1. Seni Budaya

Ini Dia Cara Menyusun Naskah Lakon dengan Baik dan Mudah

Pernahkah kamu menyusun naskah lakon? Naskah lakon adalah sebuah teks yang ditujukan untuk keperluan pertunjukan dan pada prosesnya diperlukan pemantapan mengenai tema, alur, latar, hingga penokohannya. 

Nah, sebelum sebuah cerita sampai ke tangan sutradara dan para pemeran, diperlukan penyusunan sebuah naskah lakon terlebih dahulu. Lantas, apa saja hal yang perlu disiapkan dalam penyusunan naskah ini? Untuk memahaminya, yuk simak penjelasan berikut ini! 

Apa Itu Naskah Lakon?

Naskah lakon atau cerita biasa disebut dengan istilah skenario. Naskah lakon adalah bentuk penuangan ide cerita ke dalam sebuah alur cerita beserta susunannya. Dengan adanya naskah ini, suatu pementasan teater akan lebih mudah untuk digarap sebab penyelenggaraan teater menjadi lebih efektif dan efisien. 

Hal tersebut meliputi proses menentukan langkah-langkah menyiapkan materi seni, produksi dan publikasi suatu pementasan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dan akan disajikan kepada khalayak atau penonton.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa naskah lakon adalah hal penting yang menjadi salah satu bagian vital dari suatu pementasan drama atau teater. Hal tersebut tentunya membuat penyusunan lakon ini menjadi hal yang perlu diperhatikan dan dikerjakan dengan cermat.

Cara Menyusun Naskah Lakon

Tahukah kamu bahwa menyusun naskah lakon ini juga perlu daya imajinasi dan kreativitas tinggi, lho! Hal ini dapat diasah dengan membiasakan diri untuk berlatih dan terus mengasah diri dalam hal dunia kepenagaran. Melatih kebiasaan seperti ini dapat dimulai dengan mencoba membaca dan memahami contoh naskah lakon yang pernah dibuat oleh orang lain.

Tidak hanya itu, dalam menyusun naskah lakon dibutuhkan pula berbagai pengetahuan, teknik hingga kerangka kerja yang harus diketahui dan dilatih agar kita mampu menyusun naskah lakon dengan baik dan benar. 

Berikut ini Studio Literasi sudah menyajikan tahapan cara menyusun naskah lakon yang baik dengan cara yang mudah. 

1. Menentukan tema

Tema adalah ide atau gagasan cerita yang berfungsi sebagai inti cerita dan akan disampaikan oleh pengarang kepada penonton. Penulis cerita bisa saja menemukan ide dari manapun dan kapanpun. Cara yang dapat dipakai untuk memperoleh ide yaitu dengan mengamati segala hal yang ada di sekitar.

Tema dapat juga disebut muatan intelektual pada sebuah permainan. Tema dapat menjadi premis atau rumusan intisari sebuah cerita yang menjadi landasan untuk menentukan arah tujuan cerita. Oleh karena itu, tema menjadi ide dasar, gagasan, atau pesan pada naskah lakon dan menjadi pedoman serta penentu arah jalannya sebuah cerita.

2. Membuat sinopsis

Sinopsis merupakan ringkasan cerita mulai dari awal hingga akhir. Sinopsis digunakan dalam proses menulis lakon agar alur cerita tidak melebar atau tetap pada jalannya. Sinopsis ini bisa disebut juga garis besar suatu cerita yang memuat alur perkenalan, konflik, hingga solusi dari konflik tersebut dalam bentuk ringkasan. Dengan adanya sinopsis ini mampu menjadi acuan dalam membentuk kerangka atau plot cerita.

3. Menentukan kerangka atau plot

Nah, setelah membuat sinopsis, selanjutnya sinopsis tersebut akan dijelaskan atau dijabarkan dalam sebuah kerangka atau plot. Plot atau alur merupakan rangkaian peristiwa yang direka dan dijadikan sedemikian rupa, sehingga mampu menggerakan jalan cerita. Jalannya cerita tersebut dapat dilakukan melalui perumitan suatu masalah hingga menuju klimaks atau puncak suatu cerita. 

Dalam membuat plot perlu menerapkan hubungan sebab akibat suatu kerangka cerita yang terdiri dari beragam peristiwa. Peristiwa-peristiwa ini lantas membentuk rangkaian peristiwa lain yang mampu menggerakan cerita yang menarik hingga akhir. 

Penulis perlu memasukan pemaparan, konflik, klimaks hingga penyelesaian dengan batasan yang jelas, sehingga cerita yang disajikan tidak berkesan bertele-tele. 

Kemudian, perlu juga memperhatikan tempo cerita seperti dalam beberapa lakon ada cerita yang diakhiri dengan baik dan matang dan ada pula yang diakhiri secara tergesa-gesa. Penonton biasanya lebih suka akhir cerita yang mengesankan. Oleh sebab itu, tentukan akhir cerita dengan baik, logis, dan tidak tergesa-gesa.

4. Menentukan latar atau setting

Dalam menulis naskah lakon, latar cerita juga menjadi poin yang cukup penting, lho! Latar atau setting cerita akan memberikan gambaran tentang situasi, gambaran, hingga waktu di tempat kejadian peristiwa. Hal tersebut merupakan bagian dari hasil imajinasi penulis yang bisa diperoleh idenya berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Kepekaan penulis cerita dalam memperhatikan lingkungan cukup berpengaruh pada penggambaran latar. Misalnya, bagaimana sebuah tempat keadaannya sepi, ramai, bising, sibuk, kotor, menakutkan, hingga tempat yang beraroma tidak sedap dapat dituliskan untuk mendukung isi cerita.

Sudut pandang setiap penulis cerita juga akan berbeda-beda pada pengamatan tersebut. Oleh sebab itu, seorang penulis perlu mengasah ketajaman dan memperkaya penggambaran latar melalui pengamatannya.

5. Menentukan tokoh

Last but not least, penentuan tokoh atau peran dalam sebuah cerita juga cukup penting, lho/ Tokoh atau peran merupakan makhluk hidup yang mempunyai kehidupan di dunia lakon hasil rekaan penulis cerita. Para tokoh ini diberikan karakternya masing-masing sehingga tampak hidup dan nyata di dalam cerita. Sebut saja seperti adanya tokoh jahat, baik, kaya, pintar, dan sebagainya.

Di samping karakter tokoh, perlu juga memberi identitas pada tokoh tersebut seperti nama, jenis kelamin, fisik, jabatan, dan sebagainya. Dalam menentukan tokoh dan segala hal yang melekat padanya, penulis cerita bisa mengamati kehidupan sekitar sehingga semua detail tokoh yang dituliskan bisa mendeskripsikan tokoh tersebut dengan baik.

Baca juga: Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Kaidah, & Contohnya

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menyusun naskah lakon yang baik dan benar dengan mudah. Semoga bermanfaat bagi Kawan Literasi ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ini Dia Cara Menyusun Naskah Lakon dengan Baik dan Mudah

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]