoh Soal dan Jawabannya

Demikian informasi terkait massa jenis besi yang Studi Literasi sudah rangkum. Baca terus artikel menarik lainnya untuk menambah pengetahuan para Kawan Literasi semua! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Massa Jenis Besi: Pengertian, Sifat, Rumus dan Contoh Soal

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]