1. Kuliah & Umum

Motorik adalah: Pengertian & Faktornya!

Motorik merupakan kemampuan dan perkembangan seseorang dalam menjalankan aktivitas yang berdasarkan usia. Biasanya anak-anak bisa diketahui dari kecerdasannya dan perkembangannya melalui kemampuan ketika mengerjakan suatu hal. 

Jika, anak tersebut mampu untuk melakukan suatu hal sesuai dengan usianya dan bahkan sebelum usianya. Maka dianggap anak tersebut memiliki motorik yang bagus. Untuk lebih jelasnya pembahasan soal motorik, bisa langsung kamu baca artikel ini sampai habis, ya!

Baca Juga: Mengenal Konsep Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup – Biologi Kelas 9

Pengertian Motorik

Sumber: unsplash.com

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian motorik, yakni bersangkutan dengan penggerak. Hal ini berarti anak bisa menggerakan anggota tubuhnya sesuai dengan keinginan. Anak juga bisa mengontrol atau mengukur apakah gerakan tersebut terlalu kuat, lemas, banyak atau sedikit. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Selain pada KBBI, pengertian kata ini juga terdapat pada pendapat ahli. Berikut adalah beberapa pengertian lainnya yang berasal dari beberapa pendapat ahli:

  • Schmidt (1988) motorik adalah suatu proses perubahan merespons yang permanen sebagai akibat dari latihan dan pengalaman.
  • Drowatzky (1981) motorik adalah perubahan individu sebagai hasil timbal balik antara latihan dan kondisi lingkungan.
  • Hurlock (1978) motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf dan otot yang terkoordinasi.
  • Bambang  Sujiono (2007) berpendapat  bahwa  motorik merupakan kemampuan  yang  membutuhkan  koordinasi  sebagian  besar bagian tubuh anak. 
  • Endang Rini Sukamti (2007) motorik merupakan aktivitas  yang  menggunakan otot-otot  besar  di antaranya gerakan keterampilan non lokomotor, gerakan lokomotor, dan gerakan manipulatif.

Dari seluruh pengertian kita simpulkan kalau pengertian motorik adalah kemampuan anak untuk mengontrol dan menggunakan anggota tubuhnya. Hal ini melibatkan 3 unsur, yaitu otot, pusat syaraf dan urat syaraf. Jadi jika otot dan syaraf anak tersebut tidak berfungsi dengan baik maka akan mempengaruhi kecerdasan motorik anak tersebut.

Jenis- Jenis Motorik

  • Motorik Halus

Sumber: unsplash.com

Merupakan kegiatan yang berfokus menggunakan otot kecil kebanyakan menggunakan otot tangan. Untuk motorik harus bisa koordinasi tangan, jari, mata dan bibir. Umumnya, merupakan kegiatan ringan. Seperti, menyentuh benda, mengambil barang yang jatuh, berjalan, mencoret-coret kertas dan berbicara.

  • Motorik Kasar

    Sumber: unsplash.com

Kegiatan yang memerlukan tenaga ekstra dan lebih kompleks.Pada motorik kasar memerlukan koordinasi menggunakan tangan, kaki dan matanya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak baik, salah satunya jatuh. Diantaranya, menendang, menaiki beberapa anak tangga hingga melakukan olahraga, seperti bermain bola, berenang dan bersepeda.

Hal-Hal yang Bisa Mempengaruhi Motorik Anak.

  • Stimulasi atau interaksi orang tua

Ini merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian banyak orang tua karena banyak yang menganggap kalau perkembangan anak dipengaruhi dari pola asuh orang tua. Misal jika anak tersebut  dengan pola asuh yang anak sangat memanjakan anak. Maka nanti, karena terbiasa seperti itu jadi anak tersebut tidak mandiri, sehingga sulit untuk melakukan pembelajaran yang berkaitan dengan menggerakan tubuhnya. Selain itu, jika orang tua tersebut menerapkan pola asuh yang otoriter. Anak akan menjadi penakut dan tidak enakan, pastinya bakal pengaruh pada motoriknya.

  • Stimulasi atau interaksi orang tua

Jika orang tua jarang atau bahkan tidak pernah memberikan stimulasi atau interaksi pada anak. Maksudnya seperti mengajak bicara dengan bahasa yang baik dan benar, diajarkan untuk melakukan sesuatu. Maka tidak heran perkembangan motoriknya bisa terhambat bahkan terlambat tidak sesuai usianya.

Misal kalau jarang berbicara dengan anak, Nantinya anak tersebut bisa mengalami keterlambatan bicara (speech delay) dan yang paling parahnya lagi belum bisa berbicara meski sudah memasuki usia yang memerlukan kegiatan yang harus berbicara, seperti sekolah.

  • Gizi

Hal ini biasanya terkait dengan asupan gizi pada makanan dan minuman yang diberikan pada anak. Jika asupan gizi dijaga dengan makanan bergizi seimbang, maka perkembangan sistem gerak anak akan berjalan dengan baik.

Sebaliknya jika anak diberikan asupan gizi yang kurang bahkan tidak sehat. Seperti diberikan makanan atau minuman yang seharusnya belum pantas diberikan pada usia anak. Maka sudah pasti pengaruh pada perkembangan motorik dan otaknya juga.

  • Pendidikan

Pada saat usia anak memasuki masa sekolah, orang tua harus mencari sekolah yang dapat membantu mengembangkan kemampuan kecerdasan gerak anak. Sebaiknya, survey sebanyak mungkin sekolah anak. Kalau bisa perhatikan kurikulum dan apa saja yang bakal dipelajari oleh anak. Akan lebih bagus kalau sekolah tersebut memperbolehkan free trail yang merupakan kesempatan untuk mencoba merasakan anak belajar di sekolah tersebut. 

Bahkan, pada saat free trail ada sekolah yang memperbolehkan orang tua atau pengasuhnya untuk ikut serta. Tujuannya untuk melihat sistem belajarnya dan bisa melihat kemampuan motorik anak saat mengikuti pembelajaran. Kalau pendidikannya bagus, berarti motorik anak juga otomatis bagus juga.

Baca Juga: Cara Memelihara Lingkungan Buatan, Manfaat, & Contohnya

Teman seusianya

Hal ini berlaku baik di sekolah, rumah maupun keluarga. Jika terdapat teman seusianya yang memang aktif dan motoriknya bagus. Maka, anak tersebut termotivasi agar perkembangan motoriknya bisa seperti temannya. Tapi, pastikan kalau teman seusianya memang sangat mendukung dan tidak melakukan kegiatan yang dapat mempengaruhi sistem gerak pada anak. Antara lain, seperti membully anak lainnya sehingga membuat trauma sehingga pengaruh pada motorik otaknya.

Baca Juga: Dinamika Konflik Sosial: Penyebab, Dampak & Penyelesaian

Demikian penjelasan mengenai motorik pada anak. Buat Sobat Literasi yang memiliki anak kecil, keponakan maupun adik yang masih kecil. Jangan lupa perhatikan perkembangan anak-anak, sehingga kalau ada masalah atau kejadian bisa langsung segera atasi sedini mungkin.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Motorik adalah: Pengertian & Faktornya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]