1. Kelas 8 IPA

Pertumbuhan dan Perkembangan

Apakah kalian pernah melihat seorang bayi yang awalnya hanya bisa menangis lama – lama mulai bisa berbicara? Jika pernah berarti kalian sudah melihat apa itu proses pertumbuhan dan perkembangan. 

Pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup adalah suatu proses perubahan dari segi fisik maupun non fisik dari tubuh yang dapat dilihat dan dirasakan dalam jangka waktu tertentu.

Perubahan ini membuat fungsi dan struktur pada makhluk hidup tersebut menjadi lengkap, sempurna dan kompleks. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas dalam materi kali ini.

Apa itu pertumbuhan ?

Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi fisik dengan adanya pertambahan ukuran, volume, tinggi dan massa yang menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru dari suatu organisme / individu. 

Pertumbuhan yang dialami makhluk hidup dapat diukur secara kuantitatif dan perubahannya dapat dilihat. Pertumbuhan bersifat irreversible yang artinya tidak bisa kembali seperti semula. Pertumbuhan memiliki waktu yang terbatas karena dipengaruhi oleh usia atau kemampuan makhluk hidup tersebut untuk dapat tumbuh.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Ciri – ciri dari pertumbuhan yaitu :

  1. Adanya perubahan fisik baik dimensi maupun ukuran pada tubuh makhluk hidup.
  2. Terjadi peningkatan jumlah sel.
  3. Adanya penambahan kuantitatif individu.
  4. Dapat dinyatakan dalam ukuran panjang, volume maupun berat.
  5. Adanya pengaruh faktor internal dan faktor eksternal.
  6. Bersifat terbatas, yang artinya pada usia tertentu makhluk hidup sudah tidak dapat tumbuh lagi.
Tahap Perkembangan bayi
Tahap Perkembangan Bayi, Foto oleh Klinik Lalita

Contoh dari pertumbuhan seperti bertambah tinggi, bertambah berat badan dan tumbuhnya gigi pada balita.

Apa itu perkembangan?

Perkembangan dalam biologi adalah suatu proses perubahan makhluk hidup menuju kedewasaan. Maka dari itu proses perkembangan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, dukur maupun ditimbang, namun perkembangan dapat diukur secara kualitatif. 

Mahluk hidup selain mengalami pertumbuhan juga mengalami perkembangan dalam tubuhnya dimana perkembangan ini terjadi ditandai dengan adanya perubahan struktur dan fungsi menjadi bertambah lengkap, sempurna dan kompleks.

Perkembangan memiliki jangka waktu yang panjang dan tidak terbatas oleh waktu atau selama makhluk tersebut masih hidup dapat berkembang menjadi lebih matang atau dewasa.

Ciri – ciri dari perkembangan yaitu :

  1. Adanya proses peningkatan kualitatif individu
  2. Adanya proses peningkatan kedewasaan
  3. Perubahannya tidak dapat dinyatakan secara fisik seperti dalam ukuran panjang maupun berat

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

PertumbuhanPerkembangan
PengertianPertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi fisik dengan adanyapertambahan ukuran, volume, tinggi dan massa yang menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yangbaru dari suatu organisme / individu.Perkembangan adalah suatu proses perubahan mahluk hidup menuju kedewasaan. Maka dari ituproses perkembangan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, dukur maupun ditimbang, namunperkembangan dapat diukur secara kualitatif.
Sifat
  • Irreversible (tidak dapat kembali ke bentuk aslinya).
  • Kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadilebih besar seiring berjalannya waktu.
  • Kualitatif, dimana suatu organisme yang tadinya belum matang dalam sistem reproduksinya,maka sekarang menjadi lebih matang (dewasa).
    WaktuJangka pendek, terbatasJangka panjang, tidak terbatas
    Bentuk Fisik Fisik, KuantitatifKualitatif
    Ukuran Terukur dan pastiTidak terukur dan tidak pasti
    Cara MengukurDapat digambarkan dalam bilanganTidak dapat digambarkan dengan bilangan
    Faktor yang mempengaruhiDipengaruhi pembelahan selDipengaruhi pengalaman
    ProsesBerlangsung secara cepat pada awal usia hingga remajaBerlangsung di setiap fase kehidupan
    ContohTinggi dan berat badan yang semakin naikAdanya perubahan pada pola pikir dan tertarik pada sesuatu.

    Masa Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup

    Proses pertumbuhan maupun perkembangan adalah proses yang berjalan sejajar dan berdampingan, dimana dalam proses pertumbuhan akan terbentuk pula organ dengan fungsi – fungsi khususnya. Perubahan pada bentuk fisik dan sifat individu sering dipengaruhi oleh berfungsinya organ.

