1. Kelas 7 IPS

Model Pembangunan Berkelanjutan: Arti, Ciri, dan Tujuannya

Model pembangunan berkelanjutan merupakan upaya secara sadar dan terencana untuk mengombinasikan aspek lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi untuk strategi pembangunan yang sesuai dengan Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Untuk mengetahui lebih jauh tentang model pembangunan berkelanjutan, simak artikel kali ini hingga akhir, Kawan Literasi!

Apa itu Model Pembangunan Berkelanjutan?

Sumber: freepik

Pembangunan berkelanjutan adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan masa sekarang dengan cara meminimalisir dampak yang negatif terhadap lingkungan, sehingga kualitas kehidupan saat ini tidak terganggu. Selain itu, sumber daya alam yang ada juga akan tetap terjaga agar bisa menopang hidup generasi yanga akan datang. 

Semenjak Deklarasi Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2015, masyarakat di berbagai negara mulai menganggap pembangunan berkelanjutan adalah hal yang penting. Berbeda dengan pembangunan lainnya, pembangunan berkelanjutan memiliki karakteristik tersendiri, antara lain: 

  • Setiap tindakan harus memprediksi dampak apa yang akan timbul terlebih pada kesehatan serta kelestarian lingkungan hidup. 
  • Memotivasi perilaku manusia yang mendukung pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang berkesinambungan (sustainable).
  • Memegang erat rasa tanggung jawab kepada alam.
  • Berperan aktif menjaga alam dalam setiap kegiatan sosial serta ekonomi. 
  • Manusia juga perlu memiliki kualitas untuk meningkatkan pengetahuan serta kemampuan yang kompetitif untuk menguasai teknologi serta memanfaatkan alam dengan efisien dan penuh tanggung jawab. 
  • Setiap intervensi kebijakan dan fokus kegiatan harus saling memperhatikan keterkaitan antartujuan. 

Baca juga: Seluk-Beluk Kegiatan Ekonomi: Jenis, Faktor, & Sektornya

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 

Deklarasi Sustainable Development Goals (SDGs) menyatakan bahwa ada 17 tujuan dari pembangunan berkelanjutan yang dikelompokkan menjadi 4 pilar, antara lain: 

Pilar 1 : Pilar Pembangunan Sosial

Sumber: freepik
  • Mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk dimanapun.

Hal ini bisa ditangani dengan berbagai aspek, salah satunya melalui perlindungan sosial, kesetaraan akses terhadap mengentaskan diri dari kemiskinan, serta membangun ketahanan masyarakat miskin terhadap kerentanan sosial ekonomi dan perubahan iklim/ bencana. 

  • Menghilangkan kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan gizi yang baik, serta meningkatkan pertanian berkelanjutan.

Upaya yang bisa dilakukan untuk mencapai target ketahanan pangan yaitu melalui pertanian berkelanjutan dengan support peningkatan investasi di pertanian melalui pembangunan infrastruktur serta kerja sama internasional. Lalu, melakukan perbaikan sistem perdagangan yang distortif, dan melaksanakan fungsi pasar komoditas dan derivatifnya untuk mencegah volatilitas pasar. 

  • Menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia. 

Poin ini dapat direalisasikan dengan memperluas jaminan kesehatan untuk segala usia.

  • Menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua 

Kita bisa mencapai poin ini melalui peningkatan kualitas pendidikan untuk segala usia (long life learning). Sementara itu, generasi muda bisa memfokuskan pada keahlian (skill) untuk mendukung pekerjaan yang layak serta kewirausahaan. 

  • Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan kaum perempuan

Pilar 2 : Pilar Pembangunan Ekonomi

Sumber: freepik
  • Menjamin akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan dan modern untuk semua

Ketersediaan energi tidak hanya harus dengan harga yang bisa semua masyarakat jangkau, namun juga menggunakan energi yang sebisa mungkin terbarukan, beriringan dengan konsumsi energi yang efisien.

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua

Pertumbuhan ekonomi tidak hanya perlu terlaksana dengan tinggi, namun juga pertumbuhannya harus berkelanjutan dalam segi kemampuan fiskal maupun yang tidak membahayakan lingkungan hidup. Selain itu, juga perlu mengembangkan peluang kegiatan ekonomi yang ramah lingkungan serta mengembangkan kesempatan kerja yang layak dan produktif. 

  • Membangun infrastruktur yang tangguh, meningkatkan industri inklusif dan berkelanjutan, serta mendorong inovasi

Tujuan model pembangunan berkelanjutan dalam pilar ekonomi selanjutnya yaitu menciptakan industri yang berkelanjutan, inklusif, serta memiliki infrastruktur yang ramah lingkungan serta berdaya tahan (resilient).

  • Mengurangi kesenjangan intra- dan antarnegara
  • Menguatkan sarana pelaksanaan dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan

Kemitraan dalam rangka pembangunan berkelanjutan mencakup isu serta langkah yang dapat diwujudkan untuk ekonomi berkelanjutan dengan melaksanakan agenda pembangunan global. Hal ini merupakan peran serta tanggung jawab seluruh negara maju. 

Pilar 3 : Pilar Pembangunan Lingkungan Hidup

Sumber: freepik
  • Menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua
  • Menjadikan kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan
  • Menjamin pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan
  • Mengambil tindakan cepat untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya

Upaya ini salah satunya adalah dengan adanya forum perubahan iklim yang terpisah dalam forum Conference of the Parties/ COP, untuk mengendalikan perubahan iklim sekaligus meningkatkan daya tahan ekonomi agar memiliki ketahanan terhadap gangguan iklim yang sudah ada saat ini. 

  • Melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya kelautan dan samudera untuk pembangunan berkelanjutan

Poin ini penting sebab polusi sudah menjadi perhatian penting karena bisa mengganggu habitat organisme laut serta sumber air lainnya. 

  • Melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan, mengelola hutan secara lestari, menghentikan penggurunan, memulihkan degradasi lahan, serta menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati

Pilar 4 : Pilar Pembangunan Tata Kelola

Sumber: freepik
  • Menguatkan masyarakat yang inklusif dan damai untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses keadilan untuk semua, dan membangun kelembagaan yang efektif, akuntabel, dan iklusif di semua tingkatan.

Hal ini menjadi kesadaran tersendiri sebab banyaknya konflik atau perang akan tentu mengganggu kestabilan yang menjadi syarat utama berlangsungnya pembangunan berkelanjutan. Dengan meningkatnya konflik dalam berbagai bentuk, akan mengganggu upaya pembangunan inklusif serta berkelanjutan. 

Baca juga: Fungsi Lembaga Sosial beserta Jenis-Jenisnya, Lengkap!

Nah, itu tadi ulasan sekilas tentang ciri, makna, hingga 17 tujuan model pembangunan berkelanjutan berdasarkan Deklarasi SDGs. Semoga informasi kali ini bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Model Pembangunan Berkelanjutan: Arti, Ciri, dan Tujuannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]