1. Kelas 9 Bahasa Inggris

Pengertian Narrative Text, Language Feature, Structure, & Contoh

Selain mempelajari tentang descriptive text dan report text, di bangku SMP kamu juga akan mempelajari tentang narrative text di mata pelajaran bahasa Inggris. Teks ini merupakan jenis teks yang pasti familiar bagimu. 

Jika kamu pernah membaca fabel, legenda, atau cerita dongeng, itu hanyalah sebagian kecil dari contoh narrative text. Nah, Studio Literasi telah membahas secara lengkap mulai dari pengertian, ciri, jenis, language feature, generic structure sampai contoh teks naratif.

Pengertian/Definition of Narrative Text

Narrative text adalah salah satu jenis teks yang berisi pengisahan cerita yang mempunyai rangkaian plot/peristiwa secara kronologis dan saling terhubung. Kisah dalam narrative text merupakan kisah fiksi/khayalan.

Karena narrative text berisi cerita fiksi (tidak nyata), maka kisahnya pun bersifat imajiner dan belum tentu benar. 

Tujuan Narrative Text

Tujuan dari narrative text ialah untuk menghibur pembaca (to entertain) tentang suatu kisah atau cerita fiksi. Narrative text menceritakan sebuah kisah yang memiliki masalah dan menimbulkan konflik pada akhir cerita. Pada bagian akhir narrative text terdapat resolusi atas masalah tersebut dengan akhir yang menyedihkan ataupun berakhir bahagia (happy ending).

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Jenis Narrative Text

Ada banyak contoh genre narrative text, antara lain:

  1. Fable 
    Fable adalah cerita fiksi mengenai kehidupan hewan yang memiliki perilaku seperti manusia.
  2. Fairy tale
    Sering membaca mengenai cerita rakyat? Nah, cerita rakyat termasuk dalam cerita dongong. Fairy tale (dongeng) adalah cerita rakyat yang berasal dari kelompok etnis atau daerah tertentu.
  3. Folktale
    Sekilas folktale dan fairytale hampir mirip. Folktale adalah dongeng yang menceritakan kisah secara khas anonim tanpa menyebutkan nama tempat.
  4. Myth
    Myth atau mitos adalah cerita yang memiliki latar belakang masa lalu dengan mengandung tafsir alam semesta dan dianggap pernah terjadi bagi penganut cerita.
  5. Legend
    Legend atau legenda adalah cerita rakyat yang berasal dari perbuatan manusia yang diyakini oleh pendengarnya pernah terjadi di masa lampau.
  6. Love story/romance
    Cerita cinta romanis adalah kumpulan kisah mengenai kisah-kisah cinta yang ada baik fiksi maupun nonfiksi.
  7. Horror
    Horror merupakan cerita yang dibuat untuk memancing emosi atau ketakutan pembaca. Alur dari cerita ini biasanya melibatkan tema-tema yang menyeramkan seperti kematian dan supranatural serta memusatkan kejahatan pada tokoh antagonisnya.
  8. Science fiction
    Fiksil ilmiah atau science fiksi merupakan cerita dengan spekulatif yang mengandur unsur sains dan teknologi berdasarkan imajinasi terhadap masyarakat, alam, dan individu.

Ciri-ciri Narrative Text

Teks naratif memiliki ciri khas tersendiri. Ciri tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Berisi kisah-kisah/dongeng yang terjadi di masa lalu
  2. Noun (kata benda) sebagai kata ganti orang, hewan atau benda
  3. Mayoritas teks naratif adalah cerita yang sudah diketahui dan berkembang dalam masyarakat. Di Indonesia contohnya Malin Kundang
  4. Adanya tema, setting, tokoh, konflik dan penyelesaian sebagai bagian dari unsur cerita
  5. .Adanya conjunction (konjungsi) yang dipakai untuk mengurutkan kejadian cerita

Unsur Kebahasaan (Language Feature)

Unsur kebahasaan (language feature) teks naratif berbeda dengan report text atau descriptive text. Berikut uraiannya.

