1. Kelas 7 IPA

Pencemaran Air

Pencemaran Air
Pencemaran Air, Foto Oleh Blog Ipleaders In

Teman-teman pasti sudah familiar dengan istilah pencemaran air, bukan? Yap… Pencemaran air adalah fenomena klasik yang kerap kali terjadi di sungai bahkan laut. Nah, di materi kali ini studio literasi akan membahas tentang pengertian, penyebab, contoh, penanggulangan dan dampak pencemaran air. 

Yuk, simak pembahasan menariknya.

Daftar Isi

Peran air bagi kehidupan

Air adalah komponen terbanyak penyusun permukaan bumi. Jumlahnya mencapai kurang lebih 326 juta mili kubik. 

Sebagai sumber daya alam, air memiliki peranan penting. Setiap makhluk hidup tentu membutuhkan air untuk menunjang kehidupan mereka.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Manusia, hewan, dan tumbuhan memanfaatkan air dalam berbagai hal. Contohnya, tumbuhan yang memerlukannya pada proses fotosintesis.

Hewan membutuhkan air untuk minum, sedangkan manusia memanfaatkan air untuk dikonsumsi, mandi, memasak, mencuci, dan lain-lain.

Dari semua peranan tersebut, terdapat permasalahan serius yang dapat mempengaruhi eksistensi air di bumi yaitu pencemaran.

Apa itu pencemaran air?

Kenapa air bisa tercemar?

Bagaimana cara mengatasinya?

Ini jawabannya.

Pengertian Pencemaran Air

Pernahkah kalian menyalakan keran air, lalu menjumpai air yang berbau bahkan warnanya sedikit keruh? 

Meski sepele, ternyata kondisi ini sudah termasuk contoh pencemaran air, lho!

Sebab, air yang berkualitas baik adalah yang tidak berwarna dan tidak berbau. Jernih dan tidak keruh. 

Pencemaran air adalah keadaan di mana berubahnya warna, rasa, dan bau air akibat terkontaminasi oleh komponen atau zat-zat tertentu.

Hal tersebut dapat menurunkan kualitas air sehingga menjadi berbahaya untuk manusia atau makhluk hidup lain.

Pencemaran ini biasanya terjadi di sungai, danau, laut, serta tempat penampungan air lainnya yang memiliki volume cukup besar.

Penyebab Pencemaran Air

Penyebab yang utama, berasal dari limbah industri, pertanian, dan rumah tangga yang masuk ke laut, sungai, serta danau.

Bahan-bahan kimia dari aktivitas tersebut bisa merusak lingkungan jika tidak ditanggulangi dengan benar.

Hal itu tentunya tidak hanya merugikan manusia, tetapi juga makhluk hidup lainnya.

Contoh dan Dampak Pencemaran Air

Contoh Pencemaran Air
Contoh Pencemaran Air, Foto Oleh The Gorbalsla Com

Polutan penyebab air tercemar berupa limbah, sampah, dan zat-zat kimia berbahaya.

Limbah rumah tangga seperti sabun atau deterjen bisa merusak lingkungan. Sebab dalam detergen terdapat kandungan Fosfat yang berbahaya.

Fosfat menyebabkan eutrofikasi sekaligus penurunan kadar oksigen di dalam air. Jika jumlah oksigen menurun dapat menimbulkan kematian biota sungai maupun laut.  

Penggunaan bahan kimia di pabrik maupun pertanian mampu memberikan dampak serius. Hal ini karena terdapat banyak jenis zat kimia anorganik masuk ke laut serta sungai, contohnya seng (Zn), sianida (Cn), air raksa (Hg), tembaga (Cu), dan timbal (Pb).

Jadi kawan-kawan, dalam kadar rendah tembaga bisa membunuh organisme sungai. Begitu pula dengan air raksa yang sifatnya beracun bagi manusia dan semua kehidupan.

