1. Penjaskes

Mengenal Tanda Pertumbuhan & Perkembangan Fisik pada Remaja

Perubahan fisik pasti akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia seorang manusia. Namun, perubahan yang paling nyata terlihat adalah ketika usia remaja atau pubertas. Perlu diketahui, pubertas merupakan suatu tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara seksual. 

Umumnya, perkembangan tubuh remaja pada masa kanak-kanak berlangsung pada usia 10–14 tahun pada remaja perempuan dan usia 12–16 tahun pada remaja laki-laki. Perkembangan tubuh remaja pada masa ini terjadi karena peran hormon, salah satunya ialah hormon pertumbuhan pada masa pubertas. 

Oleh karena itu, penting bagi kita mengenali ciri-ciri perkembangan tubuh pada remaja. Supaya makin paham dengan perkembangan tubuh remaja beserta tandanya, yuk, simak artikel Studio Literasi berikut ini!

Ciri-ciri Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh Remaja yang Perlu Diketahui

Perkembangan tubuh pada remaja
Perkembangan tubuh pada remaja (Sumber: Pixabay)

1. Pertumbuhan bentuk tubuh

Perubahan yang terjadi pada tubuh laki-laki di masa remaja dapat ditandai dengan bertambah tinggi, bahu melebar, dan dada menebal. Sementara itu, pada remaja perempuan perubahan fisik terlihat pada panggul yang melebar dan menebal, serta dada yang semakin membesar.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

2. Perkembangan jaringan tubuh

Umumnya anak laki-laki akan mengalami perkembangan pada otot saat memasuki masa remaja. Namun di sisi lain, pertumbuhan lemak justru akan lebih banyak terlihat pada remaja perempuan. Hal inilah yang akan membedakan karakter jaringan otot, tulang, dan lemak antara laki-laki dengan perempuan. 

3. Perkembangan seksual

Masa pubertas pada perempuan terjadi dua tahun lebih awal dibandingkan laki-laki. Perkembangan seksual perempuan ditandai dengan: menstruasi yang rutin setiap bulan; tumbuhnya payudara; pertumbuhan rambut di ketiak dan sekitar kemaluan. 

Sedangkan pada laki-laki tanda-tanda perkembangan seksualnya ditandai dengan: mimpi basah (keluar sperma); tumbuh jakun, kumis, rambut di ketiak atau sekitar alat vital serta pelebaran larynx (membesarnya pita suara). 

4. Perubahan fisiologis

Ada beberapa tanda perubahan fisiologis yang dapat dialami remaja laki-laki dan perempuan, yaitu: turunnya denyut nadi dan temperatur basal; peningkatan tekanan darah sistolik; peningkatan volume pernapasan, kapasitas vital, serta pernapasan maksimum. 

Seperti Apa Tanda Perubahan dan Perkembangan Tubuh Remaja Laki-laki dan Perempuan?

Memasuki usia remaja atau ketika anak menginjak usia 10 hingga 18 tahun, pertumbuhan seorang anak diketahui berada di masa puncaknya. Pertumbuhan tersebut meliputi tinggi dan berat badan, kematangan organ reproduksi, hingga organ seksual. Sebagai panduan agar Kawan Literasi dapat mengenali lebih jelas, berikut tanda perkembangan tubuh remaja berdasarkan jenis kelamin.

1. Perkembangan Tubuh Remaja Laki-Laki

Remaja laki-laki
Remaja laki-laki (Sumber: Pixabay)

Remaja laki-laki yang memasuki pubertas akan membuat anak mengalami  perubahan fisik seperti bertambahnya tinggi yang dimulai sejak usia 13,5 tahun dan akan melambat sekitar usia 18 tahun. 

Perkembangan tubuh remaja laki-laki selanjutnya juga terjadi pada ukuran testikel dan penis yang membesar. Bertambahnya ukuran penis bisa terjadi sejak usia 9 tahun atau lebih dewasa, meski sebagian remaja berusia 15 tahun yang masih belum mengalaminya dan hal tersebut merupakan hal yang normal, kok.

