1. Kelas 7 IPA

Pencemaran Udara

Pencemaran Udara
Pencemaran Udara, Foto Oleh Wikipedia

Pencemaran udara adalah kejadian di mana udara yang berada di dalam atmosfer bumi mengalami suatu penambahan zat, baik dalam bentuk fisik, kimia, maupun biologi dalam jumlah yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bagi setiap mahluk hidup yang menghirupnya, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Penyebab Pencemaran Udara

Udara sudah mulai tercemar semenjak berkembangnya mesin-mesin yang menggunakan sumber energi dari suatu proses pembakaran seperti kendaraan bermotor, generator uap, hingga mesin-mesin pabrik.

Bagaimana bisa, ya?

Sesuai dengan pengertiannya, hal ini bisa terjadi karena jenis kandungan dari gas buang yang dihasilkan oleh mesin yang beroperasi dengan sumber energi dari proses pembakaran dapat membahayakan kesehatan seluruh mahluk hidup yang ada di bumi.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Memang apa aja sih kandungannya?

Mulai dari oksida nitrogen (NOx), timbal hitam/timbal (Pb), oksida fotokimia (Ox), suspended particulate matter (SPM), karbon monoksida (CO), hidrokarbon (CxHy), dan masih banyak lagi.

Kendaraan Bermotor

penyebab pencemaran lingkungan
Kendaraan Bermotor, Foto Oleh Gooto Com

Dari beberapa mesin yang menggunakan proses pembakaran sebagai penggerak utama, kendaraan bermotor menjadi salah satu penyebab pencemaran udara paling besar.

Kenapa bukan generator uap atau mesin-mesin pabrik?

Karena hampir seluruh orang di dunia terutama Indonesia memiliki kendaraan bermotor pribadi, teman-teman di rumah juga pasti memiliki kendaraan bermotor pribadi, bukan? Entah itu sepeda motor ataupun mobil.

Dan pasti teman-teman menggunakan kendaraan bermotor itu hampir setiap hari, bukan? Coba bayangkan saja, ada berapa miliyar orang di dunia ini yang juga hampir setiap hari berpergian menggunakan kendaraan bermotor, berapa kira-kira jumlah kandungan gas berbahaya dari kendaraan bermotor yang dihasilkan? Tentu sangat banyak.

Belum lagi transportasi umum yang setiap saat selalu beroperasi demi memenuhi kebutuhan mobilitas manusia yang semakin hari semakin tinggi, hampir seluruh kendaraan yang digunakan untuk transportasi umum seperti angkot, bis, kereta api, kapal laut, hingga pesawat, juga menggunakan mesin dengan proses pembakaran sebagai penggerak utamanya.

Timbal yang terkandung dalam bensin akan keluar menjadi senyawa timbal dalam bentuk gas buang, sementara itu,senyawa hidrokarbon (CxHy) pada bahan bakar bensin maupun solar yang beraksi dengan oksigen (O2) akan menjadi gas karbon dioksida (CO2), uap air (H2O), dan sisa senyawa karbon dan hidrogen akan memebentuk gas karbon monoksida (CH).

Sementara itu hasil pembentukan karbon dioksida yang tidak sempurna akan membentuk karbon monoksida (CO).

Jika mendapat energi yang cukup, unsur nitrogen (N) yang memang menjadi komponen unsur paling banyak yang terdapat di udara juga dapat bergabung dengan unsur oksigen (O) yang masih tersisa, sehingga membentuk senyawa oksida nitrogen (NOx)

Hampir semua zat berbahaya yang dapat mencemari udara terdapat pada gas buang kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, sama sekali tidak mengherankan jika kendaraan bermotor menjadi penyebab utama tercemarnya udara di bumi.

Sektor Industri

sektor industri
Sektor Industri Foto Oleh Merdeka Com

Selain kendaraan bermotor, sektor industri juga ambil bagian dalam menjadi penyebab terbesar tercemarnya udara.

