1. Kelas 9 IPS

Sejarah Perang Dunia 1: Penyebab, Kronologi & Dampaknya

Perang Dunia 1 adalah salah satu peperangan paling parah sepanjang sejarah, sebab hampir sepuluh juta orang tewas dan sekitar 21 juta orang luka-luka karena peperangan. Perang Dunia 1 dimulai sejak tahun 1914 hingga 1918, dan kerap disebut sebagai Great War. Kali ini, Studio Literasi akan membahas seluk-beluk Perang Dunia 1. Simak artikel ini sampai habis!

Penyebab Perang Dunia 1

Penyebab terjadinya perang dunia 1 terbagi menjadi 2, yaitu penyebab umum dan penyebab khusus. 

Penyebab Umum

Sumber: edukasinesia

1. Kompetisi bidang Industri dan Militer 

Pada awal abad ke-20, negara-negara maju, yakni Inggris dan Jerman, ingin memperluas wilayah kekuasaannya. Jerman ingin menyatukan negara di sekitarnya, sedangkan Inggris juga ingin melebarkan wilayah kekuasaan meski sudah menjajah seperempat wilayah dunia. Jerman pun merasa terancam dan memperbesar alokasi biaya militer. Mengetahui hal tersebut, Inggris juga meningkatkan produksi serta kekuatan militernya. 

2. Paham Ultranasionalisme

Paham ini juga turut menjadi alasan tidak langsung perang dunia terjadi, yaitu paham bahwa bangsa sendiri lebih unggul dari bangsa lain, atau ultranasionalisme. Salah satu contohnya, yaitu Jerman yang tidak segan mengambil wilayah lain sebagai daerah kekuasaannya. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

3. Terbentuknya Aliansi Politik

Akibat industri militer negara-negara eropa, beberapa negara membentuk aliansi. Terdapat 2 kubu, diantaranya Triple Alliance dan Triple Entente. Triple Alliance adalah persekutuan antara Kekaisaran Jerman, Austria-Hongaria dan Italia, yang telah terbentuk sejak 1882. Triple Entente mencakup Kekaisaran Rusia, Republik Ketiga Perancis, Kerajaan Inggris Raya, dan Irlandia, dan sudah terbentuk sejak 1894. Saat kedua kubu ini terbentuk lagi di dekade kedua abad ke-20, Italia memilih untuk bergabung ke kubu Triple Entente. Keberadaan Italia pada kubu Triple Alliance lalu digantikan oleh Kekaisaran Turki Usmani. Kepindahan Italia ke Triple Entente adalah karena iming-iming dari Perancis dan Inggris yang akan memberi Italia wilayah Dalmatia. 

Baca juga: Rangkuman Peristiwa Sejarah Indonesia Hingga Era Kemerdekaan

Penyebab Khusus

Selain beberapa faktor umum diatas, ada penyebab khusus yang membuat perang dunia 1 terjadi, diantaranya yaitu:

1. Terbunuhnya Archduke Franz Ferdinand 

Sumber: onthisday

Pembunuhan putra mahkota pewaris tahta kekaisaran Austria-Hongaria, Archduke Franz Ferdinand, terjadi akibat protes Serbia atas Austria-Hongaria yang mengambil kendali atas wilayah Herzegovina dan Bosnia. Sedangkan, Serbia sendiri ingin mengambil alih wilayah-wilayah tersebut. Serbia berambisi untuk memerdekakan etnis Slavia di kedua wilayah tersebut. Pada tahun 1914, kelompok teroris Serbia, Black Hand, mengirim kelompok untuk membunuh Archduke. Gavrilo Princip, berhasil menembak Archduke dan istrinya ketika berkendara melewati Sarajevo, Bosnia. Akhirnya, Archduke beserta istrinya pun akhirnya meninggal. Karena pembunuhan tersebut, Austria-Hongaria mendeklarasikan perang kepada Serbia. 

2. Ikut Campurnya Beberapa Negara Eropa pada Perang Serbia dan Austria-Hongaria

Peperangan semakin panas akibat beberapa negara yang ikut campur. Awalnya, Rusia membantu Serbia untuk menyerang Austria-Hongaria. Lalu, Jerman pun ikut membantu Austria-Hongaria untuk melawan Serbia dan Rusia. Jerman bersekutu dengan Austria-Hongaria juga untuk menyerang wilayah Belgia yang terikat dengan perjanjian antara Perancis dan Inggris. Inggris dan Perancis yang sudah beraliansi dengan Rusia pun juga ikut menyerang Jerman. Inilah awal dari terbentuknya aliansi beberapa negara di Eropa. Beberapa bergabung dengan Austria-Hongaria, sebagian lainnya bergabung dengan Serbia. Lalu, Turki Usmani juga akhirnya bergabung dengan Triple Alliance untuk melawan Rusia, karena Triple Alliance telah membantu mengalahkan Rusia yang merupakan musuhnya. 

