1. Kelas 7 PAI

Pengertian Tata Krama, Manfaat, Macam, dan Contohnya

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali dituntut untuk bersikap sopan santun melalui tata krama kepada siapapun. Tata krama saat ini bukan hanya sekedar sikap, namun juga kebiasaan yang perlu dimiliki oleh manusia. Pada artikel Studio Literasi kali ini akan membahas pengertian tata krama hingga manfaat, macam beserta contohnya. Yuk, pelajari artikel ini agar mampu jelaskan pengertian tata krama!

Apa Itu Tata Krama?

Tata krama dapat diartikan sebagai aturan berperilaku dan bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Tata berarti aturan, norma atau adat. Krama adalah sopan santun, perilaku santun, tingkah laku yang santun, bahasa yang santun dan tindakan yang santun. Jadi, pengertian tata krama adalah aturan kehidupan yang mengalir dalam hubungan antar manusia.

Selain itu, pengertian tata krama juga berkaitan erat dengan etika. Perilaku seseorang yang beretika maksudnya adalah orang tersebut memiliki tata krama. Awalnya, adab sopan santun lahir dalam lingkungan yang terbatas, namun seiring berjalannya waktu, hal tersebut mulai menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Tata Krama

Tata krama dapat menciptakan hubungan yang baik antar individu diberbagai lingkungan (Sumber: Pixabay)

Pada hakekatnya, tata krama merupakan sebuah norma hukum yang tidak tertulis yang terdiri dari sikap sopan santun juga kata dan merupakan budaya yang sudah melekat di Indonesia bahwa semua masyarakat Indonesia harus memilikinya. Manfaat dari adanya tata krama ini yaitu dapat menjadi lebih menghargai dan menghormati orang lain.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Dilansir dari Modul Bimbingan dan Konseling untuk Mengurangi Social Anxiety karya Miftahul Fikri, terdapat beberapa manfaat ketika kita menerapkan tata krama dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  1. Memudahkan hubungan baik dengan sesama individu
  2. Menciptakan kedamaian dan kenyamanan dalam kehidupan sosial
  3. Menghindari terjadinya sebuah pertentangan
  4. Memberi keyakinan pada diri sendiri dalam setiap situasi dan kondisi
  5. Menumbuhkan kesadaran orang lain akan pentingnya menerapkan tata krama

Macam – Macam Tata Krama

Tata krama diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu terdapat macam-macam tata krama  yang perlu disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari, antara lain:

1. Tata krama dalam berbicara

Ketika berbicara harus bisa menempatkan kondisi dimana dan dengan siapa ia berbicara. Jika ia berbicara dalam tempat yang formal, maka ia harus menggunakan bahasa yang sopan, formal, santun dan tidak banyak bercanda.

Sedangkan jika berbicara di tempat yang non formal, tetap menggunakan bahasa yang sopan dan jika hendak bercanda jangan sampai menyinggung lawan bicara. Kemudian ketika ia bicara dengan orang yang lebih tua sebaiknya menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami. 

2. Tata krama ketika makan

Hakekatnya, ketika makan harus tetap memiliki nilai sopan santun. Contohnya cuci tangan terlebih dahulu sebelum makan, makan dengan tangan kanan, tidak bersendawa sembarangan, mendahulukan orang yang lebih tua terlebih dahulu ketika mengambil makanan, mengambil makanan secukupnya, tidak makan sambil berbicara, dan masih banyak lagi.

3. Tata krama dalam bertamu

Dalam pengertian tata krama bertamu, kita sebagai tamu tetap wajib untuk memiliki sopan santun dan menghormati tuan rumah. Cara bertingkah laku ketika sedang menerima tamu juga perlu diterapkan pada lingkungan keluarga. 

4. Tata krama dalam berpenampilan

Pengertian tata krama dalam berpenampilan adalah seseorang harus bisa menyesuaikan pakaian yang ia pakai dengan acara yang ia hadiri. Kemudian pakaian yang digunakan merupakan pakaian yang santun, tidak terbuka, dan tidak transparan agar dipandang lebih nyaman.

5. Tata krama dalam bergaul

Ketika bergaul dengan orang lain, kita harus menghormati dan menghargai orang-orang di sekeliling kita. Kita boleh saja bergaul dengan siapapun asal kita juga dapat memilih mana hal yang bisa ditiru dan tidak untuk ditiru. Dalam bergaul, sebaiknya kita juga tidak boleh merendahkan dan membeda-bedakan orang lain.

6. Tata krama dalam bekerja

Dalam bekerja kita perlu mematuhi tata tertib yang berlaku dan selalu melaksanakan apa yang sudah menjadi tugas kita, serta tetap menghargai dan menghormati rekan kerja meskipun terdapat sifat mereka yang kurang kita sukai.

Contoh Tata Krama Dalam Keseharian

Ada banyak contoh tata krama yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam hal komunikasi, penampilan, hingga perilaku. Adapun beberapa contohnya antara lain:

1. Bersikap sopan dan ramah kepada siapa saja yang baru ditemui.

Misalnya, ketika Andi tidak sengaja bertemu teman sekelasnya di jalan, ia bersikap sopan dengan memberi salam atau menyapanya.

2. Memberi perhatian kepada orang lain melalui bantuan atau hal lain.

Misalnya, ketika Rina bertemu orang tua yang sedang keberatan membawa barang, ia berinisiatif untuk menolongnya.

3. Berusaha selalu menjaga perasaan orang lain.

Misalnya, Tika senang berbicara secara sopan dengan orang lain tanpa menyinggung perasaan orang tersebut.

4. Memiliki rasa toleransi yang tinggi terhadap sesama.

Misalnya, Andri tidak pernah mengejek budaya temannya yang memiliki perbedaan budaya dengan dirinya.

5. Mampu mengendalikan emosi dalam situasi apapun.

Misalnya, Mira tidak mudah marah dengan orang dan mampu menahan emosinya ketika ada masalah dengan orang lain.

Nah, itulah pengertian tata krama, manfaat, macam serta contohnya. Semoga setelah di jelaskan pengertian tata krama siswa tadi, Sobat Literasi dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan semoga Sobat Literasi mampu jelaskan pengertian tata krama sopan santun dan rasa malu ketika diminta oleh guru kamu, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Tata Krama, Manfaat, Macam, dan Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]