Hal ini dikarenakan hampir seluruh pabrik dari berbagai macam sektor industri yang ada di dunia membutuhkan mesin dengan proses pembakaran sebagai penggerak utama alat-alat yang mereka gunakan dalam keberlangsungan proses produksinya.

Selain itu, pabrik-pabrik dengan skala besar pasti juga membutuhkan pasokan listrik yang besar pula, tidak sedikit pabrik-pabrik yang ada di dunia menggunakan generator uap sebagai sumber pasokan listrik utamanya.

Kebanyakan generator uap memakai bahan bakar batu bara, batu bara juga mengandung unsur hidrokarbon (CxHy), sehingga akan menghasilkan komposisi gas yang tidak jauh berbeda dengan mesin yang berbahan bakar bensin maupun solar.

Oleh karena itu, sangat wajar jika sektor industri juga menjadi salah satu faktor kenapa udara di bumi semakin hari semakin kotor.

Penyebab Pencemaran Udara Lainnya

Penyebab pencemaran udara
Membakar Sampah, Foto Oleh Tribunnews Com

Selain kendaraan bermotor dan sektor industri, hal-hal kecil yang menjadi kebiasaan wajar bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia seperti membakar sampah juga dapat mencemari udara.

Kandungan gas yang dihasilkan oleh sampah plastik hampir sama dengan kandungan gas yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor maupun mesin-mesin pabrik.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan senyawa dari plastik memiliki jenis yang sama dengan kandungan senyawa pada bahan bakar yang biasa digunakan untuk kendaraan bermotor, yaitu hidrokarbon (CxHy), sehingga asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah plastik juga dapat mencemari udara.

Penyebab pencemaran udara alami
Letusan Gunung Foto Oleh IDN Times

Selain karena ulah manusia, senyawa-senyawa kotor pada udara juga dapat ditimbulkan oleh proses alami, seperti akibat letusan gunung merapi, kebakaran hutan, dan masih banyak lagi.

Dampak Pencemaran Udara

Oleh karena mengandung zat dengan senyawa yang berbahaya, ada beberapa dampak pencemaran udara pada kehidupan seluruh mahluk yang ada di bumi.

Dampak Pencemaran Udara Bagi Kesehatan

Dampak Pencemaran Udara Bagi Kesehatan
Dampak Pencemaran Udara Bagi Kesehatan, Foto Oleh OkeZone Com

Dampak pencemaran udara bagi kesehatan manusia adalah berbagai macam penyakit yang dapat timbul jika manusia terus menerus menghirup udara yang sudah tercemar.

Berikut penyakit yang dapat diderita manusia akibat pencemaran udara, terutama penyakit pernafasan.

1. Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Salah satu jenis penyakit penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau yang biasa disingkat ISPA.

Gejala ISPA antara lain batuk-batuk, pilek, yang biasanya juga disertai dengan demam.

Menurut data yang dikeluarkan oleh WHO, hampir 98% penyebab seseorang menderita penyakit ISPA adalah pencemaran udara.

2. Asthmatic bronchiole (Asma)

Salah satu jenis penyakit penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah asthmatic bronchiole atau yang biasa dikenal dengan nama asma.

Asma adalah penyakit pernafasan kronis yang dapat menyebabkan penderitanya merasakan sesak saat akan bernafas.

Hal ini dapat terjadi akibat menyempitnya rongga pernafasan pada penderita Asma.

3. Pneumonia (Paru-paru basah)

Salah satu jenis penyakit penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah pneumonia atau yang bisa juga disebut paru-paru Basah.

Pneumonia akan menyebabkan penderitanya demam dan batuk-batuk, tidak hanya itu, penyakit ini juga bisa membuat penderitanya merasakan sesak saat bernafas.

Pneumonia muncul akibat infeksi bakteri, virus, dan jamur yang akan membuat alveolus mengalami peradangan.

4. Bronchopneumonia

Salah satu jenis penyakit penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah bronchopneumonia.

Bronchopneumonia sering kali diakibatkan oleh infeksi bakteri yang masuk ke dalam paru-paru melalui udara atau darah.