  1. Karena narrative text menceritakan kisah masa lalu, maka tenses yang digunakan adalah Simple Past Tense. Contoh: killed, sacrificed
  2. Adanya keterangan waktu (adverbia). Contoh: One time, once upon a time, one day
  3. .Adanya konjungsi waktu (time conjunction). Contoh: when, suddenly, as soon as
  4. .Pemakaian karakter cerita/tokoh yang spesifik. Contoh: malin kundang, cinderella
  5. Pemakaian action verb (kata kerja aksi)
  6. Penggunaan kata kerja yang menunjukkan pelaporan atau bentuk ujaran. Contoh: thought, said

Generic Structure of Narrative Text

Struktur teks naratif berfungsi untuk membedakannya dengan jenis teks lainnya. Selain itu, generic structure juga merupakan pembangun teks naratif. Ada empat struktur yang menjadi tahapan dalam teks ini, yaitu sebagai berikut.

Orientation (Orientasi)

Orientasi merupakan pendahuluan/bagian pembuka cerita. Di sini, dikenalkan siapa tokoh yang terlibat dalam cerita, di mana settingnya, serta kapan waktu terjadinya cerita.

Complication (Komplikasi)

Complication berisi pemunculan masalah. Di sini, konflik mulai muncul dengan melibatkan tokoh utama. Permasalahan ini akan terus berkembang sampai pada puncaknya (klimaks).

Resolution

Bagian ini berisi penyelesaian konflik cerita. Permasalahan yang memuncak telah mereda dan ditemukan solusinya. Cerita bisa menjadi lebih buruk, atau lebih baik, sehingga dari sini dapat diketahui apakah akan terjadi sad ending atau happy ending. 

Coda/Reorientation

Bagian ini merupakan penutup cerita yang bersifat opsional, artinya boleh ada boleh tidak. Coda dapat berupa pelajaran yang dapat dipetik dari cerita, pesan moral, atau saran.

Contoh Narrative Text 1

The Hairless Puppy

Contoh narative text 1
Contoh narrative text 1, Foto Oleh Pinterest

Once upon a time in a small town, a mother of dog gave birth to 5 little puppies. Four of the puppies had thick and soft white fur while the one puppy, the youngest, was hairless. It made him become the ugliest among others.

“Mommy let’s go out to the park,” the older puppy said.

“Come on, Mom, Come on!” followed by the other puppies.

Then, she took her children to the park. She wanted to teach the puppies how to bark. On the way to it, they met several people. They complimented the four puppies with white fur.

“How adorable they are!” a little girl said to her sister.

“These puppies have the most beautiful fur,” flattered an old man.

The four puppies were all happy receiving those compliments, but not for the youngest. He was sad because no one was showing fondness to him.

There were some families of dogs when they arrived at the park. They stared at the ugly puppy and started mumbling.

“What kind of puppy is that?”, one dog said.

“He has nothing to cover his skin,” another dog barked.

At first, the mother of the puppies did not care about what others said until it was the time to learn how to bark. The hairless puppy could not produce a bold voice to bark. His bark sounded like a rat. It attracted other dogs’ attention. They started to laugh, and shout, “You are not a dog. Dogs bark.”

The mother was embarrassed of her youngest. She decided to end the bark learning and went home. At home, she let out her emotions.

“Are you even my child? How can you not be able to bark? And where is your fur? You are hairless. You are different, you are not one of us,” shouted the mother to the hairless puppy.

At night, when the mother and the four brothers were sleeping, the hairless puppy ran away from home. He was sad knowing that became the one who made her mother upset.

He went to another town. It was raining, and he took shelter under a tree. He got hit a lot by dirty water when a car passed him.

It was raining harder when a car stopped by. An old woman approached and took him to the car.

“Oh baby, you are freezing. What a poor puppy,” she said while putting him into the blanket.

It came out that this old woman loved the hairless dog very much. She took good care of him until the hairless puppy became the hairless dog.

The hairless dog even won first place in a dog competition. It was because of his unique appearance.

Finally, the hairless dog found the one who truly loved him, and people also started to adore him.

Moral : Everyone has their own beauty. Being different does not make you ugly. It makes you unique.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Narrative Text, Language Feature, Structure, & Contoh

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]