1. Kelas 7 IPA
  2. Tak Berkategori

Pencemaran Tanah: Komponen Pencemar, Dampak, dan Penanganan

Pencemaran tanah terjadi jika terdapat makhluk hidup, zat, maupun komponen lain ke dalam tanah hingga kualitas tanah menurun. Biasanya pencemaran tanah kerap terjadi akibat bahan kimia buatan manusia yang merubah lingkungan tanah.
Apa saja sumber pencemaran tanah, dampak, dan cara menanganinya? Untuk mengetahuinya, simak artikel Studio Literasi kali ini hingga akhir, Kawan Literasi!

Pencemaran Tanah

Sumber: kehatilab

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, lebih tepatnya pada pasal 1 ayat (14), menyebutkan “Pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.”
Jadi, pencemaran tanah merupakan situasi dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan natural tanah. Pencemaran ini kerap terjadi karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri, fasilitas komersial, penggunaan pestisida, atau limbah industri yang langsung dibuang tanpa memenuhi syarat. Pencemar yang masuk ke tanah ini dapat terendap sebagai zat kimia yang beracun di tanah.
Baca juga: Pencemaran Udara

Komponen Bahan Pencemar Tanah

Sumber: rimbakita

Polutan atau bahan pencemar tanah dapat berasal dari sisa usaha atau limbah domestik maupun limbah industri. Berikut adalah penjelasannya:

1. Limbah Domestik

Sisa bahan dari pemukiman penduduk, tempat usaha seperti pasar atau hotel, maupun kantor, merupakan limbah domestik. Limbah domestik bisa berupa limbah padat seperti plastik, kaleng, maupun keramik yang bisa menjadi bahan pencemar karena tidak dapat terurai hingga 300 tahun lamanya. Sementara itu, limbah domestik cair bisa berupa oli, cat, atau deterjen.
Sampah anorganik yang tidak dapat ter-biodegradasi tersebut mengakibatkan tanah tidak dapat menyerap air, sehingga peresapan mineral yang dapat menyuburkan tanah akan berkurang. Akibatnya, tanaman akan sulit untuk tumbuh, bahkan bisa mati karena tidak memperoleh makanan untuk berkembang.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

2. Limbah Industri

Selain dari sumber domestik, pencemaran tanah juga bisa disebabkan oleh bahan sisa produksi industri. Limbah cair hasil pengolahan suatu proses produksi, misalnya sisa pengolahan pelapisan logam dan industri kimia lainnya, seperti tembaga, timbal, perak, khrom, arsen, dan boron, merupakan zat hasil pelapisan logam Hg, Zn, Pb, dan Cd. Zat tersebut sangat beresiko meracuni mikroorganisme, dan jika meresap ke tanah akan mengakibatkan kematian mikroorganisme.

3. Limbah Pertanian

Limbah yang dapat mencemari tanah juga berasal dari kegiatan pertanian, biasanya berupa sisa pupuk sintetik penyubur tanaman, seperti pupuk urea dan pestisida pemberantas hama tanaman. Penggunaan pupuk yang berkelanjutan bisa merusak struktur tanah dan menyebabkan kesuburan tanah berkurang.
Selain itu, penggunaan pestisida juga tidak hanya bisa mematikan hama tanaman, tetapi juga mematikan mikroorganisme yang berguna di dalam tanah. Penggunaan pestisida terus-menerus juga akan menyebabkan hama kebal terhadap pestisida tersebut.
Baca juga: Apa Itu Stomata? Ini Fungsi, Bagian-Bagian, Letak, & Tipenya

Dampak Pencemaran Tanah

Sumber: ruparupa

Pencemaran tanah dapat secara tidak langsung memberi dampak pada lingkungan dan kesehatan. Bagi lingkungan, pencemaran tanah akan sangat berdampak pada penurunan hasil pertanian. Hal ini akan berlanjut pada kesulitan konservasi tanaman, dimana tanaman tidak bisa menahan lapisan tanah dari erosi.
Sementara itu, ekosistem juga bisa terdampak karena adanya bahan kimia yang berbahaya atau beracun, menyebabkan kepunahan spesies primer dari rantai makanan. Akibatnya, predator atau tingkatan lain dari suatu rantai makanan pun juga akan terkena dampaknya. Hal ini sudah mulai terlihat, seperti konsentrasi DDT pada burung yang menyebabkan rapuhnya cangkang telur, hingga meningkatkan kematian anakan, bahkan meningkatkan posibilitas hilangnya spesies tersebut.
Selain berdampak pada lingkungan, pencemaran tanah juga bisa berdampak pada kesehatan. Bahan-bahan atau zat pencemar bisa secara tidak langsung memapar air minum, udara, maupun rantai makanan. Saat sumber air tanah terkontaminasi, maka kontaminan dapat masuk melalui air minum. Ketika makanan tumbuh dengan media tanah, kontaminan juga dapat masuk melalui rantai makanan. Dampak yang dirasakan dapat berbeda beda. Misalnya, merkuri dan siklodiena dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Ada pula dampak seperti sakit kepala, iritasi mata, ruam kulit akibat paparan beberapa jenis bahan kimia.
Baca juga: Pencemaran Air

Penanganan Pencemaran Tanah

1. Bioremediasi

Sumber: byjus

Bioremediasi merupakan salah satu cara mengendalikan polutan atau pencemaran dengan memanfaatkan proses biologi. Dalam bioremediasi, digunakan mikroorganisme atau organisme hidup untuk mendegradasi bahan pencemar lingkungan menjadi bentuk yang lebih sederhana.
Mikroorganisme yang dimaksud adalah fungi, alga, khamir, yeast, hingga bakteri,atau disebut juga bioremediator. Tujuan bioremediasi adalah memecah zat pencemar menjadi bahan yang lebih tidak beracun, seperti karbon dioksida dan air. Proses bioremediasi sendiri harus memperhatikan temperatur tanah, ketersediaan air, oksigen, dan juga nutrien.
Selain menggunakan mikroorganisme, bioremediasi juga bisa memanfaatkan tanaman air atau dikenal sebagai fitoremediasi. tanaman air ini bisa menetralisir komponen tertentu dalam perairan, sehingga sangat berguna dalam proses pengolahan limbah cair.

2. Fitoremediasi

Sumber: byjus

Fitoremediasi merupakan penggunaan tumbuhan untuk memindahkan, menghilangkan, menstabilkan, atau menghancurkan bahan pencemar, baik berupa senyawa organik maupun anorganik. Metode fitoremediasi dikenal sebagai metode yang efisien, murah, serta ramah lingkungan. Namun, tidak semua tanaman bisa digunakan, sebab tidak semua tanaman bisa melakukan metabolisme, volatilisasi, dan akumulasi polutan dengan cara yang sama.
Baca juga: Metamorfosis Sempurna
Itu dia ulasan singkat mengenai pencemaran tanah, sumber polutan, hingga cara penanganannya. Kawan Literasi sebaiknya bisa turut serta dalam mengurangi sumber pencemaran tanah dari sisi domestik, mungkin salah satunya dengan mengolah sampah plastik dengan benar, agar tidak mencemari tanah. Semoga informasi kali ini bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pencemaran Tanah: Komponen Pencemar, Dampak, dan Penanganan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]