Penderita penyakit bronchopneumonia akan kesulitan untuk memenuhi suplai udara yang menjadi kebutuhan mereka, sehingga tifak jarang penderita penyakit ini merasakan sesak nafas.

5. Serangan jantung

Salah satu jenis penyakit penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah serangan jantung.

Penumpukan plak pada pembuluh darah akan mengahambat aliran darah, oksigen dan juga nutrisi ke seluruh tubuh.

Plak yang menumpuk pada pembuluh darah berasal dari senyawa kimia pada gas pencemaran udara.

Hujan Asam

hujan asam dampak pencemaran udara
Hujan Asam, Foto Oleh Sehatq Com

Hujan asam juga menjadi salah satu dampak pencemaran udara, fenomena ini diakibatkan oleh senyawa NO2 dan SO2 yang akan menurunkan nilai PH dari air hujan yang turun.

Hujan asam akan sangat berpengaruh pada kualitas air di permukaan, selain itu, hujan asam juga akan melarutkan senyawa logam yang terdapat di bawah permukaan tanah, sehingga kualitas air yang berada di dalam tanah menurun karena sudah bercampur dengan larutan senyawa logam yang dibawa oleh hujan asam.

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca
Efek Rumah Kaca, Foto Oleh Thegorbasla Com

Dampak pencemaran udara yang selanjutnya adalah efek rumah kaca.

Fenomena ini merupakan kejadian dimana meningkatnya suhu bumi akibat gas hasil pencemaran udara seperti CO2, CFC, metana, ozon, dan N2O yang berada pada troposfer menyerap radiasi dari panas matahari yang dipantulkan oleh bumi.

Kemudian terjadi peningkatan suhu pada permukaan bumi, atau yang biasa kita sebut dengan pemanasan global.

Dampak dari pemanasan global sendiri antara lain adalah pencairan es di kutub utara dan selatan sehingga menyebabkan permukaan laut naik.

Kerusakan Lapisan Ozon

Kerusakan lapisan ozon dampak pencemaran udara
Kerusakan Lapisan Ozon, Foto Oleh Kompas Com

Lapisan ozon yang terletak pada stratosfer juga ikut menerima dampak pencemaran udara yang terjadi di atas permukaan bumi.

Fungsi lapisan ozon adalah pelindung alami dari sinar radiasi ultraviolet dari matahari, baik proses pembentukan ataupun penguraian senyawa ozon (O3) terjadi secara alami, tepatnya di stratosfer. 

Namun, akibat emisi CFC yang bersifat sangat stabil dan mampu mencapai stratosfer, proses pembentukan ozon menjadi jauh lebih lambat daripada penguraiannya.

Oleh karena itu, banyak lubang-lubang yang terbentuk di lapisan ozon sehingga menyebabkan sinar radiasi ultraviolet dari matahari bisa langsung sampai ke permukaan bumi.

Sinar UV-B akan menyebabkan resiko penyakit kanker kulit jika bersentuhan langsung dengan kulit manusia.

Cara mencegah pencemaran udara

Meskipun sepertinya kehidupan manusia modern tidak akan pernah terlepas dari pencemaran udara, namun bukan tidak mungkin bagi manusia untuk menguranginya. Berikut penjelesannya.

  1. Mengurangi intensitas penggunaan kendaraan bermotor atau pribadi. Semakin banyak orang yang menggunakan kendaraan umum, maka akan semakin sedikit pula jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi.
  1. Mengurangi penggunaan barang-barang elektronik yang tidak diperlukan. Meskipun tidak akan berpengaruh signifikan, berkurangnya barang elektronik yang beroperasi akan meringankan kerja generator uap.
  1. Mempraktekan konsep 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle. semakin paham orang-orang dengan konsep ini, semakin sedikit pula sampah plastik yang dibakar.

Demikian artikel tentang pencemaran udara kali ini. Semoga degan bertambahnya pengetahuan teman-teman tentang materi ini, kepedulian teman-teman terhadap lingkungan juga akan semakin tinggi.

Baca juga:

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pencemaran Udara

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]