Tumpahan minyak dari kapal di lautan juga dapat menyebabkan pencemaran di laut. Hewan-hewan seperti kerang, ikan, bintang laut serta lainnya bisa keracunan akibat tumpahan minyak tersebut.

Di kegiatan pertanian, limbah utama yang dapat mencemari air yaitu pestisida. Jenis pestisida untuk membunuh hama yaitu fungisida, insektisida, rodentisida, serta herbisida.

Salah satu jenis insektisida ialah DDT dengan nama kimia  Dichlorodiphenyl trichloroethane. Apabila sisa penggunaan DDT dibuang ke sungai atau danau, bahan kimia itu akan masuk ke dalam rantai makanan.

DDT memberikan pengaruh buruk terhadap hewan di dalam rantai makanan. Misalnya, pada burung DDT menyebabkan infertil dan struktur cangkang telur mudah pecah.

Selain limbah industri dan rumah tangga, sampah merupakan polutan utama penyebab pencemaran air terjadi.

Penumpukan sampah di sungai bisa menyebabkan banjir jika tidak segera diatasi. Hal itu tentunya sangat merugikan

Kawan-kawan Studio Literasi, perlu kalian ketahui selain dampak di atas, air tercemar juga bisa mengganggu kesehatan, menghilangkan sumber air bersih, serta penurunan kualitas lingkungan.

Penanggulangan Pencemaran Air

Seperti yang sudah kawan-kawan baca di atas, dampak yang ditimbulkan dari pencemaran ini sangat merugikan baik untuk manusia atau makhluk hidup lainnya.

Jika hal itu  terus-menerus dibiarkan kelangsungan ekosistem bisa terganggu. Oleh karena karenanya kawan, diperlukan cara untuk menanggulangi pencemaran yang terjadi.

Baca Juga: Pencemaran Lingkungan

Penanggulangan yang tepat tentu dapat menyelamatkan lingkungan serta kehidupan kita.

  1. Polutan seperti limbah pabrik  hendaknya jangan langsung dibuang ke sungai. Akan lebih baik jika limbah tersebut dimaanfaatkan atau didaur ulang lagi.
  2. Limbah rumah tangga berupa sampah plastik atau serat sintetik ada baiknya disendirikan terlebih dahulu. Limbah tersebut bisa diolah menjadi barang berguna, contohnya keset.
  3. Dalam dunia pertanian, lebih baik menggunakan pupuk atau pestisida secukupnya saja, karena bila berlebihan, sisa pupuk dan pestisida akan mencemari air disekitar lahan.
  4. Kita juga bisa mengurangi atau tidak menggunakan deterjen fosfat sama sekali. Sebab fosfat adalah makanan bagi eceng gondok sekaligus bisa menyebabkan pencemaran.
  5. Sampah harus dibuang pada tempatnya. Hal ini sangat penting karena sampah menjadi faktor utama penyebab tercemarnya air.
  6. Pengelolaan sampah yang baik juga sangat dianjurkan. Kita dapat mulai memisahkan serta menggolongkan sampah tersebut menjadi organik dan non organik.
  7. Jika kawan-kawan memelihara hewan, usahakan kotorannya tidak mencemari lingkungan.
  8. Kita juga bisa turut berpartisipasi menanggulangi pencemaran air dengan mengurangi penggunaan plastik, tidak membuang sampah ke sungai, menjaga kelestarian lingkungan serta sumber daya alam.

Jadi, pencemaran yang terjadi pada air dapat menimbulkan dampak dan kerugian baik untuk kita maupun lingkungan

Dampak yang ditimbulkan diantaranya kerusakan ekosistem dan lingkungan, banjir, menurunya kualitas air,  bahkan gangguan kesehatan.

Sebisa mungkin ayo kita lebih mencintai lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, serta mengurangi penggunaan plastik agar pencemaran air bisa teratasi.

Baca Juga: Pencemaran Udara

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pencemaran Air

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]