1. SD IPS

Pengertian Koperasi Lengkap – Materi IPS Kelas 5 SD

Pernahkah kamu menjumpai koperasi di dekat rumahmu? Koperasi adalah salah satu badan usaha yang membantu masyarakat Indonesia. Untuk lebih memahami apa itu koperasi, mari simak penjelasan pengertian koperasi.

Pengertian Koperasi

Koperasi adalah organisasi badan usaha yang kepemilikannya bersifat perseorangan atau kelompok yang dijalankan oleh anggotanya sendiri untuk memenuhi kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya. 

Sedangkan pengertian koperasi secara resmi tercantum dalam Undang Undang No. 17 Tahun 2012 pasal 1, yakni badan hukum yang didirikan oleh perseorangan atau kelompok dengan pemisahan kekayaan antara para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha, memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi.

Landasan didirikannya koperasi berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. Artinya, dalam menjalankan usahanya, koperasi dilindungi oleh badan hukum dan harus tunduk pada aturan dalam Pancasila dan UUD 1945.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Prinsip koperasi selalu berasas kekeluargaan. Maksud dari asas kekeluargaan yaitu koperasi tidak bertujuan untuk menguntungkan satu orang saja, tetapi mencapai keuntungan bersama. Hal ini membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya.

Jenis-Jenis dan Pengertian Koperasi

Berdasarkan Undang Undang No. 17 Tahun 2012 pasal 1, koperasi terdiri dari banyak jenis, antara lain:

1. Pengertian Koperasi Konsumen

Pengertian koperasi konsumen adalah jenis koperasi yang diperuntukkan bagi konsumen barang dan jasa. Bentuk kegiatannya yaitu menjual berbagai kebutuhan harian seperti kelontong atau alat tulis sehingga sekilas tampak seperti toko biasa. 

Bedanya dengan toko kelontong lainnya, keuntungan yang didapat dari penjualan akan dibagikan kepada anggotanya. Ciri lain dari koperasi konsumen harga jual barang lebih murah, karena biasanya yang membeli dari koperasi konsumen adalah anggotanya sendiri. 

Beberapa contoh koperasi konsumsi misalnya koperasi pegawai Republik Indonesia (KPRI), koperasi siswa atau mahasiswa, koperasi karyawan (KOPKAR) dan lain-lain.

2. Pengertian Koperasi Produsen

Pengertian koperasi produsen adalah koperasi yang diperuntukkan bagi produsen barang dan jasa. 

Bentuk kegiatannya sesuai dengan pengertian koperasi produsen yaitu menjual barang-barang produksi dari anggotanya, seperti koperasi peternak sapi perah menjual susu, koperasi peternak lebah menjual madu. 

Keuntungan bergabung dalam koperasi membuat para produsen mendapatkan beberapa keuntungan antara lain bisa mendapatkan bahan baku dengan harga lebih murah dan menjual hasil produksinya dengan harga layak.

3. Pengertian Koperasi Jasa

Koperasi jasa hampir dengan koperasi konsumen. Jika pengertian koperasi konsumen yaitu diperuntukkan bagi konsumen barang dan jasa, sementara koperasi jasa hanya menjalankan kegiatan jasa atau pelayanan bagi anggotanya. 

Beberapa contoh layanan yang disediakan oleh koperasi jasa adalah koperasi jasa angkutan, koperasi jasa asuransi, dan koperasi notaris.

4. Pengertian Koperasi Simpan Pinjam

Nama lainnya koperasi kredit. Pengertian koperasi simpan pinjam yaitu koperasi yang didirikan dengan tujuan untuk mengakomodasi kegiatan simpan-pinjam untuk para anggota. 

Anggota koperasi bisa meminjam dana dalam jangka waktu pendek kepada koperasi dengan syarat yang mudah dan bunganya rendah.

Menurut Rudianto, Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang bergerak dalam bidang pemupukan simpanan dana dari para anggotanya, yang nantinya akan dipinjamkan kembali kepada para anggota yang membutuhkan bantuan dana.