    Pada manusia kedua proses tersebut hanya berlangsung sampai usia 20 – 25 tahun saja dimana manusia tersebut sudah bisa dikatakan sebagai dewasa. Ciri – cirinya adalah, jika pada laki – laki ditandai dengan tumbuhnya kumis, jenggot dan adanya jakun jika pada perempuan ditandai adanya pertumbuhan payudara dan pinggul membesar.

    Pada tumbuhan ciri – ciri ini muncul pada saat tumbuhan tersebut berbunga. Sementara pada hewan ciri – cirinya terlihat saat hewan tersebut bisa berkembang biak.

    Faktor Pengaruh Pertumbuhan dan Perkembangan 

    Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan juga perkembangan dari makhluk hidup yang terbagi menjadi 2 kategori yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

    Faktor Internal 

    1. Gen

    Gen adalah faktor bawaan sifat turun temurun yang terdapat dalam sel makhluk hidup. Gen memiliki peranan sebesar 60% sampai 80% dalam setiap struktur pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

    Gen mempengaruhi ciri dan sifat dari makhluk hidup, seperti tinggi, bentuk tubuh warna kulit, warna bulu, warna bunga, rasa buah dan lainnya. Gen pada setiap makhluk hidup berbeda – beda. Selain itu, gen juga menentukan kemampuan metabolisme makhluk hidup, sehingga mempengaruhi pertumbuhan maupun perkembangan.

    Contohnya seperti Gen orang Amerika akan berbeda dengan gen pada orang Asia maka dari itu pertumbuhan dan perkembangan orang Amerika akan berbeda pula dengan orang Asia.

    2. Hormon

    Peranan hormon dalam proses ini adalah untuk merangsang pertumbuhan pada tubuh makhluk hidup. Manusia, pada saat berada pada masa pertumbuhan terdapat hormon pertumbuhan manusia atau yang biasa disebut dengan HGH (Human Growth Hormone ) dimana jumlah hormon ini didalam tubuh manusia harus pas, tidak boleh lebih ataupun kurang.

    Jika hormon tersebut kurang dalam tubuh maka akan menghambat proses pertumbuhan dan juga perkembangan dari manusia, sedangkan jika hormon tersebut berlebihan maka pertumbuhan atau pun perkembangan tubuh akan berlebihan dan bisa menyebabkan tubuh mengalami gigantisme atau keadaan tubuh yang melebihi batas normal.

    Faktor Eksternal 

    1. Nutrisi

    Makanan yang dimakan oleh makhluk hidup juga mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangannya. Dengan memilih makanan yang mengandung gizi yang baik maka pertumbuhan dan perkembangan akan semakin cepat. Sebaliknya jika kebutuhan nutrisi tidak dipenuhi akan menghambat proses pertumbuhan makhluk hidup.

    2. Cahaya Matahari

    Pada tanaman hijau, cahaya matahari sangat dibutuhkan untuk membantu proses pertumbuhan seperti, proses fotosintesis, tetapi terdapat beberapa tumbuhan yang jika terkena sinar matahari akan menghambat proses pertumbuhannya, seperti kecambah.

    3. Air dan Zat Hara

    Setiap makhluk hidup membutuhkan air dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan semua memerlukan air. Tumbuh – tumbuhan dalam tanah juga membutuhkan nutrisi, nutrisi tersebut berasal dari zat hara (mineral) yang tersedia dalam tanah yang membantu proses baik pertumbuhan atau perkembangan tumbuhan. 

    Tumbuhan memerlukan elemen atau mineral untuk membentuk klorofil dan dinding sel seperti gas karbon, hidrogen dan oksigen. Dan mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan adalah nitrogen, fosfat, dan kalium.

    4. Suhu

    Suhu merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam proses perkembangan dan pertumbuhan dari tumbuhan. Tumbuhan akan tumbuh dengan baik jika suhu lingkungan sekitarnya sesuai (suhu optimum).

    5. Oksigen

    Makhluk hidup membutuhkan oksigen agar dapat bernafas, sehingga energi yang dibutuhkan untuk proses metabolisme dan pertumbuhan selalu tersedia.

    Baca Juga : 8 Ciri – Ciri Makhluk Hidup & Perannya dalam Kehidupan

    Tidak ada komentar

    Komentar untuk: Pertumbuhan dan Perkembangan

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

      ARTIKEL TERBARU

      Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
      Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

      Trending

      Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
      Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
      Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]