1. Kuliah & Umum

Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Untuk Tercapai Tujuan Negara

kesejahteraan transportasi
kesejahteraan transportasi. sumber foto: unsplash.com

Kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu indikator penting dalam menilai keberhasilan pembangunan suatu negara. Peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi tujuan utama bagi pemerintah dalam upaya menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi seluruh rakyatnya. Melalui artikel ini, Sobat Literasi bakal mengetahui tentang pentingnya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencapainya.

Pengertian Kesejahteraan Masyarakat

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai peningkatan kesejahteraan masyarakat, kita mengenal tentang pengertian kesejahteraan masyarakat terlebih dahulu. Berikut penjelasannya:

Pengertian kesejahteraan masyarakat terdapat pada Undang-undang No 11 Tahun 2009, tentang Kesejahteraan Masyarakat, yaitu kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya. Berdasarkan undang-undang tersebut kita simpulkan bahwa kesejahteraan masyarakat bisa dilihat dari bagaimana cara masyarakat (pribadi) bisa memenuhi 2 jenis kebutuhannya yakni materi (meliputi kekayaan, makanan, pakaian dan kesehatan) dan non-materi  (keagamaan, pendidikan, ketenangan dan mental).

Kesejahteraan masyarakat juga merupakan salah satu tugas dari Pemerintah Indonesia (melalui Menteri Sosial) yang tercantum dalam beberapa pasal, antara lain Pasal 27 dan Pasal 34 UUD 1945 (menekan kesejahteraan dalam pembangunan, terutama terhadap kalangan yang termasuk dalam kategori tidak mampu secara ekonomi) dan  Peraturan Menteri Sosial No. 16 Tahun 2017 (standar sumber daya manusia dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial).

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Baca Juga: Kewirausahaan Sosial Inovatif: Solusi untuk Masalah Sosial

Bentuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Dalam mewujudkan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, pemerintah dan lembaga-lembaga berkaitan ikut membantu. Berikut bentuk dari peningkatan kesejahteraan masyarakat:

  • Peningkatan Akses Terhadap Pendidikan

Salah satu langkah penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan meningkatkan akses terhadap pendidikan. Pendidikan yang berkualitas dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih baik. Pemerintah perlu mengalokasikan anggaran yang cukup untuk membangun infrastruktur pendidikan yang memadai, seperti sekolah dan universitas, serta memberikan bantuan finansial kepada masyarakat yang kurang mampu agar mereka dapat mengakses pendidikan dengan mudah.

  • Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Selain pendidikan, kesehatan juga merupakan faktor penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah perlu meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun pusat kesehatan masyarakat yang dilengkapi dengan fasilitas medis dan tenaga medis yang kompeten. Selain itu, pemerintah juga perlu melakukan kampanye tentang pentingnya gaya hidup sehat dan memberikan edukasi tentang penyakit yang sering terjadi di masyarakat.

  • Peningkatan Kesempatan Kerja

Kesempatan kerja yang cukup merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah perlu menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi para pengusaha untuk membuka lapangan kerja baru. Selain itu, pemerintah juga perlu memberikan pelatihan dan pendidikan vokasi kepada masyarakat agar mereka memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Dengan adanya kesempatan kerja yang cukup, masyarakat dapat memperoleh penghasilan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

  • Peningkatan Infrastruktur

Infrastruktur yang baik juga merupakan faktor penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah perlu mengalokasikan anggaran yang cukup untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan sarana transportasi lainnya. Infrastruktur yang baik akan mempermudah aksesibilitas masyarakat terhadap berbagai fasilitas dan pelayanan, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

  • Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup

Peningkatan kualitas lingkungan hidup juga merupakan faktor penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah perlu melakukan upaya perlindungan lingkungan, seperti pengelolaan sampah yang baik, penghijauan, dan pengendalian polusi. Selain itu, pemerintah juga perlu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi penggunaan bahan-bahan berbahaya bagi lingkungan.

Baca Juga: Perubahan Paradigma Sosial & Perubahan Sosial

Bukti Adanya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Indonesia

Ada beberapa bukti yang menjadi adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Buktinya sebagai berikut:

  • Penambahan ruas tol yang beroperasi (sehingga infrastruktur jalan tol antar kota di Indonesia sudah mulai memadai dan bisa mempercepat durasi perjalanan. 
  • Ekonomi yang perlahan bangkit dari Covid-19 (semua sektor sudah bisa berjalan tanpa adanya pembatasan sehingga bisa kesejahteraan masyarakat (pekerja) meningkat).
  •  Bertambahnya bandara Internasional  beberapa kota di Indonesia yang sudah digunakan.
  • Tempat-tempat hiburan (taman, ruang terbuka hijau) yang layak bisa digunakan masyarakat untuk berolahraga sehingga bisa mengendalikan polusi dan berdampak baik pada kualitas kesehatan masyarakat.
  • Memperbanyak jumlah, jenis dan rute transportasi umum sehingga untuk beraktivitas sehari-hari maupun saat keluar wilayah (luar kota) menjadi lebih mudah dan tersedia untuk rute tujuan wilayah tersebut.

Baca Juga: 7 Faktor Penghambat Perubahan Sosial dan Dampaknya

Peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan tujuan utama dalam pembangunan suatu negara. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah yang tepat, seperti meningkatkan akses terhadap pendidikan, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, menciptakan kesempatan kerja yang cukup, memperbaiki infrastruktur, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.  Dengan adanya upaya yang searah dan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkat dan menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi seluruh rakyat. Hal yang tidak kalah pentingnya pastikan kesejahteraan masyarakat bisa merata pada semua golongan sehingga terhindarnya kecemburuan sosial. 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Untuk Tercapai Tujuan Negara

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]