1. Kelas 8 Bahasa Inggris

Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya

Kawan Literasi  pasti sering mengatakan “Saya suka bernyanyi, saya suka memasak” Kalau iya, maka kamu memiliki lebih dari satu kegiatan kayak contoh diatas dan mau menggabungkannya ke dalam satu kalimat menggunakan bahasa inggris, jangan asal translate aja ya!

Kawan Literasi bisa menggunakan parallel structure agar kalimatnya efektif dan enak dibaca. Namun, apa sih parallel structure itu? Simak penjelasan berikut ini ya!

Apa itu Parallel Structure?

Parallel structure adalah pengulangan bentuk tata bahasa yang sejajar atau setara dalam suatu kalimat. Maksudnya, Kamu membuat kalimat yang berisi elemen-elemen dengan perbandingan yang setara atau pola gramatikal yang sama.

Elemen yang digunakan dalam kalimat bisa dalam tingkatan word (kata benda, kata kerja, kata sifat), phrase (frasa), atau clause (klausa). Umumnya, parallel structure menggunakan pola coordinating conjunction seperti “and” dan “or”. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Rumus Parallel Structure

Terdapat beberapa pola rumus penggunaan parallel structure, agar Kawan Literasi lebih paham, yuk kita bahas bersama.

Menggunakan Coordinating Conjunction

Ketika Kamu mau menggabungkan dua atau lebih klausa atau frasa, gunakan coordinating conjunction seperti for, and, nor, but, or, yet, atau so. Jika elemen dihubungkan dengan awalan article (a, an, the, to) atau preposition (in, on, at, dan lainnya), maka Kamu bisa menggunakan article atau preposition di setiap elemen atau hanya pada elemen yang pertama saja.

Contoh : 

Bukan Parallel : My best friend took me dancing and to a show

Bentuk Parallel  : My best friend took me to a dance and a show (Sahabatku membawaku ke pesta dansa dan ke pertunjukan)

Menggunakan Correlative Conjunction

Gabungkan dua klausa atau frasa dengan correlative conjunction (not only…but also, either….or, neither….nor, if….then, dan lainnya)

Contoh : 

Bukan Parallel : My dog not only likes to play fetch, but also chase cars.

Bentuk Parallel  : My dog not only likes to play fetch, but he also likes to chase cars atau My dog likes not only to play fetch, but also to chase cars. (Anjingku tidak hanya suka bermain lempar tangkap, tetapi juga suka bermain mengejar mobil.)

Menggunakan elemen-elemen yang dibandingkan (comparison), seperti than atau as.

Contoh : 

Bukan Parallel : I like to swim better than biking.

Bentuk Parallel  : I like swimming better than biking. (Saya lebih menyukai berenang daripada bersepeda)

Membandingkan elemen menggunakan list

Pastikan setiap elemen menggunakan bentuk yang sama.

Contoh:

Bukan Parallel: The dictionary can be used to find these: word meanings, correct spellings, pronunciations, and looking up irregular verbs.

Bentuk Parallel  : The dictionary can be used to find these: word meanings, correct spellings, pronunciations, and irregular verbs. (Kamus bisa digunakan untuk mencari: arti kata, pengucapan, ejaan yang benar, kata kerja tidak beraturan)

Dalam kata diatas sudah digunakan kata find untuk mewakili list elemen, jadi tidak perlu ada kata looking up setelahnya.

Contoh Penggunaan Parallel Structure

Sudah dapat gambaran besar penggunaan parallel structure? Biar makin paham, simak lagi contoh penggunaan parallel structure dibawah ini.

Bukan Parallel: The production manager was asked to write his report accurately, quickly, and in a detailed manner.

Bentuk Parallel: The production manager was asked to write his report accurately, quickly, and thoroughly. (Manager produksi meminta untuk menuliskan laporannya secara cepat, akurat, dan menyeluruh)

Bukan Parallel: Mary likes hiking, swimming, and to ride a bicycle.

Bentuk Parallel: Mary likes hiking, swimming, and riding a bicycle atau Mary likes hiking, swimming, and cycling. (Mary suka mendaki, berenang, dan bersepeda)

Bukan Parallel:  I would rather pay for my education than financial aid.

Bentuk Parallel: I would rather pay for my education than receive financial aid. (Saya lebih suka membayar untuk pendidikan saya daripada menerima bantuan keuangan)

Baca juga: Asking for Attention: Pengertian, Contoh, & Cara Penggunaan

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai parallel structure beserta rumus dan contoh penggunaannya. Semoga artikel ini dapat membantu Kawan Literasi dalam belajar bahasa Inggris ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]