Remaja laki-laki juga mengalami pertumbuhan bulu halus pada area ketiak, kaki, dada, wajah dan kemaluan. Tidak hanya itu, pubertas juga membuat suara remaja laki-laki menjadi lebih berat. Hal ini dapat terjadi karena pembesaran ukuran laring, yaitu organ di mana pita suara terletak, akan membuat suara remaja laki-laki terdengar lebih berat. Hal tersebut normal dan lagi-lagi tidak ada patokan pada usia berapa perubahan ini akan terjadi.

Sejalan dengan perubahan fisik, remaja laki-laki pada awal masa puber juga akan mengalami mimpi basah. Mimpi basah adalah ketika laki-laki mengeluarkan sperma saat mereka tidur karena sebuah mimpi. Ketika mimpi basah, biasanya celana atau pakaian akan basah saat terbangun. Nah, mimpi basah ini biasanya dimulai di perkembangan anak usia 13 hingga 17 tahun.

2. Perkembangan Tubuh Remaja Perempuan

Remaja perempuan
Remaja perempuan (Sumber: Pixabay)

Sama halnya dengan remaja laki-laki, remaja perempuan akan mengalami berbagai macam perubahan pada tubuh, mulai dari payudara yang tumbuh, bulu halus pada ketiak dan area kemaluan, hingga terjadi menstruasi. Hal tersebut adalah hal yang wajar dan terjadi secara alami.

Ketika memasuki masa pubertas, payudara remaja perempuan akan mulai tumbuh. Pertumbuhan payudara umumnya akan terjadi pada usia 8 hingga 13 tahun dan dimulai dari area puting. Namun, hal ini tentunya menyesuaikan dengan tingkat hormon dari masing-masing remaja. Sebagai tambahan, perlu rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) untuk menjaga payudara tumbuh dengan baik. 

Langkah SADARI bertujuan untuk mendeteksi kondisi serius pada payudara sejak dini, seperti kista atau kanker payudara. SADARI dapat dilakukan dengan cara melihat dan meraba sekitar payudara untuk mengetahui apakah ada hal yang tidak wajar. Selain pada payudara, perkembangan tubuh remaja perempuan juga akan terjadi pada area kelamin yang ditandai dengan tumbuhnya bulu halus. 

Selain itu, remaja perempuan juga akan mulai mengalami menstruasi atau keluarnya darah dari area intim perempuan. Menstruasi terjadi karena sel telur tidak dibuahi yang pada akhirnya akan luruh dan keluar menjadi daerah melalui vagina. Perubahan atau perkembangan tubuh remaja perempuan ini akan mencapai masa puncak di usia 11,5 tahun hingga 16 tahun.

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Tubuh Remaja

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan tubuh remaja, yaitu:

1. Faktor Hormonal

Hormon yang tidak seimbang bisa berpengaruh pada berat dan tinggi badan, baik saat balita ataupun sudah beranjak remaja. Ketidakseimbangan hormon seperti kadar tiroid atau hormon pertumbuhan yang rendah ini bisa menyebabkan perkembangan remaja lebih lambat.

2. Faktor Genetik

Bila terdapat perbedaan tinggi seorang remaja dengan remaja seusianya, kemungkinan ada faktor genetik. Hal tersebut juga bisa menjadi hasil dari keturunan genetika apabila orangtua atau keluarga lain dari remaja tersebut memiliki tinggi badan yang di bawah rata-rata.

3. Asupan Nutrisi

Stunting atau gangguan pertumbuhan dipengaruhi oleh pemberian nutrisi yang kurang baik saat kecil. Hal ini membuat berat badan seorang remaja kurang (underweight) yang kemudian berpengaruh pada pertumbuhan tinggi badannya.

4. Waktu Istirahat

Durasi tidur yang pendek atau kurang tidur dapat menyebabkan tubuh gagal memproduksi hormon pertumbuhan tubuh remaja dengan maksimal saat tidur. Hal ini bisa menjadi penyebab tidak bertambahnya tinggi badan saat tidur dengan maksimal. Oleh karena itu, pastikan Kawan Literasi selalu memiliki waktu istirahat yang cukup, ya.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai perkembangan tubuh remaja beserta faktor yang mempengaruhinya. Perlu diingat, bahwa tumbuh kembang setiap remaja berbeda. Namun, jika Kawan Literasi merasa perkembangan tubuh remaja tidak sesuai seharusnya, silahkan periksakan ke dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut, ya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Tanda Pertumbuhan & Perkembangan Fisik pada Remaja

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]