1. Kuliah & Umum

Pengaruh Teknologi Terhadap Komunikasi & Dampaknya

Sekarang ini, pengaruh teknologi terhadap komunikasi semakin berkembang. Kalau dulu komunikasi mungkin masih terbatas, jaringan komunikasi yang dapat menjangkau masih belum bisa menjangkau semua tempat. Sebenarnya, sudah ada teknologi, tapi saat itu masih orang yang mampu secara finansial saja yang bisa menikmati teknologi lebih memadai. 

Tapi saat ini, karena teknologi sudah menjangkau semua kalangan, hampir setiap orang kalau ingin berkomunikasi pasti menggunakan teknologi, melalui jaringan internet. Karena tanpa internet kita pasti bakal kesulitan untuk berkomunikasi dengan siapapun. Terlebih kalau posisi orang tersebut jauh dari kita. Pastinya, masih ada pengaruh teknologi terhadap manusia lainnya, lebih lengkapnya ada pada artikel, ini!

Data Pengguna Internet di Indonesia

Karena yang namanya teknologi untuk berkomunikasi tentu tidak lepas dari internet. Jadi, pada artikel ini kita juga bakal mencantumkan data pengguna internet di Indonesia. Menurut, data dari We Are Social yang sebelumnya juga dikutip dari databoks.katadata.co.id, ada lebih dari 213 juta masyarakat Indonesia yang menggunakan internet hingga Januari 2023. Jumlah ini bertambah dari tahun 2022 pada bulan yang sama sebanyak 202 juta.

Sumber: unsplash.com

Data ini membuktikan kalau internet sudah menjadi bagian hidup manusia untuk mempermudah manusia dalam melakukan komunikasi di Indonesia. Ada beberapa fungsi dari komunikasi, jika kita ketahui saat ini beberapa hal terkait penggunaan teknologi untuk beberapa keperluan, menyebarkan berita kehilangan untuk mencari pemilik barangnya, memviralkan sesuatu yang kebanyakan terjadi pada orang yang tidak kenal sehingga salah satunya untuk menyampaikan melalui teknologi, yakni dengan cara posting melalui sosial media dan menandai akun-akun yang berhubungan dengan postingan tersebut. Misal kalau terjadi kejahatan, bisa tandai akun kepolisian setempat. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Mungkin saja, data tersebut juga bisa berasal bukan hanya dari pengguna internet paket data ponsel saja. Namun, bisa juga merupakan pengguna internet yang memasang jaringan wifi dan yang menggunakan wifi yang tersedia. Pastinya, jumlah tersebut akan bertambah setiap tahunnya.

Baca Juga: 8 Teknologi Pendidikan Terkini: Inovasi Dunia Pendidikan

Pengaruh Positif Teknologi Terhadap Komunikasi

Teknologi sudah membawa dampak positif untuk perkembangan komunikasi. Sebagai buktinya penjelasannya ada pada bawah ini, antara 

  • Terhubungnya kembali orang yang sudah lama tidak saling kontak

Kebanyakan terjadi pada teman masa kecil atau teman masa sekolah dulu yang saat itu teknologi belum secanggih sekarang. Biasanya ketika begitu mengingat namanya langsung search sosial medianya. Langsung menghubungi dan komunikasi mereka kembali terjalin setelah sekian lama.

  • Mempermudah komunikasi bagi yang bekerja secara online

Pandemik Covid-19 membuat perubahan dalam gaya bekerja, salah satunya dengan menerapkan sistem kerja work from home, orang tersebut bisa mengerjakan pekerjaannya dari rumah. Untuk berkomunikasi, koordinasi dan meeting mengandalkan aplikasi khusus untuk berkomunikasi. Bahkan karena komunikasi bisa dilakukan secara online, banyak kantor yang work from anywhere bagi semua karyawannya. 

  • Berkesempatan menambah banyak teman dan relasi 

Teknologi juga membawa dampak positif untuk pertemanan, yakni bisa menambah teman melalui sosial media dari seluruh penjuru dunia tanpa ada batasan. Bahkan saking luasnya, tidak heran kalau banyak yang akhirnya mendapatkan sahabat, pekerjaan bahkan jodoh karena sosial media.

  • Kita mudah untuk mendapatkan informasi

Karena teknologi kalau kita butuh informasi apapun, kita hanya tinggal mencarinya melalui mesin pencarian saja. Semua informasi yang kita butuhkan langsung muncul. Terkadang, karena informasi selalu update setiap saat, malahan kita bisa mengetahui informasi terbaru.

Baca Juga: Revolusi Industri 4.0: 5 Jenis Teknologi & Contoh Penerapan

Pengaruh Negatif Teknologi Terhadap Komunikasi

Ternyata, teknologi juga bisa membawa dampak buruk. Berikut pengaruh negatif dari teknologi:

  • Banyak orang yang tidak jujur soal profil 

Tidak semua profil yang ada pada sosial media merupakan profil asli. Banyak juga yang tidak jujur soal identitas dalam profil. Misalnya menyembunyikan status, menggunakan nama samaran, hingga menggunakan foto milik orang lain. 

Kadang kita tidak sadar, dan tidak melakukan pengecekan lebih lanjut mengenai profilnya sehingga dengan mudahnya kita langsung klik accept. Hal ini yang membuat orang terkadang memanfaatkan celah untuk melakukan suatu kejahatan karena merasa tidak dapat melacak keberadaanya.

  • Rawan kejahatan online

Belakangan ini semakin banyak kejahatan online yang terjadi, seperti melakukan penipuan transaksi online, penggelapan donasi, pencurian data pribadi, hingga merusak sistem jaringan perusahaan. Justru semakin canggih teknologi, modus kejahatan yang terjadi juga akan lebih beragam bahkan parahnya lagi bisa membuat masyarakat semakin berdaya.

Contohnya mengenai link website dari suatu perusahaan ternama, Pelaku kejahatan membuat link yang mirip dengan link resmi perusahaan tersebut. 

  • Orang lebih nyaman menggunakan teknologi untuk berkomunikasi daripada berbicara langsung

Kadang saat kamu sedang bersama teman atau keluarga meski sedang berkumpul bersama, namun, untuk menasehati atau ingin mengatakan sesuatu lebih senang menggunakan chat daripada berbicara secara langsung. 

Kemungkinan orang tersebut memang tipe orang yang takut bicara langsung dan sebenarnya ingin mengatakan sesuatu, tapi momennya kurang tepat, misal sedang berbicara dengan orang lain atau suasana sedang tidak ramai banyak orang.

  • Cyberbullying semakin meluas

Selain kejahatan online, banyak orang yang memanfaatkan teknologi dengan melakukan cyberbullying. Bentuknya bisa dengan membuat fitnah, menjelekan orang hingga menyuruh semua orang untuk melakukan orang itu.

Biasanya yang melakukan merupakan orang yang tidak suka terhadapnya dan ingin membuat orang tersebut menderita dan merasa bersalah. Parahnya lagi orang yang tidak kenal sama sekali ikutan membully orang tersebut.

Baca Juga: 6 Jenis-Jenis Strategi Pemasaran Digital yang Efektif

Walau saat ini banyak dampak negatif dari pengaruh teknologi terhadap komunikasi, tapi berhubung kita tidak bisa lepas dari teknologi. Jadi sebaiknya kita pilah mana yang baik dalam menggunakan teknologi.

 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengaruh Teknologi Terhadap Komunikasi & Dampaknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]