1. Penjaskes

Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

Kecelakaan adalah hal yang tidak bisa diprediksi dan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Bila sewaktu-waktu Kawan Literasi menemukan peristiwa kecelakaan, kamu bisa menerapkan P3K untuk korbannya. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan.

Apabila Kawan Literasi diminta untuk sebutkan tujuan pertolongan pertama pada kecelakaan P3K, jawabannya sudah jelas untuk membantu korban kecelakaan bertahan hingga petugas medis datang untuk memberi pertolongan lebih lanjut. Pertolongan pertama pada kecelakaan dapat membantu mencegah risiko kondisi yang lebih parah. Jika tidak dilakukan, maka nyawa korban kecelakaan bisa saja tidak tertolong lagi.

Oleh karena itu, langkah-langkah pertolongan pertama pada kecelakaan setidaknya perlu diketahui oleh setiap orang. Yuk, simak artikel berikut ini agar ketika Kawan Literasi mampu ikut membantu korban kecelakaan!

Langkah – Langkah Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

Langkah P3K (sumber: Pixabay)
Langkah P3K (sumber: Pixabay)

Penting hukumnya untuk mengetahui kondisi korban agar pertolongan yang diberikan dapat berjalan maksimal. Ketika terjadi kecelakaan, sebaiknya janganlah panik. Tetaplah bersikap tenang sambil memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan dengan cepat dan tepat. Ini dia beberapa langkah pertolongan pertama pada kecelakaan yang bisa dilakukan:

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

1. Amati dan Waspadai Kondisi Lingkungan Sekitar

Langkah pertama yang perlu Kawan Literasi lakukan adalah mengamati lingkungan sekitar lokasi terjadinya kecelakaan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui penyebab kecelakaan, sehingga bisa tahu langkah apa yang sebaiknya dilakukan sebagai pertolongan pertama. Pastikan juga untuk menjaga keselamatan diri dan orang di sekitar, agar tidak menambah jumlah korban.

2. Periksa Tingkat Kesadaran Korban

Beberapa korban kecelakaan bisa saja mengalami kondisi hilang kesadaran atau pingsan. Kawan Literasi harus segera memastikan bahwa korban kecelakaan tetap dalam kondisi sadar. Jika kamu tidak menemukan adanya indikasi luka berat, Kawan Literasi dapat memastikan adanya respons, hal tersebut dapat dilakukan dengan menepuk atau mengguncang tubuh korban dengan hati-hati. 

3. Cek Pernapasan dan Kondisi Fisik Korban

Periksalah jalan napas dan pernapasan korban. Kawan Literasi dapat memastikan apakah korban tidak bernapas atau bernapas tidak normal (gasping). Caranya dengan mendekatkan jari ke lubang hidung korban, kemudian periksa juga denyut nadi atau detak jantung korban. Jika terdapat penyumbatan pada pernapasan korban, seperti sesak napas atau suara napas bernada tinggi, segeralah melakukan langkah selanjutnya. 

Jika pernapasan korban normal, periksa apakah ada pendarahan atau luka terbuka dan bagaimana kondisi luka tersebut. Apabila ada perdarahan, Kawan Literasi dapat menekan area yang luka dengan menggunakan kain atau tisu yang bersih untuk menghentikan perdarahan. Kemudian, periksa juga apakah korban mengalami keseleo atau patah tulang.

4. Lakukan Kompresi Dada untuk Memberikan Bantuan Pernapasan

Apabila korban dalam kondisi tidak sadar, salah satu langkah pertolongan pertama pada kecelakaan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan kompresi dada. Cara melakukannya adalah dengan meletakkan salah satu tumit tangan di tengah dada korban, sembari meletakkan tumit satunya dengan kondisi jari-jari tangan mengunci. Kemudian, tekan dada menggunakan tumit dengan kedalaman 4 hingga 5 centimeter. 

5. Periksa dan Obati Kondisi Luka

Jika menemukan luka pada tubuh korban, segera lakukan penangan luka tersebut sesuai dengan jenisnya. Jika terdapat luka terbuka yang mengeluarkan darah terus-menerus, gunakanlah kain bersih agar pendarahan berhenti. 

Namun, jika luka yang ditemukan adalah luka bakar, sebaiknya menghubungi ambulance atau tenaga medis secepatnya. Sembari menunggu, Kawan Literasi dapat melepas pakaian atau perhiasan di dekat area yang terbakar. Jangan melepas pakaian atau perhiasan jika menempel pada kulit yang terbakar. Lalu, hindari menggunakan es untuk mendinginkan kulit yang terbakar. 

Seringkali korban kecelakaan juga mengalami keseleo, terutama di bagian pergelangan kakinya. Bagian tubuh yang keseleo biasanya terasa nyeri dan akan mengalami pembengkakan. Jika korban mengalami keseleo, Kawan Literasi dapat mengompres bagian tubuh korban yang keseleo dengan air es guna mengurangi pembengkakan. Lalu, angkat bagian tubuh yang cedera lebih tinggi dari posisi jantung untuk mengurangi pembengkakan.

Namun, jika korban merasa kesakitan dan tidak bisa menggerakan anggota tubuhnya, bisa jadi korban mengalami patah tulang. Jika demikian, jangan menggerakan bagian tubuh korban pada bagian patah tulang tersebut. Untuk patah tulang belakang, jangan menggerakan tubuh korban sama sekali, kecuali menggunakan tandu.

6. Bawa ke Rumah Sakit atau Klinik Kesehatan Terdekat Bila Perlu 

Jika pertolongan pertama pada kecelakaan belum berhasil dan kondisi korban sangat parah, sebaiknya segera bawa korban ke rumah sakit atau klinik kesehatan terdekat. Membawa korban ke rumah sakit atau ke klinik kesehatan terdekat dilakukan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang fatal, sehingga korban kecelakaan dapat diselamatkan dengan segera. Caranya dengan membawanya langsung dengan kendaraan yang ada atau memanggil ambulance.

Nah, itu tadi beberapa langkah pertolongan pertama pada kecelakaan yang bisa dilakukan. Kawan Literasi hendaknya memahami setiap poin yang telah dijelaskan, supaya bisa turut menolong korban kecelakaan sewaktu-waktu nanti. Semoga setelah membaca artikel Studio Literasi kali ini, Kawan Literasi dapat memahami dan dapat menjawab apabila diminta untuk jelaskan yang dimaksud dengan pertolongan pertama pada kecelakaan P3K dan mempraktekannya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]