Baca juga: Sejarah VOC di Indonesia: Latar Belakang hingga Kemunduran

Front Perang Dunia 1

Perang dunia 1 terjadi di berbagai kawasan, yang diantaranya adalah Front Barat dan Front Timur. Apa saja yang terjadi? Berikut pembahasan singkatnya: 

1. Front Barat

Sumber: britannica

Titik utama peperangan adalah di wilayah Front Barat, yaitu di area Perancis Utara dan Belgia. Di wilayah itu Perancis dan Inggris melakukan perlawanan terhadap Jerman, mulai dari tahun 1915 hingga 1917. Pertama kalinya, pertempuran terjadi dengan menggunakan persenjataan serta teknologi yang modern, seperti senapan mesin serta artileri berat. Jerman juga memakai gas beracun untuk pertama kalinya. Jerman menguasai perang dan akhirnya mampu menguasai Belgia dan Perancis. Tetapi, Jerman kalah melawan Perancis di area Sungai Marne, kemudian mengumumkan perang parit terhadap Perancis. Jerman akhirnya tetap mengalami kekalahan di Verdum.

2. Front Timur

Sumber: britannica

Front timur merupakan area perang lainnya, di area Eropa Timur, Laut Baltik dan Hitam, hingga beberapa bagian Eropa Tengah. Di front timur, Jerman, Austria-Hongaria, dan Kerajaan Ottoman Turki berperang melawan Rusia dan Romania. Bergabungnya Jerman berhasil menyudutkan Rusia di sekitar Danau Mesuri. Berkat pertempuran di front ini, Jerman mampu menduduki Polandia. 

Berakhirnya Perang

Setelah empat tahun lamanya, peperangan mulai berakhir saat Jerman terdesak. Blok Sekutu memenangkan perang di berbagai wilayah atas Blok Sentral. Pada November 1918, Blok Sekutu menang dan memaksa Jerman untuk melakukan gencatan senjata. Gencatan senjata tersebut resmi dilakukan dengan adanya Perjanjian Versailes dan beberapa perjanjian lainnya. Perjanjian Versailles dibuat antara pihak Sekutu dan Jerman di kota Versailles, Perancis. Berikut adalah isi perjanjian Versailles:

  • Aktivitas dan kekuatan militer Jerman dibatasi
  • Salah satu wilayah kekuasaan Jerman harus diserahkan ke Perancis, yaitu Alsace Lorraine. 
  • Wilayah Eupen dan Malmedy yang dikuasai Jerman harus diberikan pada Belgia. 
  • Pihak sekutu akan mengambil alih area yang dikuasai Jerman. 
  • Jerman harus membayar ganti rugi atas perang.
  • Liga Bangsa Bangsa akan mengawasi Pelabuhan Danzig di Polandia.

Dampak Perang Dunia 1

Sumber: kompas

Secara politik, Perang Dunia 1 menyebabkan terbentuknya Liga Bangsa-Bangsa, beberapa negara baru, serta timbulnya paham-paham politik seperti fasisme, sosialisme-komunisme, serta nasionalisme. Dari segi ekonomi, Perang Dunia 1 ini tentunya membuat sarana fisik serta pusat industri di Eropa rusak berat. Rusia pun mengalami kelaparan. Jerman juga mengalami krisis ekonomi karena harus membayar ganti rugi pasca perang. Selain itu, besarnya biaya yang dibutuhkan untuk perang menyebabkan beberapa negara harus terlilit hutang yang sangat besar, akibatnya, terjadi krisis Malaise atau The Great Depression pada 1929, yaitu menurunnya ekonomi secara drastis di seluruh dunia dan berlangsung selama sekitar 10 tahun. 

Baca juga: Menyelami Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah Perang Dunia 1. Simak artikel-artikel Studio Literasi lainnya agar wawasanmu semakin luas!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sejarah Perang Dunia 1: Penyebab, Kronologi & Dampaknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]