1. Kelas 8 Bahasa Inggris

Pengertian Narrative Text, Tujuan, Jenis, & Contohnya

Narrative text adalah salah satu jenis teks dalam bahasa inggris yang menceritakan rangkaian peristiwa secara berurut dan saling terhubung antara satu dengan lainnya. Beberapa contoh narrative teks adalah cerita fiksi, khayalan, dongeng, atau kisah yang sengaja dilebih-lebihkan. Secara umum, narrative teks merupakan teks imajinatif dengan cerita karangan. Dalam teks ini akan tersimpan pesan atau cerita moral yang ada pada akhir cerita.

Tujuan Narrative Text

Mengapa narrative text dibuat? Tujuan narrative text adalah untuk menghibur pembaca tentang suatu kisah atau cerita yang dikarang oleh si penulis yang mana cerita tersebut menyiratkan pesan moral yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Jenis-Jenis Narrative Text

Narrative text adalah salah satu jenis teks yang memiliki beberapa jenis yang perlu kamu ketahui antara lain:

1. Personal Experience

Merupakan jenis narrative text yang berisi mengenai pengalaman pribadi yang dialami penulis.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

2. Science Fiction

Merupakan cerita yang berkisah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ilmu sains.

3. Romance

Merupakan cerita yang mengisahkan mengenai perjuangan cinta tokoh utama atau mengenai kisah cinta tokoh-tokohnya.

4. Horor

Merupakan jenis narrative text yang bercerita mengenai kisah-kisah seram umumnya seperti makhluk astral dan hantu.

5. Fable

Cerita yang tokohnya adalah binatang, namun menunjukkan perilaku layaknya manusia seperti cara mereka berinteraksi dan berbicara.

6. Legend

Merupakan cerita yang beredar di masyarakat berdasarkan pada fakta-fakta, tetapi tokoh-tokohnya tidak benar-benar ada di kehidupan nyata.

7. Fairy Tale

Cerita yang pada umumnya bersifat fantasi atau penuh dengan kejaiban seperti sihir.

8. Mystery

Merupakan jenis narrative text yang umumnya bercerita tentang teka-teki yang membuat pembaca penasaran dan menebak-nebak.

9. History

Merupakan cerita yang menceritakan tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau.

10. Slice of Life

Cerita yang bercerita mengenai kegiatan atau kisah yang terjadi pada keseharian penulis atau tokoh imajinatif.

Ciri-ciri Narrative Text

Setelah mengetahui pengertian dan jenis narrative text, kamu juga perlu mengetahui ciri-ciri dari narrative text. Ciri-ciri narrative text adalah:

  • Menceritakan mengenai kisah yang ada di masa lalu. Maka dari itu, bentuk kalimat atau tenses yang digunakan dalam narrative text adalah yang menunjukkan kejadian di masa lampau atau past tense. Contohnya dengan menggunakan verb 3 seperti won, sent, drunk, killed dan lainnya.
  • Menggunakan noun atau kata benda sebagai kata ganti untuk menggantikan kata hewan, orang, ataupun benda dalam cerita. Contohnya seperti the giant, carriage, dan lain sebagainya.
  • Penggunaan kata sifat atau adjective untuk memberikan gambaran lebih rinci dalam bentuk frasa atau noun phrase.
  • Tersusun dalam sebuah sekuel sederhana atau beberapa sekuel kompleks ysng menggunakan conjunction atau konjungsi untuk mengurutkan kejadian-kejadiannya. Selain itu juga terdapat potongan percakapan antar tokoh di dalamnya.

Struktur Narrative Text

Struktur narrative text
(Sumber: Pixabay)

Generic structure of narrative text atau kerangka struktur narrative text adalah terdiri dari 3 struktur utama, yakni Orientation, Complication, dan Resolution. Namun, biasanya ada beberapa opsi tambahan ketika kita mengarang sebuah narrative text sehingga sifatnya opsional. Berikut penjelasannya:

1. Orientation

Pada paragraf pendahuluan ini, penulis mengenalkan inti cerita, tokoh/karakter, tempat, juga waktu dari cerita yang ingin penulis tuliskan.

2. Complication

Penulis memulai memasukkan konflik yang ada dalam cerita hingga ke titik klimaksnya. Dalam menulis sebuah konflik, terbagi menjadi 4 hal berbeda yaitu:

  1. Physical: ditandai dengan adanya konflik antar tokoh secara fisik.
  2. Natural: ditandai dengan adanya konflik antara tokoh dengan hal-hal yang berhubungan dengan kekuatan alam.
  3. Social: ditandai dengan bertemunya para tokoh, namun memiliki kepentingan atau tujuan yang berbeda.
  4. Pyschological: ditandai dengan adanya pertentangan di dalam diri sendiri antara memilih hal baik atau buruk, sifat sombong atau rendah hati, dan pertentangan sifat lainnya.
  5. Evaluation

Bagian ini bersifat opsional, dapat penulis tambahkan atau tidak. Umumnya berisi sisipan penilaian atau evaluasi tentang cerita atau konflik yang ada.

4. Resolution

Pada bagian ini, penulis bisa menunjukkan solusi atau penyelesaian dari konflik yang telah muncul. Penulis dapat menambahkan ‘bumbu’ dengan memberikan masalah lain yang membuat pembaca menjadi penasaran.

5. Re-orientation

Bagian terakhir ini juga bersifat opsional. Penulis bisa saja memberikan pesan moral, saran, dan juga pembelajaran yang berasal dari cerita bagi pembaca di bagian penutup.

Contoh Narrative Text

Contoh narrative text adalah cerita fiksi ataupun dongeng seperti Cinderella, Malin Kundang, dan lain sebagainnya. Kamu dapat menyimak salah satu cerita di bawah ini sebagai contoh dari narrative text.

The Rabbit and The Turtle

One fine day a rabbit was boasting about how fast he could run. Because he laughed a turtle, he was very late. The rabbit was great, the turtle challenged his race. It thought this was a good joke, and he accepted the challenge. The fox should be a race referee. When the race started, the rabbit was ahead of the turtle, as everyone thought. 

The rabbit couldn’t see the turtle anywhere on the way. He was hot and tired, so he decided to stop and take a short nap. Even if the turtle overtakes him, he can still run to the finish line in front of him. All the while the turtle is walking step by  step. No matter how hot or tired he was, he never gave up. He just continued. However, the rabbit slept longer than expected and woke up. He couldn’t see the turtle anywhere! He headed for the finish line at full speed, where he found a turtle  waiting for him.

Baca juga: Definisi News Item Text, Struktur,  & Contohnya

Selesai sudah pembahasan mengenai materi narrative text, mulai dari pengertiannya hingga contoh narrative text. Narrative text adalah salah satu materi yang mudah dipahami bukan? Jika kamu hendak membuat atau membaca narrative text, jangan lupa untuk memperhatikan susunan strukturnya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Narrative Text, Tujuan, Jenis, & Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]