1. Kelas 9 IPA

Perkembangbiakan Vegetatif

Pernahkah kamu menemui tumbuhan yang ditanam seperti di atas? Teknik mengembangbiakkan tanaman seperti di atas disebut dengan cangkok. Cangkok adalah salah satu contoh perkembangbiakan tanaman secara vegetatif. Nah, kali ini Studioliterasi akan membahas secara lengkap tentang perkembangbiakan vegetatif, mulai dari pengertian, ciri-ciri, sampai contoh lengkapnya.

Pengertian

Perkembangbiakan vegetatif adalah tipe perkembangbiakan pada hewan dan tumbuhan yang terjadi tanpa proses perkawinan. Bagian itu memisahkan diri atau dipisahkan dari induknya, jadi hanya diperlukan satu induk saja. Perkembangbiakan jenis ini dikelompokan menjadi dua yaitu perkembangbiakan vegetatif alami dan perkembangbiakan vegetatif buatan.

Ciri-ciri

Ada beberapa ciri perkembangbiakan secara vegetatif, yaitu sebagai berikut.

  1. Tidak kawin (Aseksual)
  2. Tidak mengalami penyerbukan
  3. Sifat asli dari induknya
  4. Bisa menggunakan bagian tubuh itu sendiri

Manfaat

Metode perkembangbiakan dengan tipe ini memiliki keuntungan-keuntungan. Berikut manfaat dari perkembangbiakan secara vegetatif. 

  1. Bisa berbuah dalam waktu cepat
  2. Menghasilkan buah yang banyak
  3. Mempunyai sifat keturunan yang sama
  4. Bisa dilakukan dengan kombinasi
  5. Tingkat keberhasilan lebih tinggi
  6. Tumbuhan tumbuh lebih pendek

Perkembangbiakan vegetatif alami

Perkembangbiakan vegetatif alami  adalah tipe perkembangan yang terjadi secara alami tanpa bantuan manusia. Perkembangbiakan jeni ini terjadi pada umbi batang, umbi lapis, umbi akar, akar tinggal, geragih, dan tunas.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

1. Umbi Batang

foto kentang umbi batang perkembangbiakan vegetatif
Contoh Umbi Batang, Foto oleh segodnya ua

Umbi batang adalah jenis batang yang tumbuh menggelembung di dalam tanah. Batang ini mengalami perubahan cadangan makanan.

Contoh tumbuhan yang berkembangbiak secara vegetatif alami, kentang, Bengkuag, Ubi Jalar

2. Umbi Lapis

foto bawang bombay sebagai konteks umbi lapis pada perkembang biakan vegetatif
Contoh Umbi lapis, Foto oleh pinterest es

Umbi lapis merupakan pelepah daun yang berlapis-lapis. Di  bagian atas umbi lapis terdapat tumbuh daun, sedangkan di bagian bawah umbi lapis mempunyait cakram dan akar serabut 

Contoh tumbuhan yang berkembangbiak secara vegetatif alami, yaitu Bawang Merah, Bawang Putih, Bunga Bakung, Bunga Tulip

3. Umbi Akar

lobak sebagai konteks umbi akar pada perkembangbiakan vegetatif
Contoh Umbi akar, Foto oleh Kalimantanpers co id

Umbi akar adalah akar yang bisa membesar untuk digunakan sebagai cadangan makanan. Bila umbi ditanam bersama dengan pangkal batang maka akan tumbuh tunas. Tunas itulah yang akan menjadi tumbuhan baru.

Contoh tumbuhan yang berkembangbiak secara vegetatif alami, yaitu Singog, Wortel, Lobak, Tanaman Tahlia

4. Akar Tinggal

foto jahe sebagai konteks akar tinggal pada perkembangbiakan vegetatif
Akar tinggal, Foto oleh Rariamedia com

Akar tinggal adalah batang yang tumbuh di dalam tanah. Batang tersebut beruas-ruas dan tumbuh mendatar. Di setiap ruas akan tumbuh akar. Tunas ini dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Contoh tumbuhan yang berkembangbiak secara vegetatif alami, yaitu Lengkuas, Jahe, Kunyit, Kencur

  1. Geragih
geragih pada perkembangbiakan vegetatif
Geragih, Foto oleh Quizizz com

Geragih adalah batang yang tumbuh menjalar di permukaan tanah, pada ruas-ruas nya tubuh tunas baru. Tunas-tunas itu tidak tumbuh menjalar dan sudah tidak bergantung lagi pada induknya, tetapi masih tetap berhubungan.

Contoh tumbuhan yang berkembangbiak secara vegetatif alami, yaitu Stroberi, Antanan, Arbei, Rumput Teki

6. Tunas

foto tunas bambu pada perkembangbiakan vegetatif
Tunas, Foto oleh Harapan Rakyat Online

Tunas itu adalah anakan dari pohon. Tunas-tunas itu lebih dari satu dan masih memiliki hubungan dengan induknya.Contoh tumbuhan yang berkembangbiak secara vegetatif alami, yaitu Bambu, Tebu, Pisang

Baca juga : Ruang Lingkup Biologi

Perkembangbiakan vegetatif secara buatan

Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah perkembangan yang dibantu oleh manusia. Perkembangan vegetatif buatan dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu cangkok, stek, runduk, okulasi dan mengenten.

Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan

Berikut ini adalah beberapa contoh perkembangbiakan vegetatif buatan.

1. Cangkok

cangkok sebagai contoh perkembangbiakan vegetatif buatan
Cangkok, Foto oleh Paktanidigital com

Cangkok merupakan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan dengan cara membuat cabang batang tanaman menjadi berakar. Perkembangan ini tanpa merubah sifat, artinya pohon baru yang dihasilkan memiliki sifat yang sama persis dengan induknya. Syarat khusus tumbuhan yang bisa dicangkok adalah tumbuhan yang memiliki kambium, sebagian besar pohon buah-buahan yang bisa dicangkok.

Contoh tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan cara dicangkok, yaitu Jambu, Mangga, Belimbing, jeruk

2. Setek

setek sebagai contoh perkembangbiakan vegetatif buatan
Setek batang, foto oleh dekomura

Setek adalah cara perkembangbiakan vegetatif buatan yang dilakukan dengan menanam bagian tertentu dari tumbuhan tanpa menunggu tumbuhnya akar baru. Untuk setek batang yang  bisa digunakan  hanya batang yang memiliki banyak ruas.

Contoh tumbuhan yang dikembangbiakan dengan cara di setek yaitu singkong, Bakau

3. Runduk

merunduk sebagai contoh perkembangbiakan vegetatif buatan
Runduk, Foto oleh Studioliterasi

Runduk adalah contoh perkembangbiakan vegetatif buatan yang dilakukan dengan cara menundukkan cabang ke dalam tanah yang bertujuan untuk membuat cabang yang berada di dalam tanah tumbuh akar.Apabila akar sudah banyak, Cabang pohon dapat di potong dari induknya.

Contoh tumbuhan yang dikembangbiakan dengan cara di runduk yaitu Apel, Bugenvil

4. Okulasi

okulusasi
Okulasi, Foto oleh Berkebun co id

Okulasi adalah jenis perkembangbiakan vegetatif buatan yang dilakukan dengan cara menempelkan tunas dari satu tumbuhan ke tumbuhan yang lain.

Contoh tumbuhan yang dikembangbiakan dengan cara di okulasi yaitu Jeruk, Durian, Rambutan

5. Mengenten

Mengenten atau menyambung adalah menggabungkan batang bawah dan batang atas dua tanaman yang sejenis yang bertujuan untuk menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman sehingga diperoleh satu tanaman yang memiliki sifat-sifat unggul.

Perkembangbiakan vegetatif pada hewan

Perkembangbiakan secara vegetatif pada hewan adalah cara perkembangbiakan dengan tidak menggunakan sel kelamin. Vegetatif hewan dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu sebagai berikut.

1. Tunas

hydra
Tunas, Foto oleh Aftanalisi

Perkembangbiakan pada tunas terbentuk disaat dinding tubuh induk yang menonjol. Disaat tonjolan sudah mulai membesar ia akan melepaskan diri dari induknya dan menjadi individu baru. Hewan yang mengalami perkembangbiakan dengan cara vegetatif tunas yaitu hydra. 

2. Membelah diri

amoeba
Amuba, Foto oleh Puberkalom com

Membelah diri terjadi pada hewan yang bersel satu, hewan yang bersel satu itu sangat kecil dan hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop. Perkembangbiakan dengan cara membelah diri hanya bisa dilakukan oleh amoeba

Baca juga : Pencemaran Lingkungan

3. Fragmentasi

membela diri
Membelah diri, Foto oleh Biologi gonzaga

Fragmentasi adalah perkembangbiakan dengan cara memotong tubuh dirinya sendiri agar menjadi individu baru, Masing-masing fragmentasi ini tumbuh menjadi dewasa yang berasal dari induknya. Kejadian ini biasa dilakukan oleh cacing pipih 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Perkembangbiakan Vegetatif

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]