1. Kuliah & Umum

Motorik adalah: Pengertian & Faktornya!

Motorik merupakan kemampuan dan perkembangan seseorang dalam menjalankan aktivitas yang berdasarkan usia. Biasanya anak-anak bisa diketahui dari kecerdasannya dan perkembangannya melalui kemampuan ketika mengerjakan suatu hal. 

Jika, anak tersebut mampu untuk melakukan suatu hal sesuai dengan usianya dan bahkan sebelum usianya. Maka dianggap anak tersebut memiliki motorik yang bagus. Untuk lebih jelasnya pembahasan soal motorik, bisa langsung kamu baca artikel ini sampai habis, ya!

Baca Juga: Mengenal Konsep Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup – Biologi Kelas 9

Pengertian Motorik

Sumber: unsplash.com

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian motorik, yakni bersangkutan dengan penggerak. Hal ini berarti anak bisa menggerakan anggota tubuhnya sesuai dengan keinginan. Anak juga bisa mengontrol atau mengukur apakah gerakan tersebut terlalu kuat, lemas, banyak atau sedikit. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Selain pada KBBI, pengertian kata ini juga terdapat pada pendapat ahli. Berikut adalah beberapa pengertian lainnya yang berasal dari beberapa pendapat ahli:

  • Schmidt (1988) motorik adalah suatu proses perubahan merespons yang permanen sebagai akibat dari latihan dan pengalaman.
  • Drowatzky (1981) motorik adalah perubahan individu sebagai hasil timbal balik antara latihan dan kondisi lingkungan.
  • Hurlock (1978) motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf dan otot yang terkoordinasi.
  • Bambang  Sujiono (2007) berpendapat  bahwa  motorik merupakan kemampuan  yang  membutuhkan  koordinasi  sebagian  besar bagian tubuh anak. 
  • Endang Rini Sukamti (2007) motorik merupakan aktivitas  yang  menggunakan otot-otot  besar  di antaranya gerakan keterampilan non lokomotor, gerakan lokomotor, dan gerakan manipulatif.

Dari seluruh pengertian kita simpulkan kalau pengertian motorik adalah kemampuan anak untuk mengontrol dan menggunakan anggota tubuhnya. Hal ini melibatkan 3 unsur, yaitu otot, pusat syaraf dan urat syaraf. Jadi jika otot dan syaraf anak tersebut tidak berfungsi dengan baik maka akan mempengaruhi kecerdasan motorik anak tersebut.

Jenis- Jenis Motorik

  • Motorik Halus

Sumber: unsplash.com

Merupakan kegiatan yang berfokus menggunakan otot kecil kebanyakan menggunakan otot tangan. Untuk motorik harus bisa koordinasi tangan, jari, mata dan bibir. Umumnya, merupakan kegiatan ringan. Seperti, menyentuh benda, mengambil barang yang jatuh, berjalan, mencoret-coret kertas dan berbicara.

  • Motorik Kasar

    Sumber: unsplash.com

Kegiatan yang memerlukan tenaga ekstra dan lebih kompleks.Pada motorik kasar memerlukan koordinasi menggunakan tangan, kaki dan matanya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak baik, salah satunya jatuh. Diantaranya, menendang, menaiki beberapa anak tangga hingga melakukan olahraga, seperti bermain bola, berenang dan bersepeda.

Hal-Hal yang Bisa Mempengaruhi Motorik Anak.

  • Stimulasi atau interaksi orang tua

Ini merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian banyak orang tua karena banyak yang menganggap kalau perkembangan anak dipengaruhi dari pola asuh orang tua. Misal jika anak tersebut  dengan pola asuh yang anak sangat memanjakan anak. Maka nanti, karena terbiasa seperti itu jadi anak tersebut tidak mandiri, sehingga sulit untuk melakukan pembelajaran yang berkaitan dengan menggerakan tubuhnya. Selain itu, jika orang tua tersebut menerapkan pola asuh yang otoriter. Anak akan menjadi penakut dan tidak enakan, pastinya bakal pengaruh pada motoriknya.

  • Stimulasi atau interaksi orang tua

Jika orang tua jarang atau bahkan tidak pernah memberikan stimulasi atau interaksi pada anak. Maksudnya seperti mengajak bicara dengan bahasa yang baik dan benar, diajarkan untuk melakukan sesuatu. Maka tidak heran perkembangan motoriknya bisa terhambat bahkan terlambat tidak sesuai usianya.

Misal kalau jarang berbicara dengan anak, Nantinya anak tersebut bisa mengalami keterlambatan bicara (speech delay) dan yang paling parahnya lagi belum bisa berbicara meski sudah memasuki usia yang memerlukan kegiatan yang harus berbicara, seperti sekolah.

  • Gizi

Hal ini biasanya terkait dengan asupan gizi pada makanan dan minuman yang diberikan pada anak. Jika asupan gizi dijaga dengan makanan bergizi seimbang, maka perkembangan sistem gerak anak akan berjalan dengan baik.

Sebaliknya jika anak diberikan asupan gizi yang kurang bahkan tidak sehat. Seperti diberikan makanan atau minuman yang seharusnya belum pantas diberikan pada usia anak. Maka sudah pasti pengaruh pada perkembangan motorik dan otaknya juga.

  • Pendidikan

Pada saat usia anak memasuki masa sekolah, orang tua harus mencari sekolah yang dapat membantu mengembangkan kemampuan kecerdasan gerak anak. Sebaiknya, survey sebanyak mungkin sekolah anak. Kalau bisa perhatikan kurikulum dan apa saja yang bakal dipelajari oleh anak. Akan lebih bagus kalau sekolah tersebut memperbolehkan free trail yang merupakan kesempatan untuk mencoba merasakan anak belajar di sekolah tersebut. 

Bahkan, pada saat free trail ada sekolah yang memperbolehkan orang tua atau pengasuhnya untuk ikut serta. Tujuannya untuk melihat sistem belajarnya dan bisa melihat kemampuan motorik anak saat mengikuti pembelajaran. Kalau pendidikannya bagus, berarti motorik anak juga otomatis bagus juga.

Baca Juga: Cara Memelihara Lingkungan Buatan, Manfaat, & Contohnya

Teman seusianya

Hal ini berlaku baik di sekolah, rumah maupun keluarga. Jika terdapat teman seusianya yang memang aktif dan motoriknya bagus. Maka, anak tersebut termotivasi agar perkembangan motoriknya bisa seperti temannya. Tapi, pastikan kalau teman seusianya memang sangat mendukung dan tidak melakukan kegiatan yang dapat mempengaruhi sistem gerak pada anak. Antara lain, seperti membully anak lainnya sehingga membuat trauma sehingga pengaruh pada motorik otaknya.

Baca Juga: Dinamika Konflik Sosial: Penyebab, Dampak & Penyelesaian

Demikian penjelasan mengenai motorik pada anak. Buat Sobat Literasi yang memiliki anak kecil, keponakan maupun adik yang masih kecil. Jangan lupa perhatikan perkembangan anak-anak, sehingga kalau ada masalah atau kejadian bisa langsung segera atasi sedini mungkin.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Motorik adalah: Pengertian & Faktornya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]