5. Koperasi Serba Usaha (KSU)

Merupakan koperasi yang menyediakan beberapa layanan sekaligus untuk para anggotanya. Sebutan akrab koperasi ini adalah KSU. Contohnya, ada anggotanya yang menyediakan jasa simpan pinjam, namun juga menjual berbagai kebutuhan konsumen lainnya. 

Sehingga anggotanya bisa memiliki banyak jenis usaha. Dengan demikian koperasi ini terdiri dari banyak layanan.

Landasan Koperasi

logo koperasi
Perubahan Logo Koperasi, Foto Oleh Dosenpendidikan Com

Dalam menjalankan usahanya koperasi terdiri dari tiga landasan, yakni:

  • Landasan idiil, bertujuan menciptakan masyarakat yang adil dan makmur tidak lepas dari hukum, landasan berpijak koperasi adalah pancasila.
  • Landasan struktural berdasarkan UUD 1945, sebab kedudukannya sebagai soko guru perekonomian nasional yang tercantum di UUD 1945.
  • Landasan mental.

Asas koperasi

Di bawah ini merupakan asas yang dipegang oleh koperasi dalam menjalankan usahanya:

Gotong royong

Sifat yang harus dimiliki oleh anggotanya dalam menjalankan usaha antara lain berkerja sama, toleransi, dan tidak boleh memtingkan diri sendiri.

Kekeluargaan 

Koperasi sangat menjunjung tinggi rasa kekeluargaan bahwa dalam koperasi semua anggota harus saling mempercayai dan saling membantu satu sama lain.

Ciri- Ciri Koperasi

Koperasi memiliki ciri-ciri antara lain:

  • Bersifat sukarela keanggotaannya.
  • Kekuasaan tertinggi dalam koperasi terletak pada rapat anggota. 
  • Koperasi tidak bersifat kapitalis.
  • Prinsip kegiatannya berdasarkan swadaya (usaha sendiri), swakerta (buatan sendiri), swasembada (kemampuan sendiri).
  • Merupakan kumpulan orang-orang.
  • Pembagian keuntungan menurut besaran jasa yang dikeluarkan anggota. 
  • Selain tujuannya meringankan beban ekonomi anggotanya, juga memperbaiki kesejahteraan anggotanya, pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  • Modal selalu berubah menurut banyaknya simpanan anggota.
  • Tidak mementingkan pemasukan modal tetapi keanggotaan pribadi dengan prinsip kebersamaan.
  • Saat rapat anggota tiap anggota masing-masing memiliki satu suara tanpa memperhatikan besaran modal masing-masing.

Prinsip Dasar Koperasi

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, seluruh koperasi di Indonesia menggunakan prinsip-prinsip berikut ini:

  • Keanggotaan koperasi memiliki sifat terbuka dan sukarela.
  • Proses pengelolaan koperasi diawasi oleh anggota secara demokratis.
  • Pembagian sisa hasil usaha (SHU) memprioritaskan rasa keadilan sesuai dengan kinerja dari masing-masing anggota.
  • Pemberian balas jasa pada anggota sesuai dengan modal anggota itu.
  • Anggota koperasi senantiasa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ekonomi.
  • Koperasi salah satu badan usaha swadaya yang otonom dan independen.
  • Layanan koperasi selain barang jasa, juga menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan.
  • Memperkuat gerakan dengan prinsip kerja sama dan kekeluargaan.

Fungsi Koperasi

Berdasarkan pada Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 pasal 4, fungsi koperasi di Indonesia antara lain:

  • Membangun dan meningkatkan potensi ekonomi para anggota dan masyarakat secara umum, sehingga kesejahteraan sosial dapat terwujud.
  • Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup anggotanya dan masyarakat.
  • Memperkuat perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan ekonomi nasional dimana koperasi menjadi pondasinya.
  • Mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang lebih baik dengan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Nah demikian materi pengertian koperasi. Semoga bisa membantu dalam kegiatan belajarmu ya. Selamat Belajar!

Baca juga: Kegiatan Ekonomi

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Koperasi Lengkap – Materi IPS Kelas 5